fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralcPanel

Cara Merubah Name Server di cPanel, Dengan Mudah

Rianda

Cara merubah name server di cPanel akan diperlukan bagi yang sedang melakukan konfigurasi server. Name server itu sendiri merupakan sistem yang akan memproses menerjemahkan domain menjadi alamat IP. Ini merupakan komponen penting untuk membuat situs online di browser.

Ketika melakukan konfigurasi pada website pribadi, mungkin pemilik website akan melihat istilah name server. Secara awam, istilah tersebut belum dipahami secara wajar bila dibandingkan dengan DNS atau IP. Padahal, keberadaan name server ini akan mempengaruhi website.

Apa itu Name Server?

Name server atau nameserver merupakan bagian sistem dari DNS yang dapat mengubah domain menjadi alamat IP. Bila diibaratkan, name server merupakan penerjemah yang dibutuhkan browser untuk memahami domain situs. Alamat IP yang diterjemahkan baru dapat dibaca browser komputer.

Tanpa adanya name server, maka pengguna internet akan perlu mengetahui alamat IP situs yang panjang untuk mengaksesnya. Name server diciptakan untuk membuat pengunjung perlu menggunakan tautan URL saja, sehingga lebih mudah.

Pada umumnya, setiap penyedia hosting sudah memberikan name server default untuk pelanggannya. Hanya saja, name server dapat diubah sesuai kebutuhan VPS, atau apabila pemiliknya merupakan reseller hosting. Karena itulah cara merubah name server di cPanel akan diperlukan.

Prosedur Cara Merubah Name Server di cPanel

Mengubah atau melakukan setting name server sebenarnya gampang-gampang susah. Selain cPanel, pemilik website juga akan membutuhkan WebHost Manager untuk pengaturan lanjutnya. Secara lengkap, beginilah proses tahap demi tahap yang dilakukan untuk mengubah name server di cPanel:

1. Kunjungi Zone Editor pada cPanel untuk Melakukan Konfigurasi

Pertama-pertama, name server yang saat ini terpasang pada konfigurasi perlu diketahui terlebih dahulu. Untuk itu, pemilik server dapat menggunakan fitur Zone Editor yang diakses melalui cPanel. Pada tahap ini, simak langkah-langkah berikut:

  • Mula-mula buka situs cPanel dengan menggunakan tautan namadomainanda/cpanel.
  • Pada halaman cPanel silahkan untuk melakukan login seperti biasa.
  • Sebagian penyedia hosting akan memerlukan login akun mereka dulu sebelum cPanel.
  • Pada halaman utama, pilih Zone Editor pada menu Domains. Pemilik website akan melihat berbagai konfigurasi name server.

2. Lakukan Konfigurasi DNS Records yang Diinginkan

Selanjutnya melalui Zone Editor, pemilik website dapat memilih domain atau subdomain mana yang ingin diubah. Ini merupakan tahap penting, agar saat pengaturan di WHM tidak salah. Setelah dipilih, maka pemilik website dapat mengubah berbagai DNS records seperti:

  • A record, merupakan record yang akan menghubungkan domain ke alamat IP.
  • CNAME record, merupakan record yang menyambungkan domain ke subdomain.
  • MX record, merupakan record yang berfungsi sebagai penghubung dan penerima email.
  • NS record, merupakan record yang berfungsi sebagai pengatur name server

Silahkan untuk ubah DNS records pada domain yang dipilih sesuai keinginan. Setelah perubahan selesai, maka klik tombol Save Records. Pastikan tidak ada typo saat penulisan dilakukan.

3. Lakukan Konfigurasi Name Server melalui WebHost Manager

Cara merubah name server di cPanel selanjutnya yaitu melalui WebHost Manager (WHM). Aplikasi ini masih satu paket dengan cPanel, jadi akan selalu dibutuhkan dalam pengaturan server. Maka itu, ikuti panduan berikut untuk tahap selanjutnya:

  • Mula-mula login WebHost Manager yang dapat diakses dengan tautan namadomainanda:2087.
  • Setelah login, kunjungi menu Basic Settings, lalu pilih Server Configuration.
  • Pilih name server yang ingin diubah, kemudian pilih Configure Access Records.
  • Terakhir, tuliskan alamat IPv4 yang sesuai
  • Sources: dengan A records di konfigurasi cPanel sebelumnya, lalu klik kembali Configure Access Records.

Setelah itu, silahkan hubungi registrar atau pendaftaran domain jika name server telah diubah. Proses verifikasi name server baru akan membutuhkan waktu maksimal dua hari. Pemilik website akan mendapatkan pemberitahuan apabila name server sudah terdaftar.

Demikian informasi mengenai cara merubah name server di cPanel dengan mudah. Asalkan terisi dengan benar, maka konfigurasi yang dilakukan tidak terlalu sulit. Website akan dapat dikunjungi oleh pengunjung dengan name server yang sudah kembali terdaftar.

Baca Juga