fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Contoh Domain Selain .com Yang Harus Anda Tahu!

Yanti puspita

Saat mengakses sebuah situs di internet, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan domain “.com” bukan? Namun, tahukah Anda bahwa ada contoh lain dari domain? Ya, sebenarnya ada banyak nama domain berbeda yang sering digunakan, seperti .co, .id, .net, .org, dll.

Jika Anda sedang membuat website, hal ini perlu Anda ketahui agar pilihan nama domain Anda lebih variatif dan unik. Jadi, contoh domain apa yang bisa Anda pilih?. Pada artikel ini, kami telah merangkum contoh domain yang bisa Anda pertimbangkan untuk website Anda.

Yuk, lihat daftarnya sekarang!

Definisi dan Fungsi Domain

Konsep domain bisa di analogikan dengan alamat website. Pada dasarnya dengan domain kita bisa mengakses alamat website yang ada di URL di browser. Contoh domain adalah google.com, instagram.com, facebook.com yang biasanya banyak di temukan dan di akses oleh pengguna.

Jadi jika Anda ingin membuat website, baik untuk website bisnis maupun pribadi, Anda perlu menggunakan domain. Untuk domain yang paling populer di gunakan adalah domain .COM yang artinya komersial.

Domain jenis ini sering di gunakan karena fungsinya yang fleksibel dan dapat di gunakan oleh semua jenis website. Lalu, apa fungsi dari domain itu sendiri? Pada dasarnya, fungsi domain adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan atau mengakses website tertentu.

Dengan menggunakan domain, pengunjung tidak perlu mengingat alamat IP mereka untuk mengakses website. Jadi tentunya mengingat sebuah nama akan lebih mudah menggunakan domain daripada menggunakan deret angka.

Contoh Domain yang Biasa Digunakan

Hingga saat ini domain .com adalah domain yang paling populer dan menduduki peringkat pertama sebagai nama domain yang sering di gunakan. Tapi ada contoh domain selain .COM. Beberapa contoh domain adalah sebagai berikut:

1. .ac.id

Contoh domain yang pertama adalah domain yang berkaitan dengan alamat website institusi pendidikan. Ac domain adalah singkatan dari academic, sehingga cocok sekali di gunakan sebagai alamat website kampus.

Contoh domain .ac.id adalah ui.ac.id yaitu merupakan domain website Universitas Indonesia, itb.ac.id, website Institut Teknologi Bandung, dan sebagainya.

2. go.id

Kedua, contoh domainnya adalah .go.id. yang biasanya di gunakan oleh website instansi pemerintah seperti website resmi negara bagian, kabupaten, dan lain sebagainya.

Nah, biasanya untuk menggunakan domain ini ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar tidak bisa di gunakan sembarangan.

3. .asia

Seperti namanya, domain .asia merupakan contoh domain yang di gunakan oleh bisnis dimana ekstensi domain ini berlokasi di kawasan Asia-Pasifik. Dengan menggunakan domain .asia, website bisnis Anda akan mendapat pengakuan regional.

Biasanya domain .asia ini bisa di gunakan untuk perorangan, bisnis, organisasi, komunitas dan lain sebagainya.

4. .biz

Contoh domain selanjutnya adalah .biz. Menurut data, domain ini di gunakan oleh jutaan perusahaan dan pebisnis di seluruh dunia. Domain ini biasanya di gunakan untuk website kategori bisnis atau perusahaan. Ini sama juga dengan singkatan biz, yaitu bisnis.

5. .name

Berikutnya domain .name ini biasanya di gunakan untuk website pribadi maupun profesional. Alasannya, domain .name ditargetkan untuk situs pribadi dan organisasi nirlaba. Walaupun website pribadi, dengan menggunakan domain .name, website akan dianggap lebih profesional.

6. .id

Contoh domain yang tidak kalah terpopuler dari .com adalah .id. Domain ini di gunakan untuk memberikan identitas negara Indonesia. Tertarik menggunakan .id Domain untuk situs web Anda? Beli Domain ID murah di dewabiz sekarang!

Sebagai informasi tambahan, di setiap berbagai negara juga memiliki domainnya masing-masing. Contoh domain adalah my dari Malaysia, au dari Australia, dan lain sebagainya.

