fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Data Bisa Hilang Kapan Saja, Google Ingatkan Pengguna Google Drive

Wiliam

Google merupakan mesin pencarian yang saat ini paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Google menjadi sahabat kemajuan zaman  yang menjadi salah satu bagian dari cepatnya penyebaran arus informasi. 

Google adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1998. Larry page dan Sergey Brin berkolaborasi menciptakan google saat mereka masih menjadi mahasiswa di Stanford. Saat ini keduanya memiliki kepemilikan saham sebesar 16% di perusahaan tersebut. Perkembangan google semakin pesat sejak dijadikan sebagai perusahaan swasta dan menghasilkan berbagai produk, kerja sama dan akuisisi terkhusus di bidang mesin pencarian inti google. 

Tak hanya sebatas digunakan sebagai mesin pencarian, google juga memiliki berbagai produk yang memudahkan berbagai aktivitas  manusia, seperti google maps, google foto, email, google kalender, google drive, dan sebagainya. 

Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam salah satu produk google yang banyak digunakan para user google, yaitu google drive. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini hingga selesai yah. 

Apa Itu Google Drive? 

Google drive adalah salah satu produk google yang sangat bermanfaat bagi penggunannya. Google drive merupakan layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dirilis pada 2012 lalu. Dengan adanya drive memungkinkan para pengguna menyimpan data pada server mereka, mensinkronisasi data tersebut di perangkat lain dan saling berbagi data. 

Dalam Cloudwards disebutkan bahwa google drive adalah salah satu layanan penyimpanan awan yang memungkinkan para user untuk menyimpan file di luar batas hard drive. 

Layanan yang dirilis google ini bisa dimanfaatkan oleh penggunanya secara gratis namun dibatasi hanya 15 Gb saja, jika ingin penyimpanan lebih maka pengguna bisa menambah kapasitas dengan mengeluarkan biaya tertentu baik untuk perbulan maupun untuk pertahun. Kapasitas yang bisa dipilih beragam, mulai dari 100 GB hingga 2 TB yang mana masing-masing kapasitas memiliki harga berbeda. 

Fungsi Google Drive 

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa google drive merupakan tempat penyimpanan file di sebuah server di luar perangkat yang dimiliki, atau dikenal pula dengan istilah penyimpanan awan. Google drive ini memiliki beberapa fungsi yang bisa membantu para penggunannya. Adapun fungsi yang dimaksud, yaitu:

1. Simpan File

Fungsi pertama google drive adalah sebagai tempat untuk menyimpan file seperti foto, video, dokumen, aplikasi, dan berbagai jenis file lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa google drive memberikan ruang sebesar 15 GB secara gratis kepada semua usernya dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperbesar kapasitasnya. Keamanan tingkat tinggi yang dimiliki google membuat penggunanya leluasa menyimpan file yang sifatnya pribadi sekalipun. 

2. Backup File

Fungsi google drive selanjutnya adalah sebagai tempat untuk membackup atau mencadangkan file yang dimiliki. Tentu akan menyebalkan jika file-file yang ada di komputer atau ponsel Anda hilang atau terhapus karena sesuatu hal, misalnya serangan virus. Untuk mencegah kehilangan yang datang sewaktu-waktu maka Anda perlu melakukan pencegahan dengan mencadangan semua file pengting yang dimiliki kea kun google drive Anda. 

Tak hanya file pada perangkat Anda yang bisa dicadangkan di google drive, data-data yang ada di aplikasi tertentu pun bisa Anda cadangkan pada produk google satu ini, salah satunya pesan di whatsapp. 

Pada aplikasi Whatsapp Anda bisa melakukan pencadangan file aplikasi dengan menghubungkan akun Whatsapp Anda dengan akun google drive. Caranya cukup mudah, pertama buka aplikasi whatsapp Anda. Selanjutnya masuk ke menu setting dengan mengklik titik tiga yang ada di sudut kanan atas. 

Selanjutnya pilih Chat lalu klik Cadangkan Chat. Pada bagian akun google, tautkan akun google yang ingin Anda jadikan tempat backup file. Setelah selesai menautkan, pada bagian cadangkan ke google drive pilih opsi sesuai kebutuhan Anda, misalnya dicadangkan harian, mingguan atau bulanan. 

3. Berbagi file 

Fungsi google drive selanjutnya adalah berbagi file dengan sesama pengguna layanan drive. Vile yang Anda sudah unggah kea kun drive Anda dapat Anda bagikan ke teman dengan menyalin link drive tersebut. 

Namun sebelum itu, Anda perlu mengelola akses drive Anda dengan membuka file drive yang ingin Anda bagikan, selanjutnya klik titik tiga di pojok kanan lalu akan muncul berbagai pilihan. Lalu pilih kelola akses . klik bagian bawah akses umum lalu ubah dibatasi menjadi siapa saja yang memiliki akses. 

Peringatan Google

Anda sudah mengetahui berbagai fungsi google yang tentu sangat bermanfaat. Namun, dibalik semua itu, google memberikan peringatan kepada penggunanya untuk rutin membuka akun google drive miliknya sebab bisa saja data yang dimiliki hilang atau terhapus secara otomatis. Pertanyaannya adalah mengapa bisa hilang atau terhapus otomatis?

Beberapa tahun terakhir ini google memang berkontribusi besar pada kebutuhan manusia di internet. Berbagai produk yang dibuat memudahkan banyak pekerjaan. 

Saat mesin pencarian ini semakin banyak digunakan, Google  membuat kebijakan baru dengan tujuan agar akun-akun google yang sudah tidak lagi aktif atau digunakan selama 2 tahun atau 24 bulan berturut-turut atau melebihi batas penyimpanan mereka akan secara otomatis dihapus akun beserta konten yang ada di dalamnya. Hal ini dijelaskan dalam blog resmi google. 

Google drive yang sudah lama tidak digunakan dan tidak ada tAnda-tAnda aktivitas lagi di dalamnya setelah beberapa bulan sesuai ketentuan maka pihak google akan menghapusnya dan otomatis Anda tidak akan lagi bisa mengakses akun tersebut.. olehnya itu, agar akun Anda tetap ada maka Anda harus membukanya secara berkala bahkan jika tidak melakukan hal berarti.  

Baca Juga