fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingBusiness

Mengenal Peran Penting Digital Marketing Di Era 4.0

Yanti puspita

Umumnya digital marketing di era 4.0 merupakan sebuah strategi pemasaran digital yang sudah banyak di gunakan oleh perusahaan di berbagai belahan dunia. Hal ini terjadi karena dunia pemasaran sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Strategi ini akhirnya di terapkan karena di nilai efektif membantu negara-negara berkembang aar bisa maju pesat di dunia digital.

Jadi, seperti negara lain, Indonesia sudah mulai memahami dan menerapkan strategi ini. Nah, bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis atau pemasaran profesional, maka strategi digital marketing di era 4.0 ini harus Anda ketahui.

Mengapa demikian? Ini karena strategi digital marketing di era 4.0 memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan peran penting strategi ini bagi bisnis Anda.

Alasan Mengapa Digital Marketing Di Era 4.0 Harus Diterapkan Dalam Bisnis

Di era revolusi industri 4.0, internet menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis. Semua kegiatan bisnis mulai dari produksi hingga promosi di lakukan kini bisa di lakukan secara digital. Nah, berikut beberapa peran strategis digital marketing di era 4.0.

Optimasi SEO

Di era revolusi industri 4.0, hampir semua kegiatan pemasaran dan promosi di lakukan melalui internet. Di sinilah peran digital marketing sangat di butuhkan untuk meningkatkan optimasi SEO. Agar produk bisnis bisa muncul di kolom pencarian utama mesin pencarian.

Optimasi SEO ini biasanya di lakukan dengan beberapa cara seperti  link building, business listing, brand mention di media online, google my business, review dan sharing di media sosial. Meningkatkan optimasi SEO dengan digital marketing di era 4.0 ini akan menjadikan peluang mendapatkan pelanggan yang masif akan semakin besar.

Menjangkau Pasar Secara Online

Dengan melakukan digital marketing di era 4.0, konsumen yang sudah banyak menggunakan internet akan dapat menemukan produk yang sedang di promosikan.

Hal ini karena internet merupakan tempat yang dapat menghubungkan konsumen dengan produk secara cepat dan luas. Oleh karena itu, peluang para pebisnis untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat semakin meningkat melalui digital marketing ini.

Mengurangi Biaya Operasional

Dengan digital marketing di era 4.0, biaya yang di keluarkan untuk pembuatan brosur, spanduk, baliho atau iklan di media cetak dan televisi akan berkurang.

Ketika menggunakan strategi digital ini, maka media yang digunakan adalah media digital berupa media sosial. Menggunakan media sosial ini para pebisnis hanya perlu membuat akun dan bisa menggunakan layanan nya secara gratis.

Menjaga Komunikasi Antara Penjual Dan Pelanggan

Dengan digital marketing, komunikasi yang baik antara pelanggan dan pemilik bisnis akan terjadi karena layanan yang di berikan kepada adalah 24 x 7 yang berarti layanan ini lengkap setiap saat.

Dengan demikian, layanan yang di berikan akan membuka peluang bagi pelanggan untuk mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, dan membangun hubungan yang solid. Untuk menciptakan pelanggan yang loyal terhadap produk dan layanan yang akan di tawarkan.

Semakin Kompetitif Di Era Digital

Menggunakan digital marketing di era 4.0 akan menjadikan nilai atau citra suatu perusahaan atau bisnis dapat meningkat karena tampil lebih kompetitif dalam menanggapi era digital saat ini. Secara tidak langsung nilai perusahaan atau bisnis akan meningkat dan ini akan berdampak positif dalam menjalankan bisnis.

Jenis-Jenis digital marketing di era 4.0

Berikut adalah beberapa  jenis-jenis digital marketing yang perlu Anda gunakan untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Pemasaran Konten

Jenis digital marketing yang satu ini adalah strategi yang membuat dan mendistribusikan konten yang konsisten dan relevan untuk menarik perhatian target pasar atau pelanggan Anda. Tujuan utama pemasaran konten ini adalah untuk menarik tindakan menguntungkan dari pelanggan potensial. Contoh pemasaran konten adalah blog, video, podcast, studi kasus, dan e-book.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi digital marketing di era 4.0 dengan cara mengoptimasi sebuah website untuk mendapatkan peringkat pencarian tertinggi dan meningkatkan trafik berkualitas secara gratis maupun berbayar. Tujuan SEO ini adalah untuk menarik lebih banyak pengunjung dan memiliki traffic yang tepat dan sesuai dengan tujuan utama website.

Cara kerja SEO adalah mengoptimasi konten Anda, yaitu kata kunci pada judul, deskripsi, konten website, dan membangun backlink yang relevan sehingga website Anda lebih mudah ditemukan pengunjung. Dengan trafik yang stabil maka profit yang akan anda bawa juga akan stabil dan bagus.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing merupakan sebuah strategi digital marketing di era 4.0 yang di gunakan untuk meningkatkan visibilitas website di hasil mesin pencarian. Umumnya SEM di kenal dengan pencarian berbayar (Paid Search), bayar klik (Pay per Click) atau iklan pencarian berbayar (Paid search advertising).

 Social Media Marketing (SMM)

SMM atau Social Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial dalam pemasaran produk dengan fokus utama membuat dan membagikan konten di media sosial yang bertujuan untuk memperkenalkan produk, menawarkan produk, dan menarik konsumen sasaran.

Beberapa contoh SMM adalah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads. Selain itu, SMM ini juga termasuk kegiatan dan strategi yang berkaitan dengan pemasaran di media sosial, seperti memposting konten, menjadwalkan jenis dan waktu posting, berinteraksi dengan pembaca, menganalisis persaingan, memantau data analitis, dan mengembangkan strategi pemasaran di media sosial.

Iklan pay per click (PPC)

Pay per click adalah iklan yang mengharuskan Anda membayar biaya jika target audience mengklik iklan tersebut. Oleh karena itu, biaya iklan akan meningkat karena lebih banyak pengguna yang mengklik iklan ini.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah strategi bisnis yang membayar orang untuk layanan yang mereka berikan. Orang tersebut akan di bayar jika berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan yang memiliki pemasaran online, ia akan di berikan komisi atas penjualan yang di lakukan melalui orang tersebut.

Biasanya cara yang di lakukan dengan afilliate marketing ini adalah dengan memasang link Afiliasi pada blog, sehingga orang tersebut dapat menulis artikel sesuai tema yang di berikan beserta link Afiliasi tersebut.

Email Marketing

Strategi digital marketing melalui email marketing ini merupakan promosi yang di lakukan dengan menggunakan email sebagai media promosi suatu produk atau jasa. Selain itu, email marketing juga bisa di gunakan untuk membangun relasi dengan target atau pelanggan Anda.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat mengenai digital marketing di era 4.0 dan semua yang perlu Anda ketahui mengenai digital marketing ini. Intinya, dengan pesatnya perkembangan dunia marketing, marketing 4.0 hadir dan menjadi strategi yang di prioritaskan banyak perusahaan.

Mengapa bisa demikian? Sebab, digital marketing di era 4.0 ini di nilai dapat membantu perusahaan tetap relevan di era modern ini. Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia pemasaran, kuasai dulu strategi ini agar para perekrut tertarik untuk menerima Anda sebagai pegiat pemasaran di organisasinya.

Baca Juga