7. .tv

Tidak hanya website bisnis atau pribadi, stasiun televisipun biasanya menggunakan domain. Dalam hal ini contoh domainnya adalah .tv, namun domain ini tidak banyak di gunakan di negara Indonesia. Bahkan, sebagian besar stasiun Televisi di Indonesia menggunakan domain .com.

8. .info

Domain .info adalah jenis Top Level Domain (g TLD) generik yang pertama kali dirilis pada akhir tahun 2000-an. Seperti halnya nama domain yang disingkat informasi, domain ini di gunakan untuk media terkait informasi. Saat ini, domain .info digunakan oleh 5,2 juta orang di seluruh dunia.

9. .in

Contoh domain selanjutnya adalah .IN. Bahkan, domain ini bisa didaftarkan oleh siapa saja dan biasanya menjadi pilihan pertama bagi pengguna perorangan atau organisasi yang berasal dari India. Domain ini dapat membantu suatu organisasi atau bisnis untuk membangun hubungan.

10. .net

Domain .net adalah contoh domain yang banyak di gunakan oleh perusahaan berbasis IT, atau website yang berhubungan dengan hal-hal teknis dan infrastruktur internet. Net adalah kependekan dari internet, sehingga keberadaan domain ini menjadi banyak di pilihan bagi para pengguna website di seluruh dunia.

Contoh  Domain lainnya

Selain beberapa contoh domain di atas, ada juga contoh domain lain yang biasanya di gunakan oleh lembaga, lembaga atau organisasi. Simak daftarnya di bawah ini, geng!

1. .edu

Seperti halnya domain .ac.id, domain .edu biasanya digunakan oleh lembaga pendidikan atau yang terkait dengan pendidikan. Biasanya, situs web yang menyediakan sumber daya pendidikan seperti jurnal atau buku juga menggunakan domain berakhiran .edu. Penggunaan domain .edu juga menunjukkan bahwa website tersebut terpercaya dan dapat diandalkan sebagai website lembaga pendidikan.

2. .sch.id

Contoh domain lainnya adalah .sch. Kehadiran domain ini biasanya di manfaatkan oleh lembaga pendidikan seperti sekolah. Untuk lembaga pendidikan di Indonesia biasanya di tambahkan akhiran .id sehingga menjadi .sch.id.

Sebagai catatan, penggunaan domain ini tidak bisa sembarangan dan biasanya hanya institusi pendidikan saja yang bisa menggunakan domain ini.

3. .int

.Int biasanya digunakan untuk website internasional. Salah satunya  domain ini di gunakan oleh organisasi internasional seperti NATO.

4. .co

.co merupakan singkatan dari kata Company, seperti halnya .biz, domain ini juga di gunakan untuk bisnis, mitra dagang atau perusahaan. Namun saat ini, domain .co sebagian besar hanya di gunakan oleh situs web komersial. Domain ini sendiri di rilis pada tahun 2010 dan di akui secara internasional. Untuk menggunakan domain ini juga di perlukan persyaratan khusus, seperti izin usaha.

5. .co.id

Yang selanjutnya adalah Contoh domain .co.id merupakan gabungan dari co dan id. Uniknya, domain ini cukup terbatas dan bisa meningkatkan kredibilitas website siapa saja yang menggunakannya. biasanya, untuk menggunakan domain ini membutuhkan persyaratan mutlak yang harus di lampirkan.

6. .org

Bagi Anda yang ingin membuat website untuk organisasi Anda, akan sangat ideal jika Anda menggunakan nama domain .org. Org sendiri adalah singkatan dari organisasi. Nah dengan menggunakan domain ini pasti akan meningkatkan kredibilitas website organisasi atau komunitas Anda.                                                                         

7. .or.id              

or.id adalah domain yang di gunakan untuk tujuan organisasi. Biasanya juga di tambahkan dengan .id terakhir.Untuk menggunakan domain ini, yang perlu Anda siapkan adalah KTP, SK Organisasi Internal, dan akta notaris.

8. .io

.io. Domain ini cukup populer untuk start up atau perusahaan yang basis teknologi di luar negeri. Domain ini juga di nilai lebih eksklusif dan modern.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan tentang daftar contoh domain beserta penjelasan dan juga fungsinya. Sekarang, pilihan Anda lebih beragam bukan? Selain .com, dewabiz menyediakan Domain Gratis khusus .my.id dan .biz.id cocok untuk website bisnis maupun pribadi.

Baca Juga