fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Domain .Art, Pilihan tepat Bagi Pekerja Seni

Muhammad Rizqy

Melakukan branding menggunakan teknologi digital lebih efektif, bukan? Nyatanya, hal ini juga berlaku pada dunia seni. Itulah sebabnya, beberapa tahun lalu rilis domain .art untuk website para artist, seperti pelukis, fotografer, penyanyi, dan lainnya.

Bisa jadi Anda masih kurang familiar dengan ekstensi yang satu ini. Bahkan, mungkin muncul pertanyaan, apakah masyarakat umum tidak boleh menggunakan domain tersebut? Tampaknya, perlu mengetahui lebih jauh tentangnya.

5 Hal Penting dalam .Art Domain Review

Tanpa mengenalnya, tentu akan sulit menentukan apakah Anda perlu menggunakan domain ini atau tidak. Oleh sebab itu, mari cek hal penting terkait ekstensi .art.

1. Pahami dulu Pengertian

Pertama, perlu memahami dahulu tentang pengertiannya. Dari namanya, tampak bahwa domain ini berkaitan dengan seni. Jadi, semua hal maupun personal yang bergerak di bidang tersebut bisa menggunakannya.

Ekstensi .art memberikan gambaran mengenai isi website. Dengan demikian, pengunjung akan langsung mengenalinya sebelum memutuskan untuk klik tautan menuju situs itu.

2. Ekstensi yang Mudah Diingat

Domain .art adalah ekstensi yang terdiri dari tiga huruf saja. Jadi, pengunjung akan lebih mudah mengingatnya. Artinya, orang akan lebih mudah menemukan jika membutuhkan untuk mengaksesnya.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa performanya terhadap mesin pencarian juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu. Meskipun mungkin akan tetap sulit mengalahkan .com, tetapi tentu akan memiliki tempatnya tersendiri.

3. Bisa menjadi Portofolio

Bagi pekerja seni, memiliki website untuk memajang karyanya sangat penting. Hal ini akan menjadi sebuah portofolio menarik. Nyatanya, ekstensi .art akan memberikan efek relevan pada semua kontennya.

Melalui website dengan domain khusus seni tersebut, seorang artist bisa menunjukkan eksistensinya. Selain branding, dia juga bisa membangun kedekatan dengan penggemar, galeri seni, maupun kolektor.

Tidak hanya memajang karya, seniman juga bisa membagikan liputan mengenai pameran maupun event. Jadi, jika Anda adalah seorang pekerja seni, website berekstensi .art juga bisa menjadi media informasi tentang seluruh aktivitas.

4. Membangun Galeri Penjualan Karya Seni

Karya seni seperti lukisan, foto, bahkan lagu, bisa menjadi objek downloadable pada sebuah website. Dengan penanganan yang tepat, situs tersebut akan menjadi media pemasaran bagi semua karya-karya Anda sebagai seniman.

Tentu saja, penggunaan ekstensi .art bisa mengoptimalkan fungsinya. Pasalnya, pengunjung langsung tahu niche dari website tersebut. Anda bisa menambahkan informasi lelang maupun penjualan yang memudahkan visitor situs tersebut.

5. Mudahnya .Art Domain Registration

Lantas, apakah pendaftarannya mudah? Jawabannya adalah, tentu saja. Nyatanya, tidak hanya pelaku seni saja yang bisa menggunakan ekstensi ini. Bidang lain di sekitarnya juga dapat memilikinya. Contohnya galeri, event organizer, dan ticketing.

Bahkan, perusahaan besar seperti Google juga membelinya. Tujuannya untuk mengamankan brand miliknya. Namun, ini juga berarti, siapa pun bisa menggunakan domain tersebut.

Maka dari itu, jika saat ini Anda ingin membangun brand sebagai seniman, pemilihan domain seni tersebut sudah tepat. Apalagi jika tidak menemukan domain yang sesuai di .com. Pasalnya ketersediaan nama di ekstensi populer itu sudah semakin menipis.

Nyatanya, saat ini, masih banyak nama domain yang tersedia di .art. Jelas, hal tersebut akan memudahkan memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan, maupun image Anda.

Jadi, mumpung masih banyak nama bagus, tidak ada salahnya langsung mengamankan domain dengan ekstensi .art tersebut. Mengingat ini juga dapat menjadi aset investasi, memilikinya dari sekarang bisa jadi menguntungkan nantinya.Jangan ragu lagi menggunakan domain .art jika Anda adalah seorang seniman. Justru ini akan menjadi pembeda mencolok di antara ribuan website lain yang kebanyakan rancu penamaannya. Saatnya artist punya wadah untuk semua karyanya.

Baca Juga