fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOPanduan

10 Contoh Cara Mengoptimalkan Seo Off Page

Yanti puspita

Cara mengoptimalkan Seo Off Page – Apakah Anda merasa upaya SEO On Page seperti optimasi keyword sudah cukup untuk mengoptimasi website Anda? Lalu, Anda masih bingung kenapa website Anda masih belum berada di puncak teratas mesin pencarian?

Mungkin saja ini terjadi karena Anda masih melupakan peran SEO Off Page dalam mengoptimasi website Anda. SEO Off Page sendiri merupakan optimasi yang berfokus pada dukungan eksternal untuk website.

Ingin tahu penjelasan lengkap bagaimana cara mengoptimalkan SEO Off Page ini? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

10 Cara Mengoptimalkan Seo Off Page Website Anda

SEO Off Page adalah taktik SEO yang dapat di lakukan pada sebuah website yang tidak termasuk dalam kegiatan produksi konten.

Secara sederhana, SEO Off Page adalah upaya pengoptimalan yang difokuskan untuk mendapatkan dukungan eksternal untuk situs web Anda.

SEO On-page dan SEO Off-Page memainkan peran yang sama pentingnya dalam meningkatkan peringkat situs web dan menjadikannya populer di mesin pencarian.

Untuk mengoptimalkan SEO Off Page ini, ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Nah, berikut cara mengoptimalkan Seo Off Page khusus untuk Anda.

1.      Link Building

Hal terpenting dalam cara mengoptimalkan Seo Off Page adalah link building. Link building sendiri adalah teknik SEO Off Page untuk mendapatkan link dari situs lain ke situs Anda.

Pastikan link yang Anda dapatkan tidak berasal dari situs web yang rawan dan memiliki reputasi yang buruk sehingga Anda dapat memastikan kualitas backlink tersebut.

Anda dapat menggunakan banyak cara membangun backlink untuk membangun reputasi situs web Anda di mesin telusur ini.

2.      Pemasaran Konten   

Pemasaran konten adalah salah satu hal penting dalam cara mengoptimalkan Seo Off Page. Memasarkan konten berkualitas ke saluran digital seperti penerbit online dapat meningkatkan visibilitas konten yang di publikasikan di website Anda.

Contoh content marketing yang bisa digunakan sebagai teknik SEO Off Page ini adalah dengan membuat dan mendistribusikan konten berkualitas, memublikasikan guest post, dan memublikasikan infografis.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan content marketing dengan link building, media sosial, dan media iklan.

3.      Promosi Melalui Media Sosial

Tidak ada salahnya memanfaatkan media sosial untuk cara mengoptimalkan Seo Off Page ini. Media sosial dapat di gunakan untuk berbagi berita setelah menerbitkan konten atau artikel baru di situs web Anda.

Jika Anda mendapatkan respon yang baik setelah menjalankan promosi, Google dapat menerima signal bahwa konten yang Anda luncurkan sangat menarik bagi orang lain.

Meskipun bukan penentu peringkat, media sosial dapat meningkatkan reputasi Anda dan membuat merek yang Anda terbitkan lebih di kenal masyarakat luas.

Kehadiran Anda di media sosial secara tidak langsung memudahkan komunikasi yang dibangun antara Anda dengan calon pelanggan Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari media sosial, Anda perlu menjaga visibilitas yang Anda miliki, berkomunikasi dan berkomunikasi secara profesional, serta menjadikan media sosial sebagai sarana branding bisnis Anda.

4.      Gunakan Google Bisnis

Google menerima miliaran pencarian untuk berbagai informasi yang dibutuhkan pengguna setiap harinya.

Maka dari itu cara mengoptimalkan Seo Off Page yang selanjutnya adalah dengan menambahkan informasi tentang bisnis Anda pada fitur Google, salah satunya adalah Google My Business atau Google Bisnisku.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menambahkan informasi dasar, foto, dan tentunya alamat website Anda di profil Google bisnis Anda.

