fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Langkah Mudah Cara Pasang Iklan di Youtube

Dhian rama

Dewabiz – Pemasarana video semakin dipilih dan dihargai. Tidak mengherankan jika YouTube menjadi semakin populer. Mengunggah konten ke YouTube dipandang sebagai peluang bagi bisnis untuk memperluas jangkauan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan angka penjualan. Namun, itu tidak cukup untuk mengunduh konten yang sebenarnya. Untuk performa yang optimal, Kamu wajib mencoba cara pasang iklan di youtube atau Youtube Ads.

Sebagian dari layanan Google, Kamu akan menggunakan Google Ads untuk beriklan di YouTube. Namun, jika Kamu masih baru atau bahkan tidak tahu harus mulai dari mana, berikut panduan Langkah Mudah Cara Pasang Iklan di Youtube yang dapat Kamu ikuti di bawah ini.

Langkah mudah cara pasang iklan di youtube

Apa itu iklan YouTube?

Iklan YouTube adalah layanan periklanan YouTube tempat Kamu dapat mempromosikan produk atau layanan melalui platform. Iklan dapat berupa video Kamu yang diputar sebelum pengguna menonton video yang mereka klik atau muncul di hasil penelusuran YouTube.

Seperti disebutkan sebelumnya, iklan YouTube adalah bagian dari layanan periklanan Google. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa keduanya terintegrasi dengan baik. Kamu juga dapat melacak performa iklan nanti melalui Google Analytics.

Jenis iklan di YouTube

Sebelum mempelajari cara membuat kampanye iklan di YouTube, penting untuk memahami berbagai jenis iklan yang tersedia di platform, lalu tentukan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Ada 4 jenis iklan YouTube yang umum dikenal dan sering digunakan:

Iklan TrueView in-stream (iklan yang dapat dilewati)

Iklan video unik ini bisa dilewati atau skippable oleh penonton. Pengguna YouTube akan sering menjumpai jenis iklan ini, mereka akan melihat bagian awal iklan dan kemudian dapat memilih untuk melewatinya. Durasi minimum pesan ini adalah 12 detik dan durasi maksimum adalah 3 menit. Namun pada detik ke-5, tombol lompat akan muncul.

Iklan yang Tidak Dapat Dilewati

Berbeda dengan sebelumnya, iklan ini merupakan jenis viewer yang tidak bisa diabaikan. Artinya penonton akan melihat keseluruhan pesan iklan sebelum menonton video pilihan mereka.

Iklan yang tidak dapat dilewati meliputi:

  • Pre-roll Ads: Iklan muncul sebelum dimulainya video dengan durasi 15-20 detik.
  • Mid-roll Ads: Iklan muncul di tengah-tengah video atau setelah 10 menit video berdurasi 15-20 detik.
  • Iklan Bumper: Iklan yang muncul di awal, tengah, atau akhir video berdurasi maksimal 6 detik.

Jenis Iklan penemuan

Iklan muncul di laman hasil penelusuran, di beranda YouTube, dan di laman yang terkait dengan video yang sedang ditonton. Posisi iklan akan berada di paling atas atau paling menonjol dengan kata-kata iklan sehingga audiens dapat dengan mudah menemukannya.

Iklan Non-video

YouTube juga menawarkan penempatan iklan yang tidak menggunakan format video. Iklan bergambar non-video akan muncul sebagai peta, gambar, dan teks dalam video YouTube.

  • Iklan Kartu Bersponsor
  • Hamparan iklan
  • Menampilkan iklan

Cara beriklan di YouTube Ads

Sekarang setelah Kamu mengetahui jenis iklan mana yang terbaik untuk kebutuhan pemasaran Kamu, mari pelajari cara beriklan di YouTube.

Langkah 1: Unduh video dari YouTube

Sebelum mulai menjalankan promosi iklan, Kamu harus mengunggah iklan video ke chanel YouTube yang Kamu miliki. Untuk hasil terbaik, pastikan kualitas video cukup baik sesuai peraturan YouTube. Masuk ke akun YouTube Kamu dan klik ikon kamera kecil di kanan atas YouTube. Kemudian cukup klik “Unduh video”.

langkah ke-2: Buat kampanye baru di Google Ads

Setelah mengunggah video Kamu, saatnya membuka Google Ads untuk meluncurkan kampanye iklan Kamu. Jika tidak memiliki akun, Kamu dapat mendaftar terlebih dahulu.

