fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduanPengetahuanWebsiteWordpressWordpress

Cara Menggunakan Inspect Element Dengan Mudah

Yanti puspita

Inspect Element adalah sebuah fitur yang sangat berguna. Setelah mengetahui cara menggunakan Inspect Element di browser, Anda dapat mengedit antarmuka pengguna situs web, termasuk file HTML, CSS, JavaScript, dan gambar terkait.

Tak hanya itu, pastinya Inspect Element punya banyak fungsi lainnya seperti menguji skrip, memperbaiki kesalahan, dan menemukan metadata di halaman situs.

Saat Anda menemukan sebuah halaman website yang menarik, Anda dapat mencoba meniru tampilannya dengan menggunakan Inspect Element yang disediakan oleh browser.

Pengenalan tentang Inspect Element

Inspect Element merupakan senjata rahasia yang digunakan oleh para profesional di bidang web, baik itu pembuat (developer) maupun desainer website.

Mereka seringkali menggunakan fitur ini untuk memperbaiki bug, menyesuaikan antarmuka website yang telah dibangun, dan bahkan untuk mengintip ke dalam rahasia website pesaing.

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melihat script HTML dan CSS yang membentuk halaman web tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat bereksperimen dengan mengubah konten website secara sementara, seperti mengganti warna latar belakang, jenis font, atau tata letak (layout) dengan menggunakan Inspect Element.

Jika Anda ingin mengembalikan tampilan ke keadaan semula, Anda hanya perlu me-refresh halaman website-nya dan semuanya akan kembali seperti sediakala.

Manfaat Inspect Element

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Inspect Element:

Mengelola Tampilan Website dan CSS

Saat ingin melakukan penyesuaian pada tampilan (UI) dari website yang di lakukan pada CSS, Anda dapat menggunakannya dengan inspect.

Tentu saja menggunakan Inspect Element pada browser, perubahan yang Anda lakukan akan di eksekusi secara langsung dan tampilannya akan di sesuaikan dengan kode yang Anda ubah.

Tentu saja memudahkan Anda dalam menggunakan cara ini yakni  autocompletion, filter, color picker, dan visual model box.

Dengan tampilan yang di tampilkan bersifat sementara dan akan kembali ke tampilan asli saat Anda me-refresh browser-nya. Jadi, setelah menemukan kode CSS yang tepat, Anda dapat menyalin kode tersebut ke dalam script CSS website Anda.

Uji Tampilan Responsif

Inspect Element juga dapat di gunakan untuk menguji tampilan website Anda pada versi mobile atau tablet. Jika ada tampilan yang tidak memuaskan, Anda dapat menyesuaikan kode CSS-nya hingga mendapatkan tampilan yang di inginkan.

Mengukur Kecepatan Website

Melalui tab Network, Anda dapat mengetahui berapa lama halaman website di buka oleh browser. Ukuran file yang di unduh oleh browser akan mempengaruhi lamanya waktu untuk membuka halaman web. Melalui tab Network ini, Anda juga dapat mengetahui kecepatan akses halaman web tersebut.

Debugging JavaScript

Anda dapat memantau adanya error pada kode JavaScript dengan menggunakan Inspect Element. Melalui tab “Console”, Anda dapat mengetahui lokasi error dan melakukan perbaikan dengan cepat. Tanpa menggunakan alat ini, saat terjadi error pada kode JavaScript, biasanya tampilan browser hanya akan menampilkan halaman kosong saja.

Audit Web

Di Google Chrome, terdapat fitur “Audit” yang dapat Anda temukan di tab Inspect Element. Dengan meng-audit situs web, juga bisa untuk mengetahui resource apa yang berguna dan tidak berguna oleh setiap situs. Adanya fitur ini, Anda dapat melakukan optimasi kinerja website.

Mengukur Performa Memori dan CPU

Anda juga dapat mengukur performa memori dan CPU halaman website ketika di buka melalui menu “Timeline” jika Anda menggunakan Google Chrome, atau melalui menu “Performance” jika Anda menggunakan Mozilla Firefox.