5.      Listing Bisnis

Cara mengoptimalkan SEO Off Page selanjutnya adalah dengan memasukkan identitas bisnis Anda di listing bisnis.

Untuk cara mengoptimalkan Seo Off Page ini bisa menjadi lebih efektif jika produk yang Anda tawarkan berupa makanan dan minuman. Anda dapat memanfaatkan website review yang ada untuk memberikan informasi tentang bisnis Anda.

6.      Tingkatkan EAT

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. EAT ini merupakan indikator kualitas situs menurut Search Quality Evaluator.

Dengan EAT, Google tahu seberapa tepercaya sebuah situs web. Meningkatkan EAT ini adalah cara mengoptimalkan Seo Off Page yang penting. Hal ini dikarenakan Google semakin gencar memerangi hoax atau misinformasi dalam hasil pencariannya.

7.      Upayakan Brand Mention

Penyebutan merek adalah ketika situs web lain menyebutkan situs web atau nama merek Anda di konten nya.

Ada dua jenis penyebutan merek yaitu penyebutan merek dengan tautan yang menunjuk ke Anda dan penyebutan merek tanpa tautan. Menariknya, kedua jenis merek tersebut memiliki efek positif pada E-A-T.

Namun, menyebutkan merek dengan tautan lebih baik di lakukan saat Anda menggunakan ini sebagai cara mengoptimalkan Seo Off Page. Sebab, selain meningkatkan EAT Anda, Anda juga akan mendapatkan kontribusi trafik dari website tersebut.

8.      Dapatkan Backlink dari “Seed Sites”

Situs web yang dipercaya oleh Google karena memiliki rekam jejak yang baik, seperti Wikipedia dan beberapa situs web lain umumnya di sebut dengan seed sites. Mendapatkan backlink dari seed site bisa meroketkan EAT website Anda.

Namun, tentu cara mengoptimalkan Seo Off Page ini tidak mudah di lakuakn karena artikel Anda harus berkualitas baik untuk mendapatkannya.

Selain itu Anda juga bisa mencoba mendapatkan backlink dari website yang mendapatkan backlink dari situs unggulan. Meski tidak secara langsung, hal itu akan memberikan efek positif pada EAT situs web Anda.

9.      Dapatkan Ulasan Positif

Ulasan konsumen juga sangat penting dalam cara optimasi Seo Off Page. Google Quality Rater menekankan bahwa ulasan positif adalah bukti kuat bahwa suatu bisnis memiliki reputasi yang baik.

Baik itu di Google Bisnisku, atau situs ulasan lain. Cara agar konsumen meninggalkan ulasan positif adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Misalnya selalu bersikap ramah kepada konsumen, cepat menjawab pertanyaan konsumen di media sosial, dll.

10.  Perhatikan Local SEO

Jika Anda memiliki website bisnis, Anda juga bisa menggunakan SEO lokal sebagai cara optimasi SEO Off Page Anda.

SEO Lokal adalah cara agar bisnis Anda muncul di pencarian lokal Google. Strategi SEO ini juga akan memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda karena menampilkan nama lengkap bisnis Anda dengan alamat dan detail kontak.

Dengan indikator tersebut, Google pasti akan merekomendasikan bisnis Anda kepada lebih banyak orang. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Kesimpulan

Strategi SEO apa pun yang Anda gunakan akan memiliki efek yang sama, asalkan Anda mengetahui tips dan trik untuk mendapatkan hasil terbaiknya. Hal yang sama terjadi ketika Anda menerapkan cara melakukan optimasi SEO Off Page ini.

Hanya saja, melakukan SEO Off Page ini mungkin tidak terlalu sulit dilakukan karena fokus utamanya adalah pada link building.

Di tambah dengan cara mengoptimalkan SEO Off Page ynag telah di bahas di atas pasti hal  itu akan semakin memudahkan Anda dalam menjalankan strategi SEo yang satu ini.

Baca Juga