fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

Daftar Marketing Trends 2023, Pebisnis Wajib Tau!

Wiliam

Saat ingin melakukan pemasaran, Anda tentu saja perlu memahami perkembangan trend marketing terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar metode pemasaran yang dilakukan efektif dan menghasilkan hasil maksimal. Anda perlu mengikuti perkembangan zaman agar bisnis yang dijalankan tidak mati dan tertinggal. 

Jika Anda sedang mencari tahu terkait trend marketing 2023, Anda berada pada artikel yang tepat sebab di bawah ini akan dibahas berbagai tren marketing 2023 yang bisa membantu Anda menentukan strategi marketing yang efektif. 

10 Trends Marketing 2023 

Berikut ini 10 trend marketing 2023 yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Influencer

Trend marketing 2023 yang pertama adalah influencer. Jika dulu cara ini hanya digunakan oleh sebagian kecil bisnis, saat ini mayoritas bisnis sudah menggunakannya sebab terbukti memberikan dampak yang signifikan dalam pemasaran.

Influencer merupakan orang yang bisa menyebarkan pesan sebuah brand kepada pengikutnya, utamanya di sosial media. 

Hal yang diperhatikan perusahaan saat ingin mengikuti tren ini adalah bagaimana ia memilih influencer yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Pasalnya, setiap influencer memiliki concern-nya masing-masing.

2. Artificial intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pemasaran. Ai dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang membuat manusia tidak perlu lagi banyak terlibat dalam menjalankan sebuah fungsinya.

Dalam proses pemasaran menggunakan teknologi ai, penggunaan komputer dan algoritma lebih intens dibandingkan model marketing biasa titik Hal ini membuat distribusi konten semakin sempurna dan bahkan bisa menemukan calon pelanggan yang menjanjikan.

3. Personal Iklan

Trend marketing selanjutnya yaitu dengan personal iklan yang diterapkan melalui penggunaan hasil analisis data konsumen. Anda bisa melakukan analisis melalui website, dari hasil penayangan video iklan, atau Cara lainnya. Cara ini bisa lebih mendekatkan pemilik bisnis dengan pelanggan sebab sifatnya lebih personal. 

Dalam survei ipsilon, didapati bahwa 90% dari pengguna internet rentan usia 18 sampai 64 tahun mengaku bahwa pendekatan bisnis yang sifatnya lebih personal lebih menarik bagi mereka dan 85% konsumen lebih tertarik untuk berlangganan di perusahaan yang bisa menawarkan pengalaman sesuai dengan penggunanya. 

4. Chatbot

Pernahkah Anda berkunjung di sebuah situs dan mendapati adanya fitur chat otomatis? Atau menghubungi brand tertentu di aplikasi pesan dan mendapati balasan chat otomatis dari perusahaan tersebut? Nah, inilah salah satu trend marketing 2023 yaitu chatbot. 

Chatbot merupakan sebuah program komputer yang berfungsi untuk memudahkan proses interaksi antara pelanggan dan pemilik  pemilik melalui pesan otomatis, baik menggunakan perintah suara, obrolan teks, maupun keduanya.

Chatbot  atau chatterbot yaitu sebuah kecerdasan buatan yang hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi ini dirancang untuk berinteraksi dengan manusia lewat platform tertentu. 

Kehadiran chatbot bisa membantu pelanggan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin diajukan terkait produk atau layanan tertentu tanpa harus menunggu lama. Di sisi lain, perusahaan juga akan diuntungkan sebab tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mempekerjakan customer service untuk memberikan pelayanan setiap waktu kepada pelanggan.

5. Konten video 

Biasanya, sebagai pengguna internet, anda mungkin tidak terlalu suka jika sebuah iklan langsung ditampilkan dalam sebuah unggahan tanpa diolah menjadi hal yang menarik. Olehnya itu, anda bisa menjembatani pesan iklan yang ingin disampaikan dengan menarik perhatian pelanggan menggunakan video marketing yang menarik tidak perlu durasi yang panjang, anda bisa mengikat konsumen dengan video 1 sampai 2 menit saja. 

Tentu saja sebelum membuat video marketing, Anda juga perlu menyesuaikan dengan tren yang sedang viral di media sosial agar lebih relevan dan menarik perhatian konsumen. 

6. Live streaming

Trend marketing 2023 yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh pebisnis yaitu melakukan live streaming di media sosial. Beberapa platform yang sering digunakan yaitu Tik Tok, Shopee, Facebook, dan Instagram. 

Salah Satu alasan mengapa cara ini efektif untuk digunakan sebagai alat promosi yaitu Melalui live streaming, pelanggan akan lebih muda menanyakan hal tertentu kepada brand yang diminati. 

Sebuah penelitian dari livestream.com mendapati hasil bahwa  80% orang lebih suka menonton video secara langsung (live streaming) dari brand tertentu daripada harus membaca tulisan dari brand tersebut.

7. Stories Media Sosial

Penggunaan media sosial Saat ini semakin marak, yang mana hampir semua orang sudah memilikinya baik itu dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.Hal ini membuat media sosial menjadi alat yang bisa digunakan untuk pemasaran. 

Salah satu fitur yang ada dalam media sosial dan bisa dimanfaatkan untuk pemasaran adalah fitur Story. Anda bisa membagikan kiriman tertentu dalam jangka waktu sesuai dengan media sosial yang digunakan (biasanya 24 jam). Story tersebut otomatis akan muncul di beranda pengikut bahkan bukan pengikut jika memanfaatkan fitur promosi. 

8. User Generated content (UGC)

Trend marketing 2023 selanjutnya yaitu menggunakan User Generated Content (UGC). Trend ini banyak digunakan di tik tok untuk memberi kesan original pada produk yang dijual.

Beberapa konten yang termasuk dalam ugc yaitu unboxing produk, tutorial menggunakan produk, review produk, dan lain-lain.

Trend ini bisa dijadikan sebuah taktik dalam pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk mencoba produk dari brand tertentu.

Itu berbagai tren marketing di tahun 2023. Dari trend marketing tersebut, manakah yang ingin Anda coba di tahun ini? Apapun pilihannya, penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan lakukan semaksimal mungkin. Goodluck! 

Baca Juga