Setelah masuk, klik “Semua kampanye”, lalu klik ikon + untuk membuat kampanye baru. Kemudian pilih tujuan iklan Kamu. Selesaikan dengan memilih opsi video dan menentukan jenis iklan YouTube sesuai kebutuhan Kamu.

Kemudian klik “Lanjutkan”.

Sasaran periklanan YouTube dapat sangat bervariasi bergantung pada kebutuhan pemasaran Kamu. Mulai dari membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, hingga membangun loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui tujuan periklanan yang tepat, Kamu dapat memperhatikan tabel berikut.

Langkah 3: Kampanye lengkapi

Langkah selanjutnya di Youtube Ads, Kamu akan diminta untuk mengatur atau menyelesaikan seluruh campaign. Beberapa hal yang perlu Kamu lakukan adalah:

  • Nama kampanye: Nama yang mendeskripsikan kampanye iklan Kamu. Untuk memfasilitasi peringatan, gunakan nama kampanye yang jelas. Apalagi jika Kamu mengelola banyak iklan.
  • Strategi penawaran: Strategi penawaran iklan Youtube.
  • CPV maksimum (biaya per tampilan): Kamu hanya membayar untuk di lihat.
  • Target CPM (biaya per mil): Harga yang Kamu bayar adalah untuk 1000 tayangan.
  • Target CPA (biaya per konversi): Biaya yang Kamu bayarkan bergantung pada pemirsa yang mengklik iklan Kamu.
  • Anggaran: Jumlah yang bersedia Kamu keluarkan untuk beriklan di YouTube.
  • Jaringan: Posisi iklan akan di tampilkan.
  • Hasil penelusuran YouTube: Hanya akan muncul di halaman pencarian YouTube.
  • Video di Youtube: Akan muncul di hasil pencarian, halaman channel, di video YouTube, dan halaman beranda.
  • Jaringan Display YouTube: Akan muncul di situs yang berafiliasi dengan YouTube dan Display Network.
  • Lokasi: Lokasi audiens target Kamu.
  • Bahasa: Bahasa iklan yang di gunakan.
  • Jenis inventaris: Jenis Konten Tambahan.

Langkah 4: Tentukan audiens target

Menentukan audiens target Kamu sangat penting agar iklan yang Kamu jalankan benar-benar mendapatkan hasil maksimal untuk menjangkau pasar yang tepat.

Menentukan demografi pemirsa

Iklan memungkinkan Kamu menentukan orang yang ingin Kamu jangkau berdasarkan preferensi seperti jenis kelamin, usia, negara asal, dan lainnya.

Tentukan minat audiens

Google Ads juga memberi Kamu banyak pilihan untuk menemukan target pasar tertentu.

Langkah 5: Pilih penempatan iklan

Kamu kemudian dapat memilih rincian lebih lanjut tentang bagaimana iklan Kamu akan di tampilkan. Perhatikan poin-poin penting berikut ini:

  • Masukkan kata kunci berdasarkan hasil pencarian
  • Pilih topik yang tepat untuk memposting iklan
  • Pilih penempatan iklan. Jika Kamu mengosongkan bagian ini, iklan Kamu akan muncul di setiap penempatan di YouTube atau Display Network yang cocok dengan pilihan penargetan Kamu yang lain.

Langkah 6: Pilih video untuk di iklankan

Langkah terakhir dalam Iklan Youtube adalah memilih video yang ingin Kamu streaming. Saat Kamu memasukkan link video, Kamu juga akan melihat ringkasan pengaturan iklan Kamu sebelumnya. Jangan lupa untuk mengisi URL tayangan, tambahkan ajakan bertindak (CTA) dan judul.

Kemudian, klik “Simpan dan Lanjutkan” dan lanjutkan “Lanjutkan Kampanye” untuk meluncurkan iklan YouTube Kamu. Itu dia cara membuat iklan Youtube.

Demilkian artikel tentang cara pasang iklan di youtube. Dan Kamu dapat membuat kampanye Iklan Youtube dengan mengikuti 6 langkah mudah sederhana di atas. Jika ingin iklan video Kamu berhasil, pastikan Kamu telah melakukan berbagai tips dan trik untuk mengoptimalkannya. Terima kasih. Selamat mencoba! 

Baca Juga