fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Menonaktifkan Themes dan Plugin Editor WordPress

Yodik Prastya

Cara menonaktifkan themes dan plugin editor WordPress adalah hal yang perlu diketahui oleh pengelola website yang ingin lebih memastikan keamanan dan menekan kesalahan saat edit kode. Ya, editor ini seharusnya memberikan manfaat dalam menyesuaikan tema dan plugin.

Namun jika dibanding dengan risikonya, belakangan makin banyak pemilik website yang memilih disable atau tidak menampilkannya.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Themes dan Plugin Editor WordPress?

Cara menonaktifkan themes dan plugin editor WordPress bisa Anda lakukan dalam 2 pilihan cara. Ya, Anda yang memiliki keahlian coding, bisa menggunakan baris kode PHP untuk menonaktifkan editor. Jika tidak, Anda bisa memanfaatkan bantuan plugin rekomendasi. 

Namun sebelum membahas kedua cara di atas, tak ada salahnya kita sedikit membahas tentang fitur editor file tema dan plugin ini. Fitur yang merupakan bawaan WordPress ini ditujukan untuk memudahkan para pengguna untuk mendapatkan tema maupun plugin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Semua itu, bisa dilakukan langsung dari dashboard WordPress.

Di lain sisi, fitur yang bisa Anda akses dari Appearance – Editor and Plugins – Editor ini juga bisa menjadi biang masalah karena menjadi celah keamanan lain yang bisa saja disusupi.

Ancaman paling berbahaya adalah jika peretas berhasil masuk ke cPanel, maka mereka dengan mudah menambahkan kode berbahaya ke website WordPress Anda. Masalah menjadi semakin rumit, apabila Anda tidak mampu mengenali kode-kode berbahaya tersebut.

Cara Nonaktifkan Editor Melalui Baris Kode

Opsi pertama ini mungkin akan  lebih ideal bagi Anda yang memiliki pengetahuan tentang penggunaan baris kode, bahasa pemrograman PHP. Berikut langkahnya:

  1. Silakan buka cPanel kemudian buka File Manager, atau melalui FTP  dan masuk ke root website Anda di-host.  
  2. Buka lalu edit file wp-config.php yang ada di public_html, masukkan baris kode:

define (‘DISALLOW_FILE_EDIT’, true);

  • Setelah itu, klik Save untuk menyimpan perubahan

Untuk memastikan hasilnya, silakan login ke Dashboard lalu lihat di menu Theme dan Plugins. Jika berhasil, maka Anda akan melihat perbedaan dengan hilangnya submenu untuk akses editor. Nah, apabila Anda ingin mengembalikan akses ke fitur tersebut, cukup hapus kode tadi dari file wp-config.php.

Cara Nonaktifkan Editor Melalui Plugin

Pilihan lain yang bisa dibilang lebih praktis adalah menggunakan bantuan plugin. Ada beberapa pilihan plugin yang bisa Anda pertimbangkan untuk menonaktifkan editor tema dan plugin WordPress. Berikut ini rekomendasinya:

Disable File Editor

Sesuai namanya, plugin ini digunakan untuk mematikan tool editing termasuk halnya editor Plugins Editor maupun Theme Editor. Dengan begitu, fitur editor ini tidak akan ditampilkan lagi di panel admin WordPress website Anda. Caranya:

  1. Dari Dashboard WordPress, pilih Plugins lalu Add New
  2. Cari plugin dengan mengetikkan kata kunci disable file editor pada kolom pencarian
  3. Apabila Anda sudah menemukan plugin yang dimaksud, silakan klik Install Now
  4. Setelah terinstal, jangan lupa untuk Activate plugin tersebut
  5. Segera setelah plugin tersebut aktif, maka otomatis tool Plugins Editor dan Theme Editor pun dinonaktifkan

Selain plugin Disable File Editor yang memiliki fungsi spesifik, Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan plugin keamanan yang juga menawarkan fungsi ini. Salah satunya adalah iThemes Security yang mungkin sudah Anda pergunakan saat ini. Silakan masuk ke Setting plugin kemudian pilih  WordPress Tweaks dan berikan centang pada Disable Theme Editor sebelum klik Save.

Kesimpulan

Anda yang ingin mencoba cara menonaktifkan themes dan plugin editor WordPress di atas, tidak perlu khawatir kesulitan untuk kustomisasi theme dan plugin. ya, Anda bisa edit melalui File Manager yang ada di cPanel. Atau Anda juga bisa menggunakan FTP sesuai preferensi.

Baca Juga