fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Kelebihan dan Kekurangan Domain .Info: Sarang Spam?

Muhammad Rizqy

Sedang mempertimbangkan penggunaan domain .info? Ada baiknya memahami kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan demikian, akan bisa memudahkan dalam pengambilan keputusan yang tepat.

Domain .info adalah TLD dengan penggunaannya adalah untuk website yang mengambil niche penjelasan tentang berbagai hal. Tidak jarang juga berguna bagi perusahaan untuk memberikan edukasi tentang produk atau kebijakan baru.

Alasan Menggunakan .Info

Memang, kebanyakan website menggunakan ekstensi .com. Hal tersebut membuat TLD lain terkesan kurang populer. Lantas, apa yang membuat orang memilih menggunakan .info? Beberapa alasannya adalah:

1. Membuat Website Berisi Informasi

Tentu saja, alasan utama adalah sesuai dengan peruntukannya, yaitu membuat website yang menginformasikan sesuatu. Kendati demikian, blog pribadi pun bisa menggunakan ekstensi ini.

2. Tidak Menemukan Domain .Com sesuai Pilihan

Alasan kedua menggunakannya adalah ketika tidak menemukan domain .com yang sesuai. Biasanya, meskipun tidak tersedia di pilihan paling populer itu, Anda masih bisa menemukannya pada ekstensi lain, seperti .id, .co, dan .info.

3. Mengamankan Brand

Selanjutnya, tidak sedikit perusahaan yang sebenarnya sudah memiliki .com, tetapi tetap membeli ekstensi lain, seperti .info. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada website lainnya menggunakan brand tersebut atau serupa dengannya.

Beberapa alasan itulah yang mendasari penggunaan ekstensi .info. Di samping itu, tentu saja ada pertimbangan terkait keunggulan dan kelemahannya.

Lima Kelebihan dan Kekurangan .Info Domain

Setiap keputusan pasti melibatkan pertimbangan berdasarkan plus dan minusnya. Begitu juga ketika akan  menggunakan .info, sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

1. Masih Tersedia Banyak Pilihan Nama

Jika menggunakan .info, akan mudah menemukan nama sesuai keinginan. Berbeda dengan .com, yang ketersediaan namanya semakin menipis akibat penggunanya banyak.

2. Harganya Murah

Nyatanya, TLD global yang rilis tahun 2000an ini dipatok dengan harga cukup murah. Bahkan, selisih dengan .com bisa mencapai beberapa kali lipatnya. Tentu saja, hal ini merupakan penghematan yang bagus, terutama bagi pemula.

3. Cara Register Domain .Info Cukup Mudah

Keunggulan lainnya adalah terletak pada cara mendapatkan domain tersebut. Faktanya, tidak ada syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Jadi, pendaftarannya sangat mudah.

Hal ini berbeda dengan domain jenis .co.id yang perlu menyertakan beberapa dokumen saat mendaftar. Contohnya, akta notaris, serta KTP pengelola website.

4. Kurang Populer

Tentu saja, meskipun bisa menjadi alternatif mendapatkan nama domain, tetap tidak bisa mengalahkan popularitas .com. Hal ini menjadi kekurangan dari ekstensi .info yang sering membuat orang enggan menggunakannya.

Di samping itu, juga kurang sesuai untuk branding sebuah bisnis. Pasalnya, ekstensi .info akan jadi membingungkan jika situs tersebut merupakan sebuah toko online.

5. Harga Murah bisa jadi Bumerang

Penetapan harga yang murah untuk domain ini, ternyata bisa jadi keunggulan sekaligus kelemahannya. Pasalnya nominal ekonomis hanya saat mendaftar saja. Bisa jadi ketika perpanjangan, biayanya sama dengan ekstensi lainnya.

Di samping itu, harga murah membuat oknum tidak bertanggung jawab menggunakannya sebagai media spamming. Makanya, banyak sekali tautan phising yang mengarah ke situs dengan ekstensi .info ini.

Hal tersebut tentu bisa berpengaruh pada kredibilitas situs Anda. Kendati demikian, pengelolaan yang baik akan membuat website tampil kredibel meskipun menggunakan ekstensi tersebut. Toh, awal penciptaan .info memang untuk tujuan baik.

Jadi, jika memutuskan menggunakannya, usahakan menunjukkan sisi profesional sebaik mungkin. Dengan demikian, situs Anda bisa melepaskan diri dari stereotip sebagai spam.Pertimbangkan untung rugi penggunaan domain .info dengan  baik. Keputusan ada di tangan Anda, karena kelemahan bagi pihak lain, bisa jadi keuntungan. Maka dari itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan situs tersebut.

Baca Juga