Cara Mengkompres File Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Cara Mengkompres File Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Hi Bizzie, sedang mencari cara mengkompres file untuk meningkatkan kecepatan website? Merasa kecepatan website lambat ketika memasukan gambar atau mengirim lampiran pada email? Hal tersebut memang seringkali terjadi karena ukuran file yang terlalu besar.

Untuk mengatasi hal ini Anda perlu melakukan kompres pada file tersebut. Salah satu metode terbaik untuk mengurangi ukuran file atau folder adalah dengan menggunakan program kompresi seperti WinRAR. Aplikasi tersebut juga akan memungkinkan dalam menekan ukuran file yang Anda inginkan menjadi sekecil mungkin namun tetap menjaga originalitas sehingga fungsinya tidak akan berubah.

 

Cara Mengkompres File Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website sangat penting untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Terlebih bagi Anda  yang memaksimalkan website untuk berbisnis, tentu saja dengan tidak stabilnya kecepatan website akan sangat mengganggu. Untungnya masalah tersebut bisa diatasi dengan  teknik khusus menggunakan software. Kebanyakan orang tentunya memilih mengkompres file dengan menggunakan WinRAR karena lebih mudah. 

Baca juga: Inilah 4 Kesalahan Saat Membuat Website

Mengkompres file atau file compression adalah sebuah proses dimana file Anda dapat dijadikan satu paket atau dapat juga dikecilkan ukurannya untuk mengurangi ukuran file yang sebenarnya. Beberapa software kompres  juga akan memperbolehkan Anda dalam mengambil beberapa file kemudian menjadikan satu dalam sebuah file dimana ukuran file gabungan tersebut akan lebih kecil jika dibandingkan dengan file aslinya.

File compression juga bisa Anda gunakan untuk mendeskripsikan beberapa proses dimana Anda dapat menjadikan beberapa file menjadi satu file dalam format ZIP atau dapat juga dalam bentuk RAR. Hal tersebut bertujuan agar menjadi lebih praktis jika akan dibagikan ke orang lain dan tentu saja tidak terlalu besar sehingga tidak mengganggu kinerja website.

 

Bagaimana Cara Mengkompres File Untuk Meningkatkan Kecepatan Website?

Agar kinerja website Anda lebih maksimal, maka Anda perlu mengubah ukuran file yang terlalu besar karena ini juga menjadi salah satu penyebabnya. Nah berikut ini DewaBiz akan share cara mengkompres file untuk meningkatkan kecepatan website dengan menggunakan WinRAR!

  • Cari folder yang akan dikompres, kemudian klik kanan, lalu pilih Add To Archive.

  • Kemudian centang pada bagian Create solid archive, Archive format diubah menjadi RAR, Compression method diubah menjadi Best. Untuk Dictionary size sebaiknya memilih 1-2 tingkat lebih rendah dari angka tertinggi agar proses kompresi menjadi lebih cepat. Setelah itu klik OK.

  • Tunggulah proses kompresi hingga selesai. Biasanya ini akan memakan waktu yang jauh lebih lama dari biasanya. Semua tergantung pada ukuran file atau folder asli, jenis file, dan performa perangkat.
  • Akan tetapi jika terlalu lama, maka Anda bisa klik Cancel kemudian ulangi lagi langkah-langkah di atas namun pilih Dictionary size yang lebih kecil dari sebelumnya agar lebih ringan dan waktunya juga lebih cepat.
  • Jika berhasil dan jendela WinRAR akan menutup, maka Anda bisa melihat file arsip baru yang lebih kecil. Kompress file akhirnya berhasil. Di sini Anda bisa langsung melihat ukuran yang lebih kecil dari ukuran aslinya. Dengan ukuran file yang lebih kecil tentunya akan membuat website menjadi lebih cepat.

Apa Saja Manfaat Mengkompress File?

Sekilas memang soal ukuran file ini seperti tidak memberikan dampak apapun. Namun jika dibiarkan terlalu lama akan merugikan website yang Anda kelola. Selain itu, mengkompress file juga memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat mengkompres file yang harus Anda tahu!

  • Mengecilkan File Lampiran Email

Penyedia layanan email biasanya membatasi total ukuran file yang dapat diunggah sebagai lampiran. Sebagai contoh lihat saja di Gmail. Anda hanya diperbolehkan melampiran file dengan ukuran tertentu. Namun dengan mengkompres file terlebih dahulu, semua tidak akan menjadi masalah.

  • Dapat Mengirim Beberapa File Sekaligus

Untuk memudahkan penerima email, Anda dapat mengkompres beberapa file sekaligus dan menyatukannya dalam satu compressed folder dengan fitur kompresi yang ada di komputer Anda. Dengan demikian, penerima email dapat mengunduh semua file yang Anda kirim dalam satu klik. Hal ini tentunya lebih praktis, bukan?

  • Menambah Kapasitas Penyimpanan

Pada layanan hosting yang dipilih biasanya menyediakan kapasitas yang terbatas. Untuk mengantisipasi hal ini Anda bisa mengkompres file terlebih dahulu agar ukurannya tidak terlalu besar dan dapat menghemat tempat penyimpanan.

  • Optimasi Gambar Untuk Blog

Banyaknya file gambar akan memperlambat loading blog Anda. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan tidak mengurangi banyaknya gambar blog melainkan dengan cara mengkompres file. Hal ini karena penggunaan konten visual dalam sebuah artikel blog dapat meningkatkan jumlah pembaca hingga 94%. Dengan begitu, solusinya adalah mengkompres file.

 

Nah Bizzie, demikianlah artikel mengenai cara mengkompres file untuk meningkatkan kecepatan website. Tak dipungkiri bahwa sekarang ini kecepatan website juga sangat penting dan akan sangat berpengaruh terhadap SEO.

 

Related Posts