fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Scan Barcode di Telegram Anti Lag

Dhian rama

Dewabiz – Istilah barcode sudah di kenal puluhan tahun. Namun seiring berkembangnya teknologi, maka muncul generasi baru dari barcode yang di kenal dengan istilah kode QR. Keduanya di rancang untuk menyimpan informasi atau data yang Kamu inginkan. Dan pada artikel kali ini, kita akan memberikan kamu penjelasan tentang kode QR, tapi cara scan barcode di telegram.

Di era teknologi saat ini, sudah ada banyak aplikasi mobile yang bisa di gunakan untuk scan barcode, salah satunya Telegram. Meski di kenal sebagai chatting, Telegram ternyata memiliki banyak fitur, termasuk kemampuan scan atau bahkan barcode generate.

Kehadiran kode QR sendiri di bidang teknologi dan bidang lainnya bukanlah hal yang baru. Selain itu, saat ini sudah banyak platform digital yang mengadopsi kode ini untuk berbagai keperluan, mulai dari sistem pembayaran hingga proses verifikasi akun. Kode QR banyak di gunakan dalam platform digital. Penggunaan kode ini, bisa kita temukan misalnya ketika seseorang ingin login ke Telegram versi web atau desktop.

Cara Scan Barcode di Telegram Anti Lag

Barcode yang di hasilkan dapat dengan mudah dipindai dengan dua cara, yaitu menggunakan aplikasi tambahan atau menggunakan bot di Telegram. Agar lebih jelas, mari kita bahas cara scan barcode di telegram di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram yang terpasang di ponsel.
  • Tap ikon/tanda pencarian di pojok kanan atas, untuk membuka kotak pencarian Telegram.
  • Ketik QRcode di kotak pencarian.
  • Pilih pembuat kode QR dengan bot di bawah ini.
  • Kemudian akan muncul kolom “Chat with Bot”.
  • Selanjutnya, pilih ikon tambahan pada kolom di bawah percakapan untuk membuka file barcode yang ingin Kamu pindai.
  • Temukan lokasi barcode atau file/gambar kode QR sesuai kebutuhan.
  • Ketuk ikon kirim di kanan bawah.
  • Setelah beberapa waktu, robot akan menerjemahkan gambar barcode yang di pindai. Dan tunggu hingga selesai.

Scan Kode QR di Telegram dengan obrolan

Jika Kamu mencari bot QRcoder di kolom pencarian Telegram, pastikan Kamu memilih bot dengan benar karena banyak nama yang mirip tetapi itu bukan bot melainkan grup atau saluran. Namun yang perlu di perhatikan, gambar barcode yang di pindai juga harus jelas dan tidak pecah atau terpotong agar hasil yang di tampilkan akurat.

Cara Scan Barcode di Telegram menggunakan Aplikasi

  • Unduh aplikasi pemindai QR, yang dapat Kamu temukan di play store.
  • Siapkan barcode atau kode QR yang ingin di pindai.
  • Ketuk ikon menu GAMBAR/PDF di bawah, untuk memindai kode batang yang tersimpan di memori internal ponsel Kamu.
  • Temukan lokasi file gambar barcode yang ingin Kamu pindai, saat gambar barcode muncul di aplikasi.
  • Pastikan posisi barcode atau kode QR sudah benar atau tertulis di kotak kotak hijau.
  • Untuk mulai memindai kode batang, klik tombol TET – CONTROL SCAN RESULT di bawah. Informasi barcode kemudian ditampilkan.

Dengan aplikasi ini, Kamu tidak hanya dapat memindai barcode berupa gambar atau file PDF yang tersimpan di ponsel Kamu, tetapi juga memindai barcode langsung dari kamera ponsel Kamu. Aplikasi memiliki beberapa fitur/menu yang dapat di manfaatkan oleh pengguna, antara lain fitur/menu histori yang menampilkan daftar riwayat pemindaian yang di lakukan.

Penggunaan barcode atau kode QR sendiri beragam, mulai dari menyimpan informasi berupa link hingga mengkonversi teks, gambar, dll. Pengguna hanya perlu memilih aplikasi pemindaian mana yang ingin mereka pindai dengan bot Telegram atau add-on seperti pemindai QR. 

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang cara scan barcode di telegram. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga