fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

General

Jadi Begini Cara Riset Keyword Persaingan Rendah! Yuk Simak

Yanti puspita

Cara mencari keyword persaingan rendah yang memiliki tingkat persaingan rendah bukanlah hal yang mudah. Ratusan bahkan ribuan blog telah menggunakan kata kunci atau kata kunci yang sama dengan kata kunci yang Anda gunakan dalam konten situs web atau artikel yangf pernah di buat. Sebelum kita membahas cara melakukan riset kata kunci.

Hal pertama yang akan kita bahas adalah definisi riset kata kunci. Riset kata kunci adalah cara untuk menemukan kata kunci yang di gunakan oleh banyak orang di mesin pencari. Dengan melakukan riset kata kunci, maka Anda dapat mengetahui kata kunci apa dengan tingkat persaingan yang sesuai dengan tujuan Anda.

Kenapa Harus Melakukan Riset Keyword?

Perlu Anda ketahui bahwa Anda sangat membutuhkan traffic yang bagus untuk meningkatkan kualitas website Anda. Jika tidak ada traffic, maka website Anda hanya akan menjadi beban karena Anda harus menanggung biaya setiap tahunnya.

Padahal melalui konten yang Anda buat, website Anda akan semakin terkenal sehingga akan meningkatkan trafik. Ketika trafik sudah meningkat, maka website Anda tidak lagi menjadi beban tetapi akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Tentu tidak sembarangan konten yang harus Anda buat.

Konten yang dapat meningkatkan traffic adalah konten yang berkualitas. Salah satu konten berkualitas tersebut adalah konten yang mudah di temukan. Agar konten Anda mudah di temukan, di sinilah peran penting kata kunci.

Dengan kata lain, kata kunci atau kata kunci merupakan bagian yang sangat penting untuk membantu website Anda semakin di kenal dan mendapatkan kepercayaan. Selain itu, kata kunci juga berguna untuk membuat konten Anda lebih mudah di temukan.

Keyword yang di gunakan dalam proses pencarian pada mesin pencari merupakan ide dasar yang harus Anda kuasai. Keduanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sementara metode riset kata kunci pencarian tinggi dengan persaingan rendah, ini adalah strategi SEO untuk menentukan peringkat di halaman google.

Cara Riset Keyword Persaingan Rendah

Perlu Anda ketahui bahwa cara mencari keyword atau kata kunci yang sering dicari tidaklah sulit. Namun bagi orang yang baru mengenal dunia SEO, mungkin akan kesulitan untuk menemukan kata kunci tersebut. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk mempermudah dalam melakukan riset kata kunci terutama dengan cara riset keyword persaingan rendah.

Mencari Keyword Dasar

Biasanya untuk mendapatkan keyword atau kata kunci yang memiliki persaingan tinggi dan persaingan rendah Anda perlu riset kata kunci dasar terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa memilih kata kunci dasar tersebut untuk mendapatkan keyword persaingan rendah.

Cari kata kunci dasar terlebih dahulu yang ada hubungannya dengan blog yang telah Anda buat. Mendapatkan keyword turunan dengan menggunakan kata kunci dasar ini adalah tujuan utama untuk mendapatkan keyword dengan tingkat persaingahn rendah.

Keyword dasar di salah satu kelompok yang berasal dari kata kunci pendek “short tail keyword” hanya membawa 1 hingga 2 kata. Tetapi Anda dapat membuat perubahan dari kata kunci panjang “long tail keyword” dengan menerapkan kata kunci turunan.

Menentukan Tujuan

Nah, langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset kata kunci adalah menentukan tujuan dari riset kata kunci tersebut. Kemudian Anda melakukan riset kata kunci, Anda perlu memilih tujuan apa untuk masa depan.

Jika Anda seorang pebisnis, maka tujuan Anda adalah membidik calon pelanggan. Jika Anda hanya seorang blogger, maka Anda perlu membawa kata kunci tujuan tersebut untuk mendapatkan pengunjung yang diperlukan atau yang lainnya.

