fbpx

Cara Setting VPS Windows Menggunakan OS Windows Server

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan (Virtual Private Server) dengan platform Windows, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara setting VPS Windows sebelum Anda bisa menggunakan hosting tersebut. Yuk,temukan caranya pada artikel ini.

Cara Melakukan Setting VPS Windows dengan 2 OS Dari Microsoft 

cara setting VPS Windows

Microsoft menyediakan dua Sistem Operasi untuk melakukan setting virtual server windows. Kedua OS tersebut adalah Windows Server 2016 dan Windows 10. Sistem Operasi ini terlihat sama secara tampilan namun berbeda dalam fungsi dan pemakaiannya.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada pemakaian. Untuk Windows Server 2016, hanya bisa digunakan pada mesin fisik server. OS ini bisa menangani beberapa /PC sekaligus. 

Sedangkan pada Windows 10, bisa dipakai dari jarak jauh dan cocok untuk maintain sehari-hari. Namun tidak bisa menangani semua komputer. Dengan bahasa lain, OS Windows 10 merupakan cara melakukan setting VPS Windows melalui desktop. 

Secara tampilan muka, kedua operasi sistem ini sama saja. Posisi tombol start dan tombol tampilan tugas, keduanya tidak ada yang berbeda. Bahkan kedua operating system ini sama-sama menggunakan kernel dan mampu menjalankan yang sama.

1. Cara Setting VPS Windows Menggunakan Windows Server 2016

Cara Setting VPS Windows Menggunakan Windows Server 2016

Melakukan setting virtual server pada OS Windows dengan menggunakan Windows Server 2016 hanya bisa dilakukan pada mesin server fisik dimana server virtual berada. Dengan kata lain, Anda harus pergi ke tempat mesin server berada, yang posisinya jauh dari Anda.

Baca Juga :  7 Masalah SEO yang Sering Ditemukan Dan Solusi Mengatasinya

Untuk itu, server windows memiliki pengaturan server virtual melalui desktop. Anda bisa menggunakan Windows 10 untuk melakukan pengaturan server virtual Anda secara remote.

2. Cara Setting VPS Windows Menggunakan Windows 10

Cara Setting VPS Windows Menggunakan Windows 10

Melakukan pengaturan VPS Windows dengan Windows 10 bisa dilakukan pada desktop maupun Personal Computer Anda. Windows 10 memungkinkan Anda untuk me-setting virtual server dari jarak jauh.

Windows 10 memanfaatkan RDP untuk melakukan setting virtual server. RDP merupakan singkatan dari Remote Desktop Protocol. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan pengaturan virtual server dengan Windows 10 :

  • Anda mulai dengan me-klik tombol “Start”
  • Lalu ketik pada kolom pencarian “remote desktop”
  • Kemudian cari “Remote Desktop
  • Lalu ketik alamat IP server virtual Anda dan klik “OK”
  • Maka akan muncul tampilan untuk mengisi nama pengguna dan VPS Anda
  • Kemudian ketik nama pengguna pada kolom “user name”
  • Dan jangan lupa untuk mengetik sandi Anda pada kolom “password”
  • Lalu klik “OK”

Jika cara ini sudah berhasil maka Anda sudah bisa login ke VPS dan sudah bisa menggunakan, me-maintain atau melakukan pengaturan VPS Windows Anda.

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaik saat ini dari Microsoft. OS ini merupakan peningkatan dari OS pendahulunya di banyak bagian, termasuk stabilitas dan kecepatan. OS ini juga lebih ringan dalam penggunaan. Tidak memberatkan CPU. 

Versi OS ini sudah banyak mengalami modifikasi di berbagai aspek termasuk dalam VPS. Teknologi yang digunakan untuk VPS Windows sudah lebih maju termasuk dalam hal waktu penyiapan. Waktu yang diperlukan menjadi lebih singkat. Anda dapat menyelesaikan keseluruhan proses kurang dari 2 menit.

Baca Juga :  10+ Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham cara setting VPS Windows menggunakan 2 OS terobosan Microsoft? Jika sudah, ada baiknya Anda juga mempelajari penggunaan komponen pendukungnya.