fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Daftar Software Akuntansi untuk Bisnis Kafe Anda

Wiliam

Memulai bisnis tentu saja memerlukan banyak persiapan, termasuk saat usaha Cafe ataupun restoran. Selain modal dan pengetahuan mengenai strategi bisnis kuliner yang harus dipahami dengan baik, penting pula untuk Anda memperhatikan penggunaan software akuntansi guna membuat keuangan bisnis lebih baik.

Pengelolaan keuangan sangat krusial dalam dunia bisnis. Siapa sih yang tidak ingin memperoleh keuntungan? Semua pebisnis pastilah menginginkannya. Salah satu cara mewujudkan goal financial  saat bisnis kafe adalah memanfaatkan software akuntansi.

Tidak hanya menyajikan kopi dan menu terbaik kepada pelanggan, tapi dengan hadirnya software ini diharapkan mampu memilukan manajemen keuangan yang lebih baik dan terorganisir.

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Cafe 

Begitu pentingnya tahap pembukuan keuangan di suatu bisnis termasuk kafe, sehingga beberapa pihak menggunakan akuntan profesional untuk mengelola pembukuan. Namun beberapa orang lagi, memilih untuk menjalankannya sendiri. Untuk itu, diperlukan software akuntansi untuk mempermudah langkah-langkahnya.

Ada banyak sekali software yang bisa Anda manfaatkan, dengan berbagai fitur berbeda yang tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengandalkan pulpen, kertas, hingga spreadsheet  untuk mencatat pembukuan sebenarnya tidak cukup.

Anda tentu saja perlu mencatat beberapa aspek penting, seperti titik KPI, tren penjualan, maupun beberapa data penting lainnya. anda membutuhkan lebih dari penggunaan kertas dan pulpen saja, di sinilah peran software sangat diperlukan.

Beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan saat akan memilih software akuntansi dengan integrasi terbaik, diantaranya meliputi:

  • Software tersebut mampu melacak setiap pembiayaan bisnis cafe
  • Pencatatan uang masuk bisakah untuk menutupi semua jenis pengeluaran, mulai dari Inventaris, biaya sewa, perbaikan alat, hingga penggajian karyawan
  • Mampukah setiap item memberikan keuntungan?

Setiap sofa tentu saja menawarkan fitur yang berbeda, untuk itu penting sekali melakukan riset dan membandingkan Satu software dengan software lainnya. Pastikan aplikasi yang digunakan ini mampu membantu Anda melakukan pembukuan mulai dari Inventaris hingga mengembangkan data-data lainnya terkait keuangan.

Rekomendasi Software Akuntansi Yang Cocok untuk Bisnis Cafe Anda

Bagi Anda yang masih bingung memilih software akuntansi terbaik dan cocok untuk bisnis kuliner, di bawah ini beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Restaurant365

Rekomendasi software akuntansi pertama yang bisa Anda gunakan Restaurant365 dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan. Aplikasi ini membantu Anda dalam manajemen kafe maupun restoran terkait keuangan dan indikator lainnya.

Software ini sudah terhubung dengan sistem POS, sehingga Anda tidak perlu melakukan entry data ganda. Restaurant365 Yang dibuat khusus untuk membantu para pemilik bisnis untuk manajemen keuangannya, dan proses piutang sudah terintegrasi. Anda tidak memerlukan yang namanya faktur kertas lagi.

Memanfaatkan aplikasi tersebut untuk keuangan FnB tentu saja memberikan dampak bagi penjualan, serta lebih mudah mengontrol pengeluaran. Anda dikenakan biaya berlangganan menggunakan Software ini.

2. Kledo

Rekomendasi selanjutnya yang tak kalah menarik dan pastinya produk dalam negeri yakni, Kledo. Sudah seharusnya mendukung karya anak bangsa, karena fitur yang ditawarkan software akuntansi ini tidak kalah menarik.

Sudah dipercaya dan digunakan lebih dari 60 ribu pengguna berbagai bisnis, termasuk kafe. memiliki tampilan yang sederhana, serta mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun dalam hal akuntansi.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, bahkan tersedia paket gratis untuk cafe dengan kategori UMKM. Fiturnya juga tak kalah lengkap, sudah terintegrasi dengan marketplace, aplikasi pos, bahkan sistem HR.

3. QuickBooks Online

Berikutnya aplikasi software yang bisa Anda manfaatkan yakni QuickBooks Online. Dikasih ini cukup populer di kalangan pengusaha kuliner, karena fiturnya memudahkan pengguna untuk menyelesaikan semua tugas akuntansi.

Dari segi harga, QuickBooks Online bisa dibilang cukup terjangkau. Dengan fitur pelacakan pengeluaran serta pemasukan secara efektif sehingga semua hal terkait keuangan berjalan transparan. 

Beberapa fitur seperti pengelolaan Inventaris, Wawasan bisnis, pembuatan faktur, dan lain sebagainya tersedia lengkap pada aplikasi ini.

4. Wave

Rekomendasi selanjutnya yakni Wave, makan software akuntansi yang cocok untuk para pebisnis kecil, serta pekerja freelance di berbagai macam industri termasuk bisnis cafe. Tawarkan paket gratis bisa Anda manfaatkan sebagai langkah awal mengatur keuangan usaha Anda.

Terdapat  beberapa fitur seperti pembuatan faktur, dan semua hal terkait perbankan yang bisa Anda akses secara gratis. Tak hanya itu saya, melalui software akuntansi satu ini Anda bisa membuat laporan penting seperti misalnya tentang laba rugi ataupun tagihan yang sudah jatuh tempo.

Untuk para pemula, aplikasi Wave mungkin bisa digunakan. Tapi, tidak selamanya Anda memanfaatkan software ini, terlebih bisnis kuliner atau kafe Anda berkembang pesat setiap harinya. Tentu saja kebutuhan akuntansi menjadi lebih kompleks dan membutuhkan perangkat atau software yang lebih memadai.

Untuk itu, di sini Anda bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan software akuntansi lainnya jika dirasa Wave Sudah tidak lagi memungkinkan dari segi fitur.

5. ZipBooks

RekoMendasi terakhir yang juga bisa Anda akses secara gratis yakni ZipBooks. Hampir serupa  dengan software akuntansi sebelumnya yakni Kledo dan Wave, ZipBooks juga menyediakan paket gratis untuk para pelaku UMKM, startup, dan bisa kecil lainnya.

Selain  itu, tersedia paket berbayar dengan fitur yang lebih mumpuni untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Adapun kelebihan dari software satu ini yakni penutupan buku yang selesai sehingga meminimalisir orang lain untuk mengubahnya.

Tersedia juga Fitur yang menghubungkan software ini dengan beberapa rekening bank. Anda juga bisa mengedit segala transaksi secara bersamaan sehingga mengefisienkan waktu.

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait daftar software akuntansi yang bisa membantu Anda mengelola pembukuan atau keuangan bisnis cafe. Ada pilihan berbayar hingga aplikasi yang bisa diakses secara gratis.

Baca Juga