Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

Anda lagi cari cara mengubah nameserver domain di DewaBiz? Yes, Anda akan menemukannya dalam artikel ini! Domain dan server merupakan dua hal yang berbeda. Agar keduanya bisa sinkron, maka Anda mesti menghubungkannya lewat nameserver. Apa sih nameserver itu? Nameserver merupakan fitur yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu.

Dengan adanya nameserver, URL domain bisa terhubung dengan IP address dari server. Analoginya sederhana, Anda sudah memesan rumah dengan alamat ‘Jalan A Gang Mawar’. Tentu Anda mesti menemukan rumah dengan alamat ‘Jalan A Gang Mawar’, bukan ‘Jalan B Gang Kamboja’.

 

Sudah Beli Domain di DewaBiz? Begini Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz!

Jika Anda mengetikan URL di browser, misalnya ‘dewabiz.com’, maka agar bisa diakses, domain tersebut mesti terarah ke server yang tepat. Server tersebut tentunya merupakan tempat yang berisikan database dari website. Anda bisa saja langsung mengakses website tanpa bantuan nama domain, yaitu dengan IP address. Namun bayangkan saja, betapa ribetnya hal itu karena Anda harus menghapal sekumpulan angka, misalnya 154.83.239.118.

Baca juga: Apa Itu Domain? Berikut Penjelasannya!

Nah agar lebih human-friendly maka digunakanlah sistem ‘domain-nameserver-server’. Jadi jika beli domain murah di DewaBiz, maka Anda mesti langsung mengarahkannya ke server yang Anda inginkan. Nah untuk menghubungkannya dibutuhkanlah nameserver. Format default dari nameserver biasanya ns1.nameserver.com / ns2.nameserver.com. Nah Bizzie, sudah tak sabar untuk mengecek cara mengubah nameserver domain di DewaBiz? Oke langsung cek di bawah ini ya!

  • Pertama, Anda mesti login ke member area di DewaBiz.

Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

  • Lalu temukan menu domain, lalu klik domain milik Anda.

Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

  • Langkah selanjutnya yaitu pilih opsi Kelola Nameserver.

Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

  • Jika Anda ingin mengarahkan domain ke server hosting DewaBiz, maka gunakan nameserver default/bawaan.

Cara Mengubah Nameserver Domain di DewaBiz

  • Jika Anda ingin mengarahkan domain ke server luar, maka gunakan Kostum nameserver. Setelah Anda mengubah nameserver, tinggal klik Ganti Nameservers.

  • Perlu dicatat, setelah Anda mengganti nameserver, maka tunggu propagasi (periode waktu yang dibutuhkan domain tersambung dengan hosting) hingga 1×24 jam.

 

Nah itulah cara mengubah nameserver di DewaBiz, bagaimana mudah bukan? Perlu dicatat bahwa Anda memasukan DNS yang tepat di nameserver. Karena jika tidak, maka yang terjadi yaitu error alias domain tidak bisa diakses. Jika Anda lupa atau tidak tahu nameserver yang digunakan, maka Anda bisa mengeceknya lewat Whois.com. Anda tinggal memasukan nama domain, dan Anda ‘pun bisa menemukan nameserver dari domain Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bizzie. Jika Anda kesulitan dalam mengubah nameserver, Anda bisa menghubungi layanan IT support dari DewaBiz.

Related Posts