fbpx

Cara Paling Mudah Untuk Membuat Web Jadi Aplikasi Desktop

Anda berencana untuk membuat jadi desktop namun terkendala dengan keterbatasan kemampuan? Jangan menyerah, karena masih ada opsi lebih mudah dan bisa jadi pilihan ideal bagi pemula. Ya, cukup dengan beberapa langkah sederhana Anda bisa mengkonversi situs menjadi aplikasi PC.

Langkah Sederhana Membuat Web Jadi Aplikasi Desktop

Untuk membuat web jadi aplikasi desktop kali ini, Anda hanya perlu mengunakan sepasang aplikasi dan memasukkan beberapa perintah DOS. Artinya, Anda tidak perlu memiliki keahlian tingkat tinggi untuk pekerjaan ini. Proses yang perlu Anda lakukan pun juga tidak terlalu rumit. 

1. Tahap Persiapan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda akan menggunakan 2 aplikasi untuk mengubah halaman menjadi program . Kedua aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi NodeJS dan aplikasi Nativefier. Anda pun perlu menginstal keduanya ke komputer untuk digunakan dalam proses kali ini.

  1. aplikasi NodeJS dari situs resminya (://nodejs.org)
  2. Setelah file installer selesai didownload, silakan instal aplikasinya seperti menginstal aplikasi desktop lain pada umumnya  
  3. Berikutnya aplikasi kedua, Anda juga harus mengunduh kode sumber Nativefier dari (https://github.com/jiahaog/nativefier). Di halaman kode sumber tersebut, klik pada Clone or Download. Sementara untuk jenis file, silakan pilih arsip zip dan tunggu proses unduhan berjalan hingga selesai.
  4. Saat unduhan arsip kode sumber Nativefier selesai, silakan extract file ke folder yang Anda pilih. Sebagai contoh, kita akan memilih lokasi penyimpanan komputer di Drive E.

Selanjutnya, untuk menggunakan kode sumber Nativefier tersebut, maka Anda bisa menginstalnya menggunakan builder. Berikut langkah untuk menginstal Nativefier ke komputer Anda:

  1. Pada layar Windows, klik Start  
  2. Kemudian klik pada Node.js command prompt
  3. Arahkan ke folder penyimpanan kode sumber nativefier hasil ekstrak sebelumnya (dalam contoh ini, E:\nativefier-master).
  4. Berikutnya, ketikkan perintah: npm install nativefier -g
  5. Proses instalasi akan berlangsung dan tunggu hingga selesai.
Baca Juga :  Kenali Apa Itu FOMO dan Bagaimana Gejalanya

Sampai di sini, tahap persiapan sudah selesai dan Anda bisa melanjutkan ke proses konversi. 

2. Tahap Konversi

Berikutnya, Anda bisa memulai proses membuat website menjadi sebuah aplikasi komputer. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan dengan situs percobaansaja.com sebagai contoh:

  1. Buka Terminal di komputer dengan klik tombol Ctrl+Alt+T
  2. Setelah jendela terminal siap, silakkan ketik: nativefier “://percobaansaja.com”
  3. Nativefier akan membaca nama website secara otomatis dan akan mulai memproses konversi
  4. Setelah prosesnya selesai, Nativefier kemudian membuat directory berisi source dan executable. Misalnya di E:\nativefier-master\percobaansaja-win32-x64/
  5. Dengan adanya file executable (exe), Anda pun bisa klik dua kali pada file tersebut untuk menjalankan aplikasi desktop hasil konversi website percobaansaja.com

Sampai di sini, sebenarnya proses membuat aplikasi komputer dari sebuah website sudah berhasil Anda lakukan. Namun untuk lebih memudahkan akses menjalankan aplikasi yang dihasilkan, Anda bisa membuat pintasan ke Desktop atau menggunakan aplikasi Docker sesuai preferensi.

3. Tahap Pengujian

Tahap terakhir adalah memastikan bahwa aplikasi yang dihasilkan dapat bekerja. Untuk itu, Anda bisa mencoba menjalankan aplikasi yang dihasilkan tadi dengan cara klik 2 kali pada file exe. Atau juga bisa klik 2 kali pada pintasan yang sudah Anda buat.

Jika aplikasi berjalan sesuai harapan, artinya pekerjaan Anda berhasil. Kini Anda bisa mengakses website tanpa perlu membuka lagi, melakukan pencarian atau bahkan mengetikkan URL secara manual.

Kesimpulan

Itulah tahapan dan langkah membuat web jadi aplikasi desktop yang memungkinkan akses ke sebuah layanan menjadi lebih praktis. Menariknya, Anda tidak harus memiliki keahlian teknis yang tinggi untuk melakukannya. Semoga trik ini dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.