fbpx

Cara Menggunakan VPS Hosting untuk Pemula

Untuk memfasilitasi perkembangan website yang semakin bagus, Anda perlu mengubah dari shared hosting ke Hosting. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan VPS?

Shared hosting memamg memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Artinya, jika Anda membutuhkan space lebih, Anda harus beralih ke VPS hosting

Sebelum benar-benar memutuskan untuk beralih ke VPS hosting, Anda perlu mencari tahu dulu kelebihan dan kekurangan dari server penyimpanan tersebut. Seperti namanya, VPS adalah virtual private server. Berbeda dengan shared hosting, VPS dikelola sendiri sebagai server pribadi.

Bingung bagaimana cara menggunakan VPS untuk hosting? Ada penjelasan paling mudah yang bisa diikuti oleh semua orang, termasuk pemula. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Menggunakan VPS

cara menggunakan vps

Langkah paling mudah untuk mengelola VPS adalah dengan menggunakan pihak ketiga. Ada dua aplikasi yang paling recommended untuk Anda, yakni FileZilla dan Putty. Cara setup VPS menggunakan dua aplikasi tersebut sangat mudah. Berikut informasi lengkapnya.  

1. FileZilla

Aplikasi pertama yang recommended adalah FileZilla. Aplikasi ini merupakan aplikasi FTP client terbaik yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer atau file, baik dari ke website atau sebaliknya. Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. lengkapnya ada di sini.

Baca Juga :  Tips Memilih Hosting yang Baik untuk Website Anda

2. PuTTY

Untuk Anda yang masih asing dengan aplikasi pihak ketiga ini, PuTTY adalah aplikasi open source yang berfungsi untuk remote acces ke server. Melakukan konfigurasi menggunakan PUTTY sangat mudah daripada datang langsung ke . PuTTY memanfaatkan command text untuk menjalankan perintah tertentu.

Cara Menggunakan VPS Melalui FileZilla

Untuk bisa menggunakan FileZilla, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Pastikan Anda juga telah memiliki VPS dengan SSH ID. Setelah itu, lakukan beberapa step berikut ini.

1. Buka Aplikasi FileZilla → File → Site Manager

Cara Menggunakan VPS Melalui FileZilla

Setelah aplikasi berhasil ter-install, buka FileZilla. Setelah itu, klik “File” dan pilih “Site Manager”.

2. Klik New Site → Connect

Pada tab “General”, bagian protocol, Anda bisa mengubah pengaturan FTP menjadi SFTP sesuai dengan file VPS yang Anda punya. Isi bagian “Host” dengan SSH IP dan Port dengan SSH Port.

Selanjutnya, pada bagian “User”, silakan isikan dengan SSH Username, dan Password-nya silakan isikan dengan SSH Password. Lalu klik “Connect”.

3. Anda Telah Terhubung dengan Server

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda pun sudah terhubung dengan VPS Server. Anda tinggal mengelola server penyimpanan baru tersebut untuk mengoptimalkan Anda. Anda bisa menambahkan, menghapus, dan mengedit file.

Cara Menggunakan VPS melalui Aplikasi PuTTY

Aplikasi ini dipakai untuk mengelola, mengatur, serta mengirimkan perintah ke server VPS Anda. Sebelum itu, Pastikan Anda sudah memiliki SSH ID. Lalu, Anda harus menghubungkan aplikasi tersebut dengan alamat VPS Anda. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi

Setelah aplikasi ter-install dengan baik, selanjutnya buka aplikasi PuTTY.

2. Isi Hostname (IP Address) dan Port

Cara Menggunakan VPS dengan Aplikasi PuTTY

Pada halaman pertama setelah Anda membuka halaman tersebut, akan ada Hostname dan Port yang harus Anda isi. Anda bisa mengisinya dengan SSH IP dan SSH Port. Setelah itu, pastikan Anda memilih SSH di bagian “Connection Type”. Klik “Open”.

Baca Juga :  Cara Cepat Approve Google Adsense Paling Mudah!

3. Login dengan Akun SSH

Pada bagian awal, Anda bisa login dengan menggunakan SSH username dan SSH Password. Ketika Anda mengetikkan SSH password, password tidak akan muncul. Anda hanya perlu menekan Enter. Anda pun sudah terhubung ke server FPS.

4. Kelola Server Anda

Setelah terhubung, Anda bisa mengelola server Anda. Perintah hanya bisa menggunakan command text. Jika Anda bingung, ketikkan saja perintah “Help”. Nanti akan muncul beberapa command text bantuan.

Setelah membaca cara di atas tidak terlalu sulit bukan untuk menggunakan VPS? Anda bisa menggunakan dua aplikasi pihak yang telah dibahas. Jangan lupa untuk mendapatkan di Dewabiz.com, ya. Semoga informasi cara menggunakan VPS ini bermanfaat!