fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Menumbuhkan Pelanggan Newsletter, Tentu Ramah Seo

Wiliam

Pernahkah Anda menerima pesan di email yang berisi promosi suatu produk atau tawaran tertentu? Hal tersebut merupakan salah satu strategi promosi yang disebut sebagai Newsletter

Newsletter merupakan alat yang digunakan pebisnis untuk berbagi informasi dan harga produk yang dimiliki ke dalam jaringan pelanggan. Dengan Newsletter, Anda bisa mengirimkan tawaran produk kepada pelanggan secara langsung ke email pribadi mereka, yang mana melalui pesan tersebut, Anda bisa mengarahkan mereka ke situs web Anda. 

Newsletter masih banyak digunakan hingga saat ini. Apalagi 58% pengguna selalu mengecek email mereka tiap kali memiliki akses untuk online sehingga pemasaran produk melalui email masih menjadi cara yang relevan hingga saat ini. 

Selain hal tersebut, adanya Newsletter juga bisa membangun hubungan dengan para pelanggan Apalagi jika setiap Newsletter yang Anda kirim disertai dengan nama pelanggan. Menurut Forbes, menjaga hubungan yang baik dengan klien penting dilakukan sebagai pembeda bisnis Anda dengan bisnis kompetitor lain. 

Tak hanya itu, dengan Newsletter, Anda bisa memperkenalkan produk yang dimiliki dengan lebih detail. Pasalnya, setiap Newsletter yang Anda kirim, Anda bisa memberikan deskripsi terkait produk Anda. Yang mana, menurut Bigcommerce, komposisi terbaik saat mengirimkan Newsletter yaitu 9/10, yakni 90% informasi dan 10% berisi materi penjualan. 

Nah, jika strategi marketing Newsletter memiliki banyak manfaat, lantas bagaimana cara menumbuhkan pelanggan Newsletter tersebut? Tenang saja, artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. 

Cara Menumbuhkan Pelanggan Newsletter

Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan jumlah pelanggan Newsletter, utamanya dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) yang ramah. Berikut ini diantaranya. 

1. Gunakan Kata Kunci Yang Tepat

Cara pertama adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Dengan kata kunci tepat bisa membuat pembaca menemukan website Anda dengan topik yang mereka cari. Pemilihan kata kunci tepat ini dapat Anda lakukan dengan mencari kata kunci relevan dengan topic yang Anda pilih,  misalnya melalui Google Keyword Planner. 

2. Tentukan Judul Yang Menarik

Selanjutnya yaitu menggunakan judul menarik di setiap konten yang buat. 

3. Lakukan Giveaway atau Undian

Siapa sih yang tidak suka hadiah dan sesuatu yang gratisan? Tentu, kebanyakan orang menyukainya. Dengan sifat tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah pelanggan Newsletter

Anda bisa mengadakan giveaway di media sosial atau situs web dengan memberikan syarat berlangganan Newsletter dan meng-tag beberapa orang teman. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang dapat Anda prospek di masa yang akan datang. 

4. Optimalkan Tautan Pada Konten Yang Dibuat

Menautkan halaman pendaftaran pada konten yang dibuat artinya saat pelanggan mengklik tautan tersebut maka secara otomatis akan diarahkan ke halaman pendaftaran dengan tujuan agar mereka memasukkan informasi pribadi seperti nama dan email pada formulir pendaftaran. 

5. Promosikan Newsletter Di Sosial Media

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan sosial media. Sebagaimana yang diketahui bahwa saat ini, hampir semua orang sudah memiliki media sosial, sehingga bisnis apapun juga harus bisa mengikuti perkembangan tersebut, salah satunya dengan membuat akun media sosial dan mempromosikan produknya di sana. 

Di media sosial, Anda akan lebih mudah menautkan tautan pendaftaran Newsletter baik di profil, postingan, maupun story. Anda bisa memaksimalkan setiap fitur yang ada di masing-masing media sosial untuk menumbuhkan jumlah pelanggan Newsletter Anda. 

6. Manfaatkan fitur Pop Up keluar

Exit pop up atau pop up keluar adalah sebuah fitur yang memunculkan jendela otomatis saat pengunjung website hendak meninggalkan situs yang dikunjungi. Situs ini biasanya digunakan pebisnis untuk mendorong pengunjung menyelesaikan tindakan di situs tersebut, salah satunya berisi formulir berlangganan. 

Umumnya, seseorang yang mengunjungi situs tertentu tidak akan langsung berlangganan dan akan membaca informasi terlebih dahulu. Namun, tak jarang, saat sudah membaca informasi, mereka langsung keluar dari halaman website tersebut. dengan adanya fitur pop up exit bisa menari pengunjung untuk berlangganan sebelum meninggalkan situs. 

7. Berikan pilihan langganan kepada pelanggan

Selanjutnya untuk menumbuhkan jumlah pelanggan Newsletter adalah dengan memberikan mereka opsi kapan dan berapa banyak email yang ingin mereka terima. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan jumlah pelanggan dan agar mereka tidak berhenti berlangganan. 

Rata-rata setiap hari orang menerima sebanyak 121 email, jumlah yang tidak sedikit dan bisa membuat pelanggan kewalahan. Untuk mengurangi jumlah kotak masuk tersebut, tak jarang yang memilih untuk berhenti berlangganan pada situs tertentu. 

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memberikan pilihan kepada mereka yang ingin berlangganan, misalnya harian, mingguan atau bulanan. Bukankah lebih baik mereka menerima beberapa Newsletter tetapi membuka nya daripada menerima semua Newsletter namun tak membacanya satupun. 

8. Tawarkan Insentif

dan cara terakhir namun juga sangat efektif dilakukan adalah menawarkan insentif atau memberi imbalan sebagai hadiah karena telah memberikan alamat email mereka. Hal ini tak lepas dari kehati-hatian pelanggan menjaga data pribadi mereka, dengan memberikan insentif yang sesuai, pelanggan kemungkinan akan memberikan informasi yang Anda butuhkan. 

Insentif yang Anda tawarkan pun bisa beragam, misalnya memberikan bebas ongkos kirim, persentase diskon kepada pelanggan baru, memberikan whitepapers atau ebook, dan lainnya sesuai dengan kreatifitas Anda. 

Itulah beberapa cara menumbuhkan jumlah pelanggan Newsletter yang dapat Anda lakukan. Semakin banyak pelanggan yang Anda dapatkan, akan semakin cepat pula perkembangan bisnis Anda. 

Baca Juga