fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

7 Contoh Perusahaan Afiliasi untuk Berbisnis

Yanti puspita

Contoh perusahaan afiliasi – Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet tanpa memerlukan modal yang besar. Salah satunya adalah mengikuti program afiliasi. Afiliasi adalah istilah yang sangat penting dalam dunia pemasaran.

Bagi para pengusaha, jika ingin mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan, pemahaman di bidang ini tentu di perlukan. Sebelum kita membahas lebih jauh afiliasi dalam dunia bisnis.

Ada baiknya membaca ulasan singkat tentang apa itu afiliasi? dan apa saja contoh perusahaan afiliasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan cuan? Berikut kami berikan ulasannya di bawah ini.

Apa itu Afiliasi?

Afiliasi adalah keadaan atau hubungan yang terkait erat antara orang, kelompok, pihak, atau perusahaan tertentu. Bisnis Afiliasi adalah bentuk kerjasama antara individu dan perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar melalui strategi pemasaran dengan menambahkan link atau promosi di situs media sosial atau blog Anda.

Sederhananya, bisnis afiliasi berarti cara untuk mendapatkan uang dengan menjual produk atau layanan dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Anda bisa bergabung sebagai affiliate marketer dan Anda akan menerima gaji setelah produk terjual.

Di pasar modal, afiliasi adalah hubungan antara pemegang saham utama dengan perusahaan, serta hubungan antara perusahaan dengan semua subjek yang secara langsung atau tidak langsung mengendalikan kegiatan perusahaan.

Contoh Perusahaan Afiliasi untuk Berbisnis

Afiliasi terjadi dengan menawarkan keuntungan setelah pembelian produk atau jasa yang di tawarkan oleh seorang pengusaha kepada pihak-pihak yang menjadi mitra afiliasi. Kami akan memberikan beberapa contoh perusahaan afiliasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan, yaitu:

Google Suite

Google Suite (G Suite) adalah satu darri beberapa program yang biasa di gunakan untuk membantu bisnis. Fitur G Suite sendiri mencakup pengelolaan kalender dan email, pembuatan dokumen, dan pengelolaan waktu rapat. Saat mendaftar ke G Suite Referral Program, Anda akan dikirimkan link referral yang berfungsi sebagai media promosi di mana saja.

Ada dua jenis paket yang di tawarkan, untuk paket basic anda hanya mendapatkan profit $15 USD atau 225 ribu rupiah. Sedangkan jika Anda mendaftar dengan paket bisnis atau perusahaan, Anda akan mendapatkan keuntungan hingga $30 USD atau 450 ribu rupiah.

Amazon

Tahukah Anda perusahaan e-commerce terbesar di dunia? Amazon merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pasar yang menjual produk dalam berbagai kategori. Di situs ini Anda juga dapat menemukan program afiliasi Amazon.

Komisi yang di berikan oleh perusahaan ini mencapai 10%. Namun, jika Anda membeli produk di Amazon, tidak semua produk memiliki komisi yang sama. Dapat di sesuaikan dengan kategori produk dan kebijakan perusahaan.

Markethealth

Beda dengan sebelumnya, program afiliasi Markethealth lebih terfokus mempromosikan dan menawarkan perangkat kesehatan dan kecantikan. Pemasaran Afiliasi Markethealth membantu pemasaran afiliasi dengan bayaran tinggi melalui perangkat lunak pelacakan yang kuat.

Produk utama dalam pemasaran afiliasi Markethealth adalah sektor kesehatan, kecantikan, suplemen, penurunan berat badan, dan perawatan kulit. Markethealth memungkinkan produsen pihak ketiga atau afiliasinya untuk menerima pembayaran komisi yang dikirim dua kali sebulan dengan pembayaran minimum $20.

Shopee

Dengan adanya Program Afiliasi ini, Shopee mendapatkan keuntungan berupa traffic yang di dapatkan oleh para content creator yang mengikuti program afiliasi ini. Sedangkan para content creator juga mendapatkan materi konten yang dapat di olah. Selain itu, pembuat konten juga akan menerima komisi sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan dalam program afiliasi.

