fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

cPanel Tidak bisa Menerima Email? Ini Penyebab dan Solusinya

Rianda

Bingung karena cPanel tidak bisa menerima email yang dikirimkan oleh pengguna lain? Ketika menghadapi masalah yang satu ini, ada baiknya pengguna tenang terlebih dahulu sebab tentu saja ada solusinya. Untuk yang penasaran terkait ulasan tersebut, simak berikut ini informasi selengkapnya:

Mengapa cPanel Tidak bisa Menerima Email?

Pasti banyak sebagian besar pengguna cPanel yang belum mengerti apa yang mengakibatkan email tidak bisa diterima.Mengingat proses pengiriman email bisa saja lancar dan mudah untuk dilakukan. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut terjadi.

Penyebab yang pertama yaitu terjadi akibat adanya kesalahan konfigurasi routing email. Sedangkan penyebab yang kedua yaitu karena MX record yang ada di DNS belum atau mengalami kesalahan saat konfigurasi. Oleh sebab itulah email tidak dapat diterima.

Namun ada kalanya juga penerimaan email tidak bisa dilakukan karena fitur penangkap spam aktif. Biasanya akan ada tampilan problem Exist. Nah, jika hal ini terjadi, maka email dari server tujuan pun tidak bisa membaca record yang ada pada domain.

Solusi Ketika cPanel Tidak Bisa Menerima Email

Ada beberapa solusi yang dapat digunakan ketika email yang tidak bisa diterima dari pengguna lain. Caranya sebenarnya cukup mudah dan bisa diterapkan oleh para pengguna lainya. Berikut beberapa solusi yang dapat digunakan yaitu:

1. Menggunakan Email Deliverability

Ketika kesalahan atau error karena server tujuan tidak dapat membaca domain, maka akan berimbas pada email yang tidak diterima. Dampak dari email yang tidak diterima ini tentu bisa diatasi dengan menggunakan email deliverability. Untuk lebih lanjut, simak penerapannya berikut ini:

  • Langkah pertama yaitu masuk pada halaman cPanel terlebih dahulu.
  • Kemudian, ketik email deliverability yang di kolom pencarian.
  • Jika sudah, klik repair untuk melakukan perbaikan.
  • Selanjutnya akan muncul peringatan DKIM key dan klik generate local DKIM Key.
  • Terakhir lanjutkan dengan klik repair.

2. Cek MX Domain

Selanjutnya cara yang dapat dilakukan untuk bisa kembali menerima email di cPanel yaitu dengan cek MX domain. Nah, pada MX record hal yang perlu diperbaiki. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan agar cPanel kembali normal yaitu:

  • Periksa terlebih dahulu MX record, lalu pilih pencarian DNS dan masukan nama domain.
  • Selanjutnya klik tombol cek.
  • Jika sudah, maka informasi DNS Record untuk domain pun akan segera muncul.
  • Kemudian periksa lewat zone editor di cPanel masing-masing.

3. Menggunakan Track Delivery

Track Delivery juga bisa digunakan agar penerimaan email di cPanel bisa lancar dan terhambat. Pasalnya track berfungsi untuk melakukan peninjauan rute pengiriman email yang dilakukan oleh pengguna. Berikut tahapan yang dapat dilakukan di antaranya yaitu:

  • Tahap awal, masuk pada layanan hosting yang digunakan.
  • Selanjutnya pilih menu layanan, lalu klik sub menu hosting yang aktif dan kelola.
  • Lanjutkan dengan mengklik tab cPanel, lalu pilih all feature.
  • Kemudian tampilan track delivery pun akan terlihat di hasil pencarian, lalu klik ikon Track Delivery.
  • Jika sudah, maka tampilan pun akan berubah dan klik show blocked & failed, lalu lakukan lah repair pada menu tersebut.

4. Melakukan Mail Exchange

Pilihan lain yang dapat dilakukan untuk membuat penerimaan email di cPanel bisa kembali lagi yaitu dengan melakukan mail exchange. Cara ini akan dilakukan dengan 1 domain yang terhubung. Namun apabila tidak berhasil, pilihan deteksi otomatis pun dapat dilakukan.

Demikianlah penjelasan terkait cPanel tidak bisa menerima email yang sudah dikirimkan. Berdasarkan ulasannya, permasalahan tersebut tentu ada solusinya. Nah, coba terapkan beberapa cara yang ada dengan mengikuti petunjuknya dengan benar dan teliti.

Baca Juga