Cara Menggunakan Inspect Element

  • Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan Inspect Element:
  • Buka browser Google Chrome atau browser lainnya, kemudian ketikkan alamat website yang ingin Anda periksa.
  • Klik kanan pada halaman web tersebut, lalu pilih opsi “Inspect” atau “Inspect Element”.
  • Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Control + Shift + C untuk pengguna Windows, atau Command + Option + C untuk pengguna Mac.
  • Setelah Inspect Element terbuka, Anda akan melihat tab dan kotak elemen yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat mengubah tampilan kotak editor Inspect Element, seperti memindahkannya ke bagian kanan, kiri, bawah, atau membukanya dalam jendela terpisah, dengan mengklik tanda tiga titik pada menu Inspect.

Dengan memahami cara menggunakan Inspect Element dengan baik, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan tampilan, melakukan debug, dan memperbaiki masalah pada halaman web Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Inspect Element untuk belajar dan memperluas pengetahuan Anda dalam pengembangan web.

10 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Inspect Elemen

1. Memahami Dasar-dasar dan Fungsinya

Inspect Element adalah fitur yang di sediakan oleh browser web yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa dan memodifikasi kode HTML, CSS, dan JavaScript dari halaman web.

2. Cara Mengakses Inspect Element di Berbagai Browser Web

Dalam topik ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk mengakses Inspect Element di beberapa browser web populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

Informasi ini akan membantu pembaca dalam memulai penggunaan Inspect Element sesuai dengan preferensi mereka.

3. Memahami Struktur dan Hierarki Kode dalam Inspect Element

Dalam Inspect Element, kode HTML, CSS, dan JavaScript dari sebuah halaman web di organisir dalam struktur hierarki.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan struktur dan hierarki ini, serta cara membaca dan memahaminya. Hal ini akan membantu pembaca dalam mengidentifikasi dan memodifikasi elemen yang di inginkan.

4. Mengubah Tampilan dan Properti dengan Inspect Element

Inspect Element tidak hanya memungkinkan pengguna untuk melihat kode halaman web, tetapi juga untuk mengubah tampilan dan properti elemen. Pengguna dapat mengubah warna, ukuran, posisi, dan properti lainnya dengan Inspect Element.

5. Menganalisis Kode JavaScript dan Menjalankannya di Inspect Element

Melakukan analisis menggunakan JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sering di gunakan dalam pengembangan web/situs. Dalam Inspect Element, kita dapat menganalisis dan menjalankan kode JavaScript dari halaman web.

6. Melacak Permintaan Jaringan dengan Inspect Element

Inspect Element juga menyediakan fitur untuk melacak permintaan jaringan yang di lakukan oleh halaman web. Cara menggunakan Inspect Element untuk melihat permintaan HTTP, mengidentifikasi masalah jaringan, dan menganalisis waktu respons.

7. Membuat Perubahan Sementara dengan Inspect Element

Inspect Element memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan sementara pada halaman web tanpa mempengaruhi kode aslinya. Perubahan sementara, seperti mengubah teks atau mengganti gambar, menggunakan Inspect Element.

8. Menemukan dan Memperbaiki Bug dengan Inspect Element

Inspect Element dapat menjadi alat yang berguna dalam menemukan dan memperbaiki bug pada halaman web. Inspect Element bisa juga untuk memeriksa kode, melacak masalah, dan mengidentifikasi bug yang mungkin terjadi.

9. Menyembunyikan atau Menonaktifkan Elemen dengan Inspect Element

Inspect Element juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan atau menonaktifkan elemen pada halaman web.

10. Menggunakan Inspect Element untuk Pengembangan dan Pembelajaran

Selain berguna untuk memeriksa dan memodifikasi halaman web, Inspect Element juga dapat di gunakan sebagai alat pembelajaran dan pengembangan.

Kesimpulan

Dengan memahami Inspect Element dan cara menggunakannya dengan efektif, pengguna dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas tampilan dan perilaku halaman web.

Baik sebagai pengembang web yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kode atau sebagai pengguna yang ingin membuat perubahan sementara, Inspect Element adalah alat yang berguna untuk dimiliki.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang jelas tentang Inspect Element dan memotivasi pembaca untuk menggali lebih dalam tentang fitur yang kuat ini.

Baca Juga

1 thought on “Cara Menggunakan Inspect Element Dengan Mudah”

Comments are closed.