Jadi Anda harus benar-benar memilih objek yang berasal dari penelitian kata kunci. Sehingga suatu saat Anda tidak akan mengalami kegagalan dalam mengelola bisnis atau blog pribadi Anda yang sudah siap online.

Melihat Persaingan Keyword

Hal terpenting saat Anda melakukan riset kata kunci adalah melihat tingkat persaingan. Ini sudah menjadi rahasia umum para blogger, dimana semua analisa bisa ditampilkan oleh Google sebagai mesin pencari. Biasanya untuk memahami kata kunci kompetitif tidak harus menggunakan tools, Anda bisa melakukannya secara manual.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan hasil pencarian google yang melebihi satu juta klik.
  • Langkah kedua adalah Bersama untuk melihat jumlah hasil pencarian mencapai satu juta lebih.
  • Yang ketiga adalah dengan menggunakan kata kunci yang sudah dikuasai oleh situs atau blog besar pada umumnya.
  • Langkah keempat adalah melihat pagerank mana yang memiliki nilai lebih dari 5 pada website yang berbeda.
  • Hal terakhir adalah melihat otoritas domain yang lebih dari 50 untuk situs web yang menggunakan kata kunci tersebut.

Analisis Keyword

Menganalisis kata kunci terhadap mesin pencari seperti Google adalah langkah setelah Anda mengumpulkan long tail keyword. Jika Anda tidak ingin repot menganalisa kata kunci, maka Anda bisa menggunakan tools yang disediakan oleh Google. Anda bisa menggunakan tools yang bernama Google Keyword Planner.

Cara pertama melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner adalah dengan mengunjungi website terlebih dahulu. Anda harus memilih “Volume dan Tren” kemudian setelah itu Anda dapat mengunggah daftar kata kunci yang telah disimpan.

Kemudian Anda harus mengklik “Dapatkan Volume Pencarian”. Kemudian setelah itu download file dengan format CVS agar nantinya bisa diakses di MS Excel. Jika file sudah di download, maka anda bisa memilih kata kunci yang bisa sesuai dengan niche blog anda.

Manfaat Melakukan Riset Keyword

Keyword sangat penting dalam menulis, terutama bagi penulis website atau blog. Pengertian Keyword adalah rangkaian kata dalam mencari web yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tujuan dari riset kata kunci adalah untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari orang di Google tentunya sesuai dengan pemilik websitenya. Pastinya melakukan riset keyword akan sanagat bermanfaat bagi pemilik website yaitu:

Dapat Menemukan Ide Konten dengan Mudah

Ketika kita mendapatkan kata kunci yang tepat, itu bisa menjadi konten yang menarik karena sedang menjadi tren.

Dengan melakukan riset maka kita akan mengetahui apa yang sedang trend sehingga dengan sendirinya kita akan mengetahui pola yang akan menjadi trend selanjutnya. Langkah ini tentunya akan membuat semua pekerjaan lebih terstruktur dan terencana.

Menemukan Kata Kunci Populer

Dengan melakukan riset, SEO atau penulis dapat menemukan kata kunci populer. Hal ini untuk dapat membuat website atau blog mereka berada di urutan teratas halaman pencarian Google. Langkah ini juga akan mendatangkan banyak pengunjung dan mendorong iklan di website. Selain itu, hal ini juga dapat berdampak pada peningkatan penjualan.

Mengetahui Kebutuhan Pembaca

Manfaat terakhir adalah sebagai penulis website atau blog, kita bisa menjadi penulis yang bisa menjawab semua kebutuhan pembaca karena kita menulis apa yang dicari pembaca.

Kesimpulan

Anda dapat melakukan penelitian kata kunci pencarian tinggi dengan persaingan rendah melalui beberapa tools yang sudah banyak bertebaran di inetrnet. Nah mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada konten kali ini tentang cara riset keyword persaingan rendah. Jangan lupa bagikan artikel yang bermanfaat ini dan sampai jumpa lagi.

Baca Juga