fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

10 Cara Menulis Welcome Email dan Contohnya

Yanti puspita

Menuslis welcome email adalah adalah hal penting, karena itu merupakan email pertama yang kamu terima setelah mendaftar, berlangganan, atau mengirim email ke toko onlinemu. Jenis kampanye pemasaran email ini penting karena merupakan kesan pertama yang di buat perusahaan atau bisnis terhadap konsumen baru melalui email.

Berikut ini kita akan menjelaskan tentang 10 cara menulis welcome email, contohnya dan beberapa komponen yang mengesankan.

10 Cara Menulis Welcome Email

Dalam menulis welcome email ini biasanya di dalamnya berisi konten video, penawaran khusus, formulir pendaftaran atau sekedar sapaan ramah untuk membangun hubungan dengan kontak konsumen baru. Saat bisnis kamu mengirimkan welcome email kepada konsumen bisnis.

Maka kamu perlu mengesankan merek bisnismu. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1.      Pastikan Format Welcome Email Mudah Dibaca

Cara menulis welcome email yang pertama adalah dengan menggunakan format yang menarik dan mudah di baca. Misalnya, kamu dapat menggunakan font dan elemen desain yang sesuai dengan corak merek perusahaanmu.

Tak hanya itu, pastikan isi utama email maksimal 3 paragraf. Dan jangan lupa mencantumkannya dalam poin-poin agar klien atau konsumen dapat dengan mudah membaca email tersebut.

2.      Gunakan Subjek Email yang Jelas dan Menarik

Melansir dari Dewabiz, menulis welcome email baik adalah yang mudah di identifikasi oleh klien atau konsumen. Jadi, pastikan untuk membuat subjek email yang menarik bagi klien atau konsumenmu. Misalnya, kamu dapat menggunakan frasa seperti “Selamat Datang” atau “Selamat Datang di Pesawat” di awal subjek.

3.      Ucapan Terima Kasih

Cara lain untuk menulis welcome email yang baik adalah dengan mengucapkan terima kasih kepada klien atau konsumenmu. Pastikan kamu mengucapkan terima kasih di kalimat pertama welcome email. Tidak hanya itu, gunakan nama depan kamu untuk mempersonalisasi interaksimu. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu menghargai partisipasi mereka.

4.      Beri Tahu Value Proposition Perusahaan

Menurut Dewabiz, proposisi nilai dalam welcome email adalah pernyataan dua hingga tiga kalimat yang menjelaskan tujuan produk atau layanan. Kalimat tersebut juga menjelaskan bagaimana produk atau jasa yang di beli oleh klien atau konsumen dapat memberikan manfaat bagi mereka.

Menyertakan proposisi nilai dalam welcome email mengingatkan klien atau konsumen kamu tentang alasan utama mereka membeli produk atau layananmu. Tidak hanya itu, kamu juga memperkenalkan gaya layanan konsumen perusahaan dan memberi tahu mereka protokol apa yang di harapkan.

5.      Gunakan Nada Ramah

Cara lain untuk mendapatkan perhatian saat menulis welcome email adalah dengan menggunakan nada suara yang ramah dan mudah di pahami. Cobalah untuk membatasi penggunaan bahasa orang pertama dan fokus pada diskusi tentang kebutuhan klien.

Penggunaan bahasa yang ramah juga membuat konsumen. Atau klien yakin dengan keputusannya untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

6.      Katakan Apa yang Dapat Dilakukan

Jangan lupa untuk menjelaskan kepada klien langkah-langkah yang dapat mereka lakukan saat menggunakan produk atau layanan. Kamu dapat memberi tahu klien tentang sumber daya dan fasilitas yang dapat di gunakan dari pembelian.

Contohnya adalah layanan gratis selama 30 hari. Jika mereka membeli produk baru, kamu dapat memberi tahu mereka layanan apa yang dapat mereka gunakan ketika barang sudah sampai.

7.      Jelaskan Langkah-Langkah yang Dapat Dilakukan

Cara lain untuk mendapatkan perhatian saat menulis welcome email. Adalah dengan memberi tahu klien atau konsumen langkah selanjutnya yang dapat mereka ambil.

