fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

cPanel vs Plesk: Bagaimana Memilih Panel Kontrol Ideal untuk Anda?

Yodik Prastya

Bingung antara cPanel vs Plesk untuk panel kontrol di VPS yang Anda gunakan sekarang? Wajar saja karena kedua opsi ini bisa dikatakan sebagai yang paling populer untuk saat ini. Lantas bagaimana Anda bisa menentukan salah satu yang paling ideal?

Membandingkan Antara cPanel vs Plesk dari berbagai Segi

Membandingkan antara cPanel vs Plesk mungkin jadi lebih mudah jika kita bahas aspek yang bisa jadi prioritas Anda memilih panel kontrol. Ya, dalam tulisan kali ini kita akan simpulkan perbandingan di antara keduanya satu demi satu. Aspek yang mungkin jadi perhatian Anda antara lain tampilan dashboard, fitur, dukungan OS, keamanan, database hingga biaya langganan.

Tampilan Dashboard

Dashboard tempat dimana Anda mengatur berbagai hal dan mengakses tinjauan umum tentunya perlu mendapat perhatian. Anda yang ingin mengakses dashboard dengan tampilan GUI yang mudah dipelajari dan digunakan, bisa mempertimbangkan apa yang ditawarkan cPanel. Sementara jika Anda sudah terbiasa dengan WordPress, menggunakan dashboard Plesk mungkin tak jadi masalah berarti.

Kelengkapan Fitur

Kedua panel kontrol ini sepertinya memiliki pendekatan yang berbeda di segi fiturutama seperti domain, file atau database management. Opsi cPanel bisa dibilang lebih kaya fitur dari dukungan seperti Softaculous ataupun click HTTPS. Sementara opsi menggunakan Plesk, fitur yang dibutuhkan bisa Anda temukan dari dukungan ekstensi yang tersedia.

Dukungan Sistem Operasi

Aspek ini mungkin bisa jadi deal breaker bagi Anda yang terbatas pada pilihan sistem operasi tertentu. Opsi cPanel lebih terbatas karena hanya mendukung penggunaan di OS Linux. Lain dengan Plesk yang tak hanya Linux, tapi juga dapat digunakan di Windows.

Dukungan Keamanan

Anda tentu tak ingin berkompromi dengan faktor keamanan bukan? Nah, opsi cPanel menawarkan dukungan keamanan dan privasi yang terbilang baik antara lain melalui fitur CSF, fitur Directory Privacy serta fitur Two Factor Authentication untuk mengamankan login.

Opsi Plesk menyediakan dukungan keamanan yang tak kalah lengkap mulai dengan ImmunifyAV dan fitur Fail2ban yang dapat mencegah peretasan dengan memindai log file ataupun memblokir IP Address mencurigakan.

Database

Untuk kebutuhan basis data, cPanel menawarkan mendukung berbagai database populer Linux mulai dari MySQL, MariaDB hingga PostgreSQL. Namun Plesk mungkin lebih unggul karena tak hanya mendukung database Linux tersebut, tapi juga database Microsoft SQL karena dapat digunakan di OS Windows.

Backup

Sebagai lapisan pengamanan terakhir, fitur backup juga menjadi hal yang wajib ntuk diperhatikan. Opsi cPanel menawarkan 3 pilihan jenis backup (compressed, uncompressed, dan incremental) yang juga didukung dengan penjadwalan otomatis. Plesk, lebih sederhana dengan 2 pilihan jenis backup (complete dan incremental).

Support

Untuk mengantisipasi masalah yang tak mampu Anda tangani sendiri, layanan bantuan (support) bisa jadi opsi solusi yang menenangkan. Di sini, cPanel menawarkan layanan pelanggan berbayar 24 jam untuk penanganan masalah secara komprehensif. Sementara Plesk menawarkan support via email dan telepon dalam 5 pilihan bahasa (Inggris, Jepang, Jerman, Spanyol, dan Rusia).

Biaya Langganan

Setelah mengetahui berbagai faktor di atas, saatnya mempertimbangkan soal harga yang harus Anda bayarkan untuk berlangganan layanan ini:

cPanel menawarkan pilihan paket sebagai berikut:

  • Paket Solo ($15/bulan): pilihan ideal untuk website personal dengan 1 akun saja
  • Paket Admin ($22/bulan): direkomendasikan untuk website bisnis pemula hingga menengah dengan 5 akun
  • Paket Pro ($32/bulan): cocok untuk website bisnis lebih besar  dengan dukungan hingga 30 akun

Sementara Plesk menawarkan pilihan paket:

  • Web Admin Edition ($10,8/bulan): ideal untuk bisnis menengah dengan dukungan hingga 10 domain
  • Web Pro Edition ($15/bulan): untuk website bisnis yang lebih besar dengan dukungan hingga 30 domain disertai fitur manajemen akun

Kesimpulan

Setelah mengetahui sekilas tentang perbandingan antara cPanel vs Plesk di atas, pastinya kini Anda sudah lebih jelas mana yang jadi pilihan. Popularitas cPanel dengan fiturnya yang kaya memang ditempel ketat oleh Plesk dengan fleksibilitasnya. Sesuaikan saja dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Baca Juga