Menariknya, siapa saja yang mau membuat konten di media sosial. Seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dan bahkan TikTok, Anda dapat mengikuti program afiliasi Shopee secara gratis. Shopee tidak mengatur jumlah pengikut yang bisa bergabung di program afiliasinya.

Namun, jika pembuat konten yang tertarik untuk berpartisipasi dalam program ini menginginkan lebih banyak kompensasi dengan menjadi influencer atau mitra, mereka harus memiliki setidaknya 2.000 pengikut untuk memenuhi syarat. Untuk program mitra, Shopee menetapkan ketentuan khusus berupa jenis konten asli.

Dengan kata lain, jika pembuat konten yang tertarik memutuskan untuk menjadi afiliasi atau influencer, mereka tidak perlu membuat konten asli. Dengan ketentuan tambahan, jumlah komisi yang di terima oleh mitra juga akan lebih tinggi daripada pembuat konten yang hanya afiliasi atau influencer saja.

Tokopedia

Program Afiliasi Tokopedia juga menawarkan kerjasama dengan para pembuat konten dalam kegiatan pemasaran mereka. Manfaat yang di tawarkan Tokopedia hampir sama: pembuat konten berhak menerima komisi dari penjualan yang berhasil sesuai program afiliasi.

Uniknya, bagi para kreator konten yang memutuskan untuk mengikuti program afiliasi ini, Tokopedia juga memberikan akses untuk berpartisipasi dalam Akademi Kreator Tokopedia, yang memungkinkan para kreator konten mengasah kembali kemampuannya.

Sesuai dengan sifat manfaat program affiliate marketing, manfaat ini mungkin tidak relevan, namun tetap memberikan banyak manfaat bagi para affiliate content creator. Program affiliasi Tokopedia ini tidak mengharuskan para content creator yang bergabung memiliki jumlah followers tertentu.

Namun untuk content creator itu sendiri hanya dapat memasarkan produk yang di jual oleh Power Merchant atau Toko resmi di Tokopedia, sedangkan untuk para penjual yang belum telah di verifikasi, program afiliasi ini belum tersedia.

Bagi pembuat konten yang tergabung dalam program afiliasi Tokopedia. Situs ini akan menyediakan link unik yang dapat di bagikan oleh para pembuat konten di saluran media sosial masing-masing. Setelah itu, komisi akan di hitung dari jumlah orang yang mengklik link dan berhasil menyelesaikan pembelian.

Tidak perlu khawatir dengan komisi yang ditukarkan, karena link yang diberikan adalah link yang unik. Setiap content creator akan mendapatkan link yang berbeda untuk dibagikan, walaupun produk yang ingin mereka pasarkan adalah produk yang sama.

Bukalapak

Bukalapak merupakan situs e-commerce yang berasal dari Indonesia dan banyak produk yang dijual dari situs ini. Situs e-commerce ini menawarkan program afiliasi yang disebut Program Afiliasi Bukalapak.

Anda dapat mencoba mendaftar untuk program tersebut. Ada banyak fitur dalam program ini, seperti generator link, spanduk dinamis, kotak pencarian produk, dan juga yang lainnya. Pengoperasian program afiliasi di Bukalapak cukup sederhana.

Skema komisi yang diterapkan Bukalapak adalah Cost Per Sale (CPS). Jadi, jika ada konsumen yang membeli produk melalui link yang Anda bagikan, Anda akan menerima komisi berdasarkan harga produk tersebut.

Tiket.com

Bagi Anda yang suka bepergian ke berbagai tempat, keanggotaan adalah cara yang cukup menguntungkan. Pasalnya, Anda bisa menggunakan Application Programming Interface (API) Ticket.com untuk memesan kamar hotel. Anda akan mendapatkan komisi hingga 40% -60% untuk setiap pemesanan hotel yang menggunakan kode Anda

Itulah beberapa contoh perusahaan penyedia affiliate marketing yang umumnya sudah dikenal luas. Untuk memahami hal ini lebih jauh, diperlukan keahlian khusus di bidang pemrograman dan pengembangan konten Internet secara mumpuni. Sebelum memilih program yang tepat, lakukan riset terlebih dahulu tentang sistem kerja di masing-masing perusahaan.

Baca Juga