fbpx

Jangan Bingung, Seperti Ini Cara Mengatasi Page 404 Yang Benar

Anda yang mengelola sebuah , pastinya tak ingin berurusan dengan page 404 yang membuat pengalaman pengguna jadi berkurang. Namun sayangnya, yang bisa Anda lakukan hanya menekan peluang pengunjung berjumpa dengan halaman ini saat pertama kali klik ke website Anda. Lalu bagaimana cara menemukan dan mengatasi page 404 ini?

Apa yang Bisa Anda Lakukan untuk Menemukan dan Mengatasi Page 404?

Harus diakui bahwa masalah halaman tidak tersedia ini seakan tak terhindarkan bagi sebagian besar website. Namun demikian, bukan berarti Anda harus pasrah begitu saja menunggu laporan pengunjung kemudian mencoba mengatasi page 404 tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menekan peluang terjadinya masalah yang membuat pengunjung tidak nyaman. Perlu dipahami lebih detail tentang cara mengatasi page 404 di bawah ini.

1. Cari Adanya Link Rusak di Website Anda

Upaya pencegahan menjadi langkah penting dalam menekan masalah ini. Seperti yang diketahui bahwa link rusak inilah yang kemudian menjadi penyebab munculnya peringatan halaman tidak tersedia pada sebuah website. Dan untuk itu, Anda bisa memanfaatkan tool gratis yang dibuat khusus untuk mencari link pemicu page 404 ini, antara lain:

  • Menggunakan tool pemeriksa link rusak; ada banyak situs menawarkan tool gratis seperti Broken Link Check, Ahrefs Broken Link Checker dan Dead Link Checker. Yang Anda lakukan hanyalah menaruh website Anda lalu tunggu hasilnya
  • Menggunakan Broken Link Checker ; meskipun bisa beresiko terhadap kinerja website Anda, plugin ini memungkinkan pemantauan terhadap link ke website Anda, mencari mana yang rusak dan memudahkan Anda untuk mengedit atau melakukan unlink
  • Menggunakan Spider; tool ini dapat digunakan untuk menganalisa berbagai masalah pada website Anda, termasuk link yang rusak. Anda bisa menggunakan tool ini secara gratis jika jumlah halaman website tak lebih dari 500 halaman. 
Baca Juga :  Panduan Membuat Plugin WordPress Kustom dengan Sederhana

2. Segera Perbaiki Link Rusak Tersebut

Setelah Anda menemukan link yang rusak, saatnya untuk melakukan perbaikan. Bisa dikatakan ini menjadi bagian tersulitnya dan bisa memakan cukup banyak waktu untuk benar-benar menyelesaikannya. Jadi pastikan Anda mengalokasikan sumberdaya yang cukup sebelum memulainya.

Beberapa rekomendasi di atas memang memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan sekaligus. Namun ada kalanya Anda menginginkan solusi lain untuk memastikan website Anda selalu bersih dari hal yang tidak diperlukan. Dan untuk hasil terbaik, Anda perlu melakukan perbaikan satu demi satu. 

Dalam daftar link rusak, Anda perlu menentukan link mana saja yang perlu diperbarui, atau sebaliknya dihapus. Anda juga perlu menilai seberapa jauh perbaikan yang sudah Anda lakukan untuk memastikan tidak ada yang terlewat. Lebih jauh, Anda mungkin juga ingin memastikan hasil perbaikan dengan membuka link tersebut satu persatu sebelum lanjut ke broken link berikutnya.

Bisa dibayangkan betapa menyita energinya pekerjaan bersih-bersih link rusak ini bukan? Belum lagi jika website Anda sudah cukup besar. Namun inilah cara untuk lebih memastikan bahwa pengunjung Anda tidak ‘mendarat’ di page 404 yang mengecewakan. Ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan penilaian terhadap website Anda.

Baca Juga : Cara Memperpendek Link Website dengan Mudah

Tips bagi Anda. Untuk mengurangi beban pekerjaan bersih-bersih ini, Anda bisa melakukan kegiatan ini secara rutin setiap 3 bulan sekali atau sesuaikan kebutuhan. Dengan demikian, tak menutup kemungkinan Anda akan lebih dulu menemukan link bermasalah dibanding pengunjung situs Anda.

3. Perbarui Page 404 Anda

Bagaimanapun, tetap saja ada kemungkinan Anda melewatkan link rusak dan tak mampu mencegah pengunjung untuk sampai ke Page 404 ini. Langkah antisipasi untuk mencoba mengobati rasa kecewa visitor adalah memperbarui peringatan halaman tak tersedia (page 404) tersebut.

Baca Juga :  Cara Menemukan dan Memperbaiki Tautan Rusak di WordPress (5 Metode)

Jadi Anda bisa menambahkan sesuatu yang mungkin juga diminati pengunjung atau link ke halaman lain yang mungkin mereka sukai.

Kesimpulan

Mencari dan mengatasi page 404 seharusnya menjadi kegiatan rutin dalam bagian pengelolaan suatu website. Tak hanya memastikan kepuasan pengunjung, link yang baik juga ikut memastikan peringkat website dimata mesin pencari. Maka tak ada salahnya untuk mengalokasikan waktu dan tenaga atau biaya untuk secara rutin melakukan pembersihan ini.