Hal ini dapat berupa meminta informasi dan preferensi, hingga mengundang mereka untuk membuat akun di situs webmu. Namun, pastikan untuk menghormati klien dan waktunya dengan menggunakan bahasa yang sopan.

8.      Berikan Informasi Tambahan

Kamu juga dapat memberikan informasi tambahan di welcome email. Informasi ini di berikan agar klien dapat mempelajari informasi tambahan tentang produk atau layanan yang di beli. Misalnya, kamu dapat memberikan link ke video tutorial atau artikel di blog perusahaan yang akan menjawab pertanyaan umum.

Pastikan untuk membatasi informasi tambahan yang tersedia di welcome email. Hal ini bertujuan agar kamu dapat memberikan informasi yang relevan kepada klien atau konsumen.

9.      Beri Tahu Cara Menghubungi Perusahaan

Terkadang, klien atau konsumen selalu mempunyai pertanyaan tambahan yang memerlukan pelayanan dari customer service. Jadi, salah satu cara menulis email yang baik adalah dengan memberikan beberapa cara untuk menghubungi perusahaan. Ini bisa berupa alamat email, nomor telepon, layanan pesan teks, atau bahkan media sosial.

10. Pertimbangkan untuk Memberikan Hadiah Kepada Konsumen atau Klienmu

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan mempertimbangkan untuk memberikan hadiah kepada klien atau konsumen. Ini adalah bentuk perayaan mereka karena telah menjadi konsumenmu. Salah satu hadiah yang bisa di berikan seperti kode diskon untuk membeli produk lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan siap memenuhi dan memahami kebutuhan klien atau konsumen.

Contoh welcome email yang Efektif

Ada banyak template yang bisa kamu gunakan, namun di atur berdasarkan jenis pesan. Misalnya, apakah itu di maksudkan untuk menyambut konsumen baru.

Mengucapkan terima kasih atas pembeliannya, atau mengingatkan konsumen akan suatu layanan. Di bawah ini adalah contoh welcome email yang dapat di gunakan dalam bisnis yaitu

Halo (Nama Pengguna Baru)

  • Terima kasih telah bergabung (nama merek/buletin)! Di bawah (konten yang di gunakan sebagai magnet utama) dan (masukkan tautan yang mengarahkan pengguna untuk meminta).
  • Jangan ragu untuk mengunjungi blog kami untuk mendapatkan wawasan terkait. (Topik yang dipicu) untuk di pelajari (produk/layanan yang di tawarkan)
  • Jangan ragu untuk menghubungi kami di (alamat emailmu) jika kamu memiliki pertanyaan. Karena kami siap membantumu.

Komponen Welcome Email yang Mengesankan

Salah satu faktor yang mempengaruhi proses orientasi konsumen adalah welcome email. Meskipun tidak ada format yang cocok untuk semua orang, ada beberapa komponen utama yang dapat membantu emailmu menonjol dari yang lain dan terhubung dengan konsumen target. Yaitu:

1.      Baris Subjek yang Menarik

Memastikan penerima benar-benar membuka email kamu adalah komponen pertama untuk memberikan kesan yang baik. Baris subjek sangat penting, jadi pilihlah baris subjek singkat dan langsung yang dengan jelas menyatakan apa yang kamu kirim, dari siapa, dan mengapa itu penting bagi calon konsumen.

2.      Konten yang Direkomendasikan

Meskipun tujuan utama menulis welcome email adalah untuk memperkenalkan merekmu. Penting juga untuk menambah nilai dengan memberikan langkah selanjutnya bagi konsumen yang berminat.

Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan menautkan ke konten bagus di situs webmu yang akan memberikan lebih banyak konteks kepada konsumen jika mereka tertarik dengan apa yang di lakukan dan bagaimana kamu melakukannya.

3.      Penawaran Khusus

Personalisasi dapat membantu welcome emailmu menonjol. Penawaran perkenalan produk yang di sesuaikan adalah sesuatu yang di inginkan konsumen.

Jika kamu membuat penawaran ini berdasarkan informasi yang kamu berikan atau data yang tersedia untuk umum melalui platform sosial. Maka welcome email dapat membantu membangkitkan minat yang berkelanjutan.

Penutup

Sekian penjelasan dari kami tentang 10 cara menulis welcome email, contohnya dan beberapa komponen yang mengesankan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga