fbpx

Com Adalah Domain untuk? Kenali Pengertian dan Kegunaannya

Dalam kebanyakan website di ranah digital, com adalah domain untuk situs secara general. Dilihat dari sejarahnya, tak heran apabila banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang menggunakannya. Akan tetapi, apa semua orang mengetahui dengan jelas tentang ekstensi TLD tersebut?

Jika saat ini sedang melakukan browsing internet, pasti banyak sekali situs dengan .com. Menurut data Domain Name Industry Brief tahun 2020, saat ini .com digunakan pada 145 juta situs. Lantas, mengapa banyak sekali orang yang menggunakan .com? Simak informasinya.

Mengenal .com dan Sejarahnya

Ekstensi com adalah domain untuk situs komersial yang digunakan secara internasional. Meski perusahaan komersial dapat menggunakan second-level domain seperti .co, namun .com masih tetap menjadi top-level domain hingga saat ini. Domain .com merupakan singkatan dari commercial.

Ekstensi domain tersebut awalnya diciptakan pada 1 Januari 1985, di mana DNS baru saja diimplementasikan. Pada pertengahan 90-an dimana internet mulai menjadi publik, popularitas .com melejit dan menjadi salah satu top-level domain terbanyak digunakan. Bahkan extensi bisnis seperti .biz tidak mampu bersaing.

Pada akhirnya, .com menjadi seperti standar dalam mendaftarkan domain perusahaan. Tidak hanya negara Amerika Serikat, namun seluruh dunia mengandalkan ekstensi domain tersebut pada alamat situsnya. Karena itulah .com merupakan salah satu ekstensi tertua sekaligus yang paling populer.

Kegunaan .com bagi Situs di Dunia

Sejak kelahirannya, ekstensi .com telah menjadi keharusan dalam mendaftarkan domain perusahaan. Tidak hanya perusahaan komersial, namun segala macam perusahaan juga berlomba-lomba menggunakannya. Lantas, com adalah domain untuk apa saja? Berikut berbagai kegunaannya:

1. Menambah Kesan Profesional pada Situs

Banyak pengguna internet yang menilai, bahwa situs dengan ekstensi .com adalah situs yang resmi dan dikelola dengan profesional. Pemilik perusahaan dapat memanfaatkan ekstensi ini untuk memberi kesan profesional pada perusahaan. Bisa dibilang, .com memiliki nilai kredibilitas yang tinggi.

Ditambah lagi, jika .com sejatinya bukan ekstensi TLD yang gratis. Saat mendaftarkan domain, orang akan perlu membayar biaya penggunaannya. Dari sini sudah terlihat jika situs dengan .com benar-benar dibuat dengan serius, karena ekstensi saja bukan yang gratisan.

2. Mempermudah Pencarian Situs di Mesin Pencarian

Pada umumnya, rata-rata nama domain yang menggunakan .com relatif singkat namun berkesan. Misalnya, facebook.com atau google.com. Hal ini membuat orang mudah mencari situs-situs .com, karena sudah banyak orang yang familiar dengan ekstensi tersebut.

Situs yang menggunakan ekstensi .com juga umumnya hanya menggunakan satu atau dua kata. Daripada membuka mesin pencarian, pengunjung hanya tinggal perlu mengetikkan nama perusahaan dengan .com, dan hasilnya ditemukan. Hal ini berbeda dengan ekstensi lainnya yang masih banyak belum mengetahui.

3. Meningkatkan Click-Through Rate Situs

Dalam digital marketing, click-through rate (CTR) merupakan kunci dari kesuksesan sebuah website. CTR merupakan angka rasio dari berapa banyak iklan di klik, lalu dibagi dengan berapa banyak iklan diperlihatkan. Salah satu upaya meningkatkan CTR adalah membuat situs terlihat di mesin pencarian.

Pada Google, mesin pencarian tersebut mengusung ranking SEO (search ranking optimization). Banyak situs yang berlomba-lomba membuat situs SEO friendly untuk berada di hasil pencarian teratas. Ternyata, ekstensi .com dapat meningkatkan ranking SEO, sehingga rasio CTR juga ikut meningkat.

4. Mempermudah Pendaftaran Domain dengan Ekstensi .com

Pengelola domain .com Verisign, untungnya tidak memberikan banyak persyaratan dalam menggunakan ekstensi TLD ini. Tidak hanya perusahaan di Amerika Serikat, negara manapun juga diperbolehkan mendaftar domain dengan .com.

Berkatnya, kini com adalah domain untuk situs jenis apa saja, tidak sepenuhnya untuk tujuan komersial. Domain .com telah menjadi penghubung dunia secara online bagi siapapun dan dimanapun berada.

Demikian penjelasan mengenai .com dan kegunaannya. Jadi ketika ditanya, maka kini sudah mengetahui com adalah domain untuk apa. Hingga saat ini, .com akan selalu digunakan untuk situs-situs mendatang, dan sejarahnya akan selalu dikenang sebagai salah satu ekstensi tertua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!