fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Domain .CO: 5 Keuntungan Menggunakannya, Sikat!

Muhammad Rizqy

Pemilihan domain merupakan salah satu langkah untuk memperkuat branding di pasar digital. Pasalnya, setiap domain akan mencerminkan isi, niche, hingga kualitas sebuah website, seperti domain .co, .com, .id, .store, dan lain-lain.

Misalnya saja pada website “sneakers.store” yang dari segi nama saja, audiens akan langsung mengetahui bahwa situs tersebut menyediakan macam-macam sneakers. Lantas, bagaimana dengan domain (dot) co?

Apa Itu Domain .CO?

Domain (dot) co sebenarnya daftar ekstensi untuk situs-situs yang berasal dari negara Kolombia. Namun selaras dengan perkembangan dalam dunia digital marketing, akhir-akhir ini ekstensi tersebut semakin naik daun.

Dalam perkembangannya, domain .co adalah jenis ekstensi domain dari kelas atas untuk jenis korporasi atau perusahaan besar. Saat ini, keberadaannya telah mendapat pengakuan secara internasional.

Oleh karena itu, banyak perusahaan besar yang juga mendaftarkan bisnis atau mereknya dengan ekstensi tersebut. Bukan hanya mempersingkat ekstensi, tetapi pengguna juga dapat memperpendek nama domain, misalnya:

  • Twitter = t.co
  • Amazon = a.co
  • GoDaddy = x.co
  • Snapchat = s.co

Keuntungan Menggunakan Domain (dot) Co

Pengguna ekstensi (dot) co juga datang dari berbagai lini, seperti inovator, start-up, kreator, dan sebagainya. Bukan tanpa alasan, berikut adalah domain .co values yang dapat diperoleh dengan menerapkannya:

1. Nama lebih Singkat

Dari beberapa contoh di atas saja sudah jelas, bahwa penggunaan ekstensi ini dapat mempersingkat nama domain. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena audiens tidak perlu bersusah-payah untuk menghafalnya.

Cukup dengan menuliskan beberapa huruf saja, sistem akan langsung mengarahkan audiens menuju website Anda. Bukankah ini sangat menguntungkan, terutama untuk jangka panjang?

2. Branding lebih Mudah

Arti branding sendiri ialah menciptakan citra atau kesan yang baik mengenai sebuah produk atau bisnis. Hanya melalui sebuah ekstensi, audiens dapat mengetahui jenis usaha, niche, maupun tujuan dari situs tersebut.

Hal ini dikarenakan domain (dot) co mempunyai arti yang cukup luas. Selain berasal dari kata COmpany, COmmerce, atau COrporation, ekstensi ini juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang lain.

Beberapa di antaranya, yakni COmmunicate, COnnect, COntent, COllaborate, maupun COmmunity. Dengan memilih ekstensi (dot) co, Anda dapat membuat strategi branding semakin mudah.

3. Masih Banyak Pilihan

Meski sudah tersedia secara resmi sejak 2010 lalu, tetapi domain (dot) co belum terlalu banyak yang memesannya. Tentu saja, ini menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin mendaftarkan bisnis atau merek.

Sebab, kemungkinan pemilik dari merek sejenis belum mendaftarkannya ke registry, sehingga kesempatan patut untuk dimanfaatkan dengan baik. Keuntungannya, Anda pemilik pertama nama domain tersebut.

4. Otoritas Mesin Pencari

Pemilihan domain turut menentukan kelangsungan bisnis online, karena berkaitan dengan otoritas mesin pencarian. Begitu juga sebaliknya, pemilihan yang baik dan teliti dapat meningkatkan organic traffic dari situs tersebut.

Ini penting, karena trafik secara organik dapat memperluas jangkauan, meningkatkan kredibilitas hingga kepopuleran website. Selain itu, manfaat dari organic traffic dapat bertahan lebih lama daripada berbayar.

5. Siapapun dapat Mendaftar

Domain (dot) co juga menawarkan kemudahan dalam proses pendaftarannya. Anda dapat menghubungi jasa hosting dan domain yang sudah menjadi kepercayaan untuk membantu prosesnya, seperti Dewabiz.

Tidak ada syarat khusus untuk memesannya, sehingga siapapun dapat mendaftarkan nama brand sesuai kebutuhan. Apabila belum yakin untuk mengelola bisnis dengan ekstensi tersebut, maka pilihlah periode 1 tahun.

Dalam dunia domain, periode ini tergolong cukup singkat. Keuntungannya, Anda tidak perlu menyediakan budget besar untuk mendaftar pertama kali. Sementara untuk perpanjangan, tarif terbilang normal; seperti jenis ekstensi yang lain.Penggunaan domain .co juga akan memudahkan Anda untuk membuat navigasi di berbagai platform media sosial. Meski memiliki batasan jumlah karakter, link website tetap dapat disematkan dengan mudah. Kini, giliran Anda!

Baca Juga