fbpx

Daftar Hosting Cpanel Gratis Bagi Pemula

Situs web yang kaya fitur sebenarnya dibangun melalui proses pembuatan yang cukup rumit. Namun, berkat panel kontrol, Anda dapat mengelola dan membuat situs web dengan lebih sederhana dan mudah. Biasanya Anda sudah mendapatkan cPanel gratis dari penyedia . Ini mencakup berbagai fitur untuk membantu Anda mengelola email, database, , dan data cadangan.

Namun cPanel berbayar dan Anda mengelola sendiri saat menggunakan cloud VPS hosting. Untungnya, ada beberapa panel kontrol gratis lainnya yang dapat Anda gunakan. Apa yang kamu? Simak uraiannya di bawah ini!Sebagai alternatif dari cPanel gratis yang disediakan, berikut adalah daftar beberapa cPanel gratis terbaik untuk dicoba!

1. CyberPanel

adalah hosting yang dapat Anda gunakan secara gratis. CyberPanel didukung oleh server OpenLiteSpeed, yang merupakan server tercepat di dunia. Artinya, paket fungsi yang ditawarkan lebih hemat dan ringan.

CyberPanel juga telah terintegrasi langsung dengan sistem seperti server PowerDNS untuk manajemen domain yang lebih mudah. Untuk pengelolaan email, terdapat fitur bundle webmail Rainloop yang memudahkan Anda untuk mengirim dan menerima email.

Dari segi keamanan, CyberPanel menawarkan fitur ModSecurity, FireWallD dan SpamAssassin yang melindungi website dan server dari ancaman virus dan hacker. Menariknya, CyberPanel telah terintegrasi dengan repositori GIT untuk memudahkan pengembang dalam menyebarkan aplikasi.

2. ISPConfig

ISPConfig adalah salah satu panel kontrol VPS gratis terbaik. ISPConfig ini mengimplementasikan antarmuka berbasis web yang memudahkan Anda mengoperasikan panel kontrol. ISPConfig didukung dengan layanan multiserver. Sehingga ISPconfig dapat mengatur beberapa server dalam satu control panel. Misalnya, server Apache dan NGINX yang populer digunakan oleh penyedia hosting untuk membangun situs web.

3. Webuzo

Webuzo adalah panel kontrol hosting multi-pengguna yang memungkinkan Anda mengelola situs web dan server. Webuzo sebenarnya tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratisnya Anda sudah dapat menggunakan Webuzo untuk mengelola domain, database, pengguna FTP, dan aplikasi siap pakai.

Namun, dalam versi gratis ini, Anda memiliki batasan aplikasi. Dalam versi berbayar, Anda mendapatkan fitur seperti versi gratis dan Anda dapat menginstal lebih dari 200 aplikasi. Selain banyak fitur, menggunakan Webuzo juga mudah. Menginstal Webuzo juga cukup mudah.

Baca Juga :  Inilah 6 Penyebab HP Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

4. Webmin cPanel gratis lainnya adalah Webmin

Panel kontrol ini dikenal karena fleksibilitasnya dalam mengelola server pada sistem operasi yang berbeda. Misalnya Linux, Unix dan juga Windows. Selain fleksibilitasnya yang luar biasa, Webmin juga memiliki antarmuka yang mudah digunakan.

Hal ini memudahkan Anda untuk mengelola situs web dan server. Selain itu, Webmin terintegrasi dengan panel kontrol Virtualmin untuk mengelola beberapa host virtual atau VPS dalam satu tampilan.

5. Zpanel

Jika Anda mencari alternatif panel kontrol gratis untuk cPanel, maka ZPanel layak untuk dicoba. ZPanel adalah panel kontrol hosting web yang ditulis untuk Windows menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, panel kontrol ini juga mendukung penggunaan sistem operasi Linux, Unix dan macOS.

ZPanel dapat menjadi alternatif gratis untuk cPanel karena memiliki fitur pengelolaan situs web, database, email, dan server yang lengkap. Selain itu, ZPanel juga mendukung pengelolaan beberapa server. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server secara bersamaan.

