fbpx

Cara Mengecek Ketersediaan Domain di Dewabiz

Cara mengecek ketersediaan dapat Anda lakukan dengan memantau  langsung ke penyedia domain. 

Salah satu penyedia domain yang menawarkan berbagai menarik adalah Dewabiz. Harga domain yang tersedia di sini pun cukup terjangkau.

Artikel ini akan menjelaskan cara untuk mengecek dan membeli domain di Dewabiz. Simak penjelasannya.

Apa Itu Domain?

apa itu domain

Domain adalah pengganti dari kombinasi angka alamat IP (Internet Provider) yang akan mengantarkan ke website yang Anda tuju.

Pengguna domain yang semakin bertambah membuat kombinasi angka pada alamat IP semakin menyulitkan penggunanya untuk menghafal alamat IP mereka sendiri.

Alhasil muncullah domain dalam bentuk nama dan ekstensi yang mengikutinya. Ekstensi dan nama tersebut yang akan Anda pilih ketika membeli domain di situs penyedia.

Nama domain yang Anda pilih umumnya berupa nama pribadi atau Anda, apa pun yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sedangkan untuk pemilihan ekstensi terbagi berdasarkan beberapa pertimbangan. 

Anda dapat memilih berdasarkan kode negara (ccTLD), tujuan website (gTLD), latar belakang organisasi (sTLD) atau kombinasi dari ketiganya.

Di Dewabiz, Anda akan mendapatkan berbagai pilihan ekstensi domain. Ekstensi yang tersedia yakni , .com, .net, .my.id, .xyz, dan .co.id. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga yang paling tinggi adalah Rp270.000. 

Namun tidak semua ekstensi tersedia untuk nama domain Anda sehingga Anda perlu mengecek terlebih dahulu ketersediaannya di situs resmi Dewabiz.com.

Cara Mengecek Ketersediaan Domain

Cara mengecek ketersediaan domain

Seperti penjelasan di atas, tidak semua domain tersedia sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini adalah cara mengecek ketersediaan domain dan cara cek nama domain di situs Dewabiz:

  1. Buka situs resmi Dewabiz.com. Di halaman utama, Anda akan langsung menemukan bagian untuk mengecek ketersediaan domain.
  2. Di kolom search “cari domain”, Anda dapat memasukkan nama domain yang ingin Anda buat baik berupa nama pribadi maupun nama merek bisnis Anda.
  3. Ketika sudah selesai menuliskan nama domain yang ingin Anda buat, Dewabiz akan memberikan rekomendasi ketersediaan domain di situsnya. Contoh tampilannya berikut ini:
cek nama domain
  1. Jika nama domain yang kita ajukan “Already Taken” maka sebaiknya Anda mencari alternatif lain atau memilih domain yang masih tersedia pada pilihan berwarna hijau. 
Baca Juga :  7 Fungsi VPS untuk Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Website

Catatan: Pilihan “whois domain” akan mengarahkan Anda pada pengguna domain yang telah memesan dan memakai nama tersebut sebelumnya.

  1. Klik “Order Now” untuk melakukan pemesanan jika pilihan yang tersedia cocok untuk Anda.

Sekarang Anda dapat melanjutkan untuk proses pembelian nama domain di situs Dewabiz.com.

Cara Membeli Domain

Setelah mengecek ketersediaan domain, sekarang Anda dapat melanjutkan ke proses cara membeli domain di Dewabiz. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Setelah mengetahui domain yang Anda pilih, Anda akan masuk ke halaman “Tinjau & Checkout”. 
  2. Pada halaman tersebut, Dewabiz akan memberikan pilihan tentang penambahan Management dan forwarding (gratis selama 1 tahun).  Anda juga perlu memasukkan beberapa nameserver alternatif untuk domain Anda. Jika ada yang ingin Anda tambahkan, klik “Checkout”. Kemudian, klik “Lanjutkan”. 

Dewabiz akan menampilkan ringkasan pesanan yang telah Anda pilih di halaman sebelumnya. Jika ada kode , masukkan pada bagian “Validate Code”.

Isikan formulir diri jika Anda pembeli baru di Dewabiz. Untuk lama, klik pada bagian Existing Customer Login.

Lanjut dengan memilih metode pembayaran, apakah dengan transfer, m-banking, atau e-wallet. Ceklist di bagian “I have read and agree to the Terms of Service”.

Terakhir Anda akan mendapatkan halaman “Invoice order” dan segera lakukan pembayaran sesuai arahan di halaman tersebut.

Cara membeli domain

Itulah penjelasan mengenai cara mengecek ketersediaan domain di Dewabiz untuk mengecek nama domain yang Anda inginkan.