fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Daftar Blog Ke Google News

Yanti puspita

Daftar google news untuk blog adalah cara yang bagus untuk menarik pengunjung organik dan meningkatkan pendapatan AdSense Anda. Google News adalah layanan Google yang menyediakan informasi terkini berupa berita dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Google News tidak hanya bermanfaat bagi pembaca, tetapi juga menjadi pilar bagi pemilik website atau blog. Itu sebabnya setiap pemilik situs web ingin artikel mereka muncul di Google News.

Agar sebuah website dapat muncul di Google News, maka harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara daftar blog ke Google News yang benar, agar setiap artikel yang telah di buat juga muncul di Google News, dan kemungkinan besar trafik organik akan meningkat. Sebelum itu Anda harus mengetahui dulu apa itu Google News.

Apa Itu Google News?

Secara umum, Google News memungkinkan pembaca mendapatkan informasi yang di inginkan dengan mudah dan dapat di akses melalui perangkat dan komputer. Anehnya, layanan Google News bisa di gunakan secara gratis. Bahkan saat ini, satu juta pengguna telah mengunduh Google News di Play Store atau di Google Play.

Bagi pengguna, Google News adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan informasi atau berita berdasarkan topik, lokasi, sumber berita. Dengan kata lain, pengguna dapat menyesuaikan konten sesuai keinginan.

Perhatikan bahwa layanan Google Berita di buat bukan hanya untuk pengguna. Bagi pemilik website, mendaftarkan website dengan Google News adalah pilihan terbaik. Karena ada keuntungan yang bisa di dapat jika artikel tersebut mendapat tempat di layanan Google ini.

Google News menerima 494 juta klik dari seluruh dunia setiap bulan. Artinya, dampak positif yang di tawarkan Google News ke situs web layak untuk di perjuangkan. Karena? Pasalnya, Google News di ciptakan tidak hanya untuk media berita online populer. Website berbasis Blogspot dan WordPress, juga bisa di daftarkan ke Google News.

Ringkasnya, tidak menutup kemungkinan konten yang di muat di situs tersebut bisa menjadi berita utama (rekomendasi) di Google News, jika memang benar-benar layak dan menarik untuk di publikasikan oleh Google News.

Cara Daftar Blog Ke Google News

Cara daftar Google News untuk blogger atau bagi anda yang baru saja membuat website bisa di lakukan dengan cara yang sederhana. Anda hanya perlu memiliki konten berita agar dapat muncul di Google News. Seperti di ketahui, Google News menjadi favorit para pemilik website atau blog untuk melihat tulisannya guna meningkatkan trafik pembaca.

Karena ketika blog Anda terdaftar di Google News, Anda akan mendapatkan saluran khusus dalam berita dan prioritas pencarian.

Kemudian Google News akan menampilkan cuplikan berita yang di rekomendasikan untuk Anda baca di blog Anda. Selain itu, pembaca sendiri akan di arahkan untuk mengklik konten Anda sehingga traffic blog meningkat.

Dengan manfaat ini, Google News banyak di gunakan oleh pemilik website atau blogger karena dapat mendatangkan trafik organik tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Bagi blogger atau pemilik website yang belum tahu cara mendaftar Google News, berikut caranya:

Masuk dengan akun Google

Buka halaman Google News dan masuk menggunakan akun Google Anda.

Verifikasi kepemilikan situs web

Jika Anda belum pernah memverifikasi kepemilikan situs web Anda sebelumnya, Anda akan di minta untuk melakukannya terlebih dahulu menggunakan Google Search Console.

Ingatlah bahwa karena Google News memiliki mesin perayapnya sendiri, pastikan Anda juga menambahkan blog berita xml peta situs Anda. Tujuannya adalah agar Google Warta selalu mengetahui perubahan yang terjadi di blog Anda.

Masuk ke Google News Publisher Center

Menambahkan blog Anda

Tambahkan blog Anda pada  “Want to suggest a website for Google News? Click here.”

Mengisi informasi tentang blog Anda

Beberapa informasi akan di perlukan untuk proses kurasi oleh Google. Silakan isi informasi yang di perlukan dengan benar.

General Information

About your news site: Detail informasi tentang blog yang Anda daftarkan

Site Information
  • Source URL: Alamat blog berita Anda.
  • Source Name: Nama blog Anda.
  • Site Language: bahasa yang Anda gunakan di blog dan konten berita Anda. Ingat, Google News tidak memperkenankan untuk penggunaan lebih dari satu bahasa.
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap Anda.
Select All Categories that Apply to the Content of Your Site
  • cara daftar google news – memilih blog kategori
  • Opinion content: Publikasi Anda tentang konten opini
  • User generated content: jika konten buatan telah melalui proses editing di situs Anda
  • Blog: centang opsi ini
  • Press release: jika Anda menerbitkan siaran pers
  • Satire: jika website Anda bertema satire
News Section Information
  • URL dan jenis informasi yang disajikan blog
  • URL: Nama domain ataupun beberapa subdomain yang ingin Anda tambahkan
  • Labels: jenis berita yang Anda tampilkan

Selesai

Setelah data di masukkan dengan benar, klik submit.

Menunggu review Google

Proses selanjutnya adalah review yang akan di lakukan oleh tim Google selama satu sampai tiga minggu. Selama semua syarat sesui pada tahap ini akan bekerja dengan baik.

Manfaat Mendaftar Ke Google News

Ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan jika sebuah blog terdaftar di Google News jika sebuah website berhasil menjadi bagian dari layanan Google ini, seperti:

Masuk ke halaman mesin pencari lebih mudah

Jika Anda telah berhasil mendaftarkan situs web Anda ke Google News, tugas selanjutnya adalah membuat konten sebagus dan seunik mungkin. Oleh karena itu, Google News tidak akan ragu dan akan bangga menjadikannya sebagai judul.

Artinya, konten atau berita yang baru saja di buat sekarang layak menempati posisi terdepan di mesin pencari Google. Google News merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kesempatan masuk ke halaman pertama Google, tanpa harus melakukan SEO.

Meningkatkan jumlah pengunjung organik

Manfaat lain dari Google News adalah peningkatan pengunjung organik. Semakin mudah orang menemukan konten yang mereka cari di mesin pencari, termasuk konten yang Anda buat, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pengunjung organik.

Sebagai sarana branding yang efektif

Jika website Anda menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Pengunjung akan sering kembali ke website Anda. Juga, ulasan yang Anda lakukan pada topik tertentu, situs web Anda akan di anggap ahli di bidang itu. Di sinilah letak tautan dengan bantuan dan branding untuk situs web melalui Google News.

Salah satu Optimasi SEO Off Page yaitu mendapatkan backlink yang berkualitas. Sebagai seorang blogger tentunya sudah mengetahui secara umum fungsi backlink dalam meningkatkan “kepercayaan” pengunjung suatu situs.

Alternatif bebas iklan

Mengapa Google Berita merupakan alternatif iklan gratis? Seperti di sebutkan di atas, Google Berita dapat meningkatkan pencitraan merek secara efektif. Jika Anda ingin mengiklankan situs web Anda, itu bukan masalah besar selama Anda dapat mempromosikan konten yang Anda buat dengan jumlah uang tertentu.

Namun, jika ada cara untuk meningkatkan branding tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, mengapa tidak mencoba jalan itu. Google News berpotensi mendatangkan traffic organik ke situs web Anda. Lalu lintas organik adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mendapatkannya.

Baca Juga