6. aaPanel

Selain cPanel dan ZPanel gratis, ada juga aaPanel yang bisa kamu coba. aaPanel dikenal sebagai panel kontrol yang gratis dan mudah digunakan. Itu karena aaPanel memiliki tampilan berbasis GUI atau antarmuka pengguna grafis yang memudahkan Anda untuk memantau situs web dan server dalam bentuk grafis.

Selain itu, antarmuka yang ramah pengguna juga memudahkan Anda mengelola situs web dalam satu klik. aaPanel juga menawarkan ekstensi yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi server Anda tidak akan membengkak saat menginstal terlalu banyak aplikasi. Misalnya aplikasi memcached, manajer python, manajer buruh pelabuhan dan sebagainya.

7. Vesta Control Panel

Vesta adalah hosting cPanel gratis yang dapat Anda gunakan di atas cPanel gratis yang disediakan. Keuntungan utama panel ini adalah ringan dan cepat. Selain itu, Vesta Control Panel hadir dengan desain antarmuka pengguna yang intuitif, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola situs web dan server.

Vesta juga telah dilengkapi dengan autoinstaller dengan 439 aplikasi yang dapat diinstal dengan sekali klik. Sehingga proses pembuatan website Anda bisa lebih cepat dan tentunya tidak ribet.

8. Ajanti

cPanel gratis lainnya yang bisa Anda coba adalah Ajenti. Control panel ini memberikan kemudahan dalam mengelola website dan hosting. Ajenti juga mendukung banyak bahasa pemrograman website seperti PHP, Python, Ruby dan Node.js. Ajenti juga memiliki fitur remote access sehingga Anda dapat mengakses server dari mana saja.

Baca Juga :  Editor WP Htaccess : Penjelasan dan Kegunaannya

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Ini karena Ajenti didukung oleh sistem keamanan sandboxing. Dengan demikian, data lebih aman dan tidak mudah disadap.

9. Hostinger

Web hosting pertama dan terpopuler dengan harga termurah sehingga bisa dibilang gratis adalah Hostinger. Ya, kami tahu daftar ini seharusnya untuk web gratis, tetapi Hostinger hanya mengenakan biaya Rp 8.739 per bulan, yang memenuhi syarat sebagai gratis! Apa lagi yang bisa kamu beli dengan harga Rp 8.739 selama sebulan belakangan ini? Layanan Hostinger adalah yang terbaik, cepat, dan andal, menyaingi beberapa raksasa web hosting di industri ini.

Faktanya, kami menjalankan beberapa tes dan Hostinger benar-benar mengalahkan beberapa di antaranya dalam hal kecepatan! Mereka telah membangun 6 pusat data di seluruh dunia untuk memastikan kecepatan mereka tetap konsisten di mana pun Anda berada.

Kami benar-benar menjalankan 3 situs uji menggunakan Hostinger (Singapura, Belanda, dan AS) untuk melihat bagaimana kinerja mereka di seluruh dunia dan semuanya secara konsisten memiliki kecepatan rata-rata kurang dari 180 md! Itu cukup cepat untuk sesuatu yang hanya berharga Rp 8.739 per bulan, bukan? Selain kecepatan, yang menjadikan Hostinger sebagai web hosting gratis (hampir) favorit kami adalah jaminan uptime 99%. Ini meyakinkan kami bahwa setiap situs web yang kami pilih untuk dihosting dengan mereka pasti tidak akan mengalami downtime atau Hostinger akan mengembalikan kami 5% dari biaya bulanan.

10. Zyro

Zyro sebenarnya adalah karya Hostinger, dibuat sebagai platform pengembangan situs web Flash untuk pengguna yang memiliki sedikit pengetahuan coding. Antarmuka yang ramah pengguna menjadikannya salah satu platform terbaik bagi siapa saja untuk membuat situs web pertama mereka secara gratis, selama mereka terbiasa dengan antarmuka grafis.

Mereka menawarkan fitur yang cukup baik, menawarkan penyimpanan dan bandwidth 500MB, alat SSL dan gratis, dan hebat oleh desainer untuk membuat situs Anda terlihat unik seperti milik Anda sendiri.