fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Mengatasi Ongkir Mahal Di Shopee

Wiliam

Belanja online di aplikasi shopee sedang marak dilakukan, terlebih lagi setelah pandemi covid 19 yang membuat aktivitas berbelanja yang awalnya dilakukan di pasar secara langsung kini dilakukan secara online. 

Saat berbelanja secara online, Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang menyelesaikan proses transaksinya yaitu ongkos kirimnya. Yang mana karena jarak penjual dan pembeli tidak berdekatan atau dilakukan secara online maka memerlukan jasa ekspedisi Untuk mengantarkan barang tersebut hingga sampai ke konsumen. Dan ongkos kirim ini dibebankan kepada konsumen. 

Banyak konsumen yang mengeluh lantaran ongkos kirim yang semakin mahal. Apalagi di shopee yang notabennya merupakan platform jual beli yang sudah besar, konsumen maupun penjualnya sudah semakin banyak. Saat ongkos kirim mahal, konsumen akan mengurungkan niatnya untuk melakukan pembelian di shopee. 

Mungkin Anda juga pernah mengalami hal tersebut, yang mana Anda sudah bersiap untuk melakukan pembelian di shopee tetapi mengurungkannya lantaran ongkos kirimnya yang terlalu mahal. Ongkos kirim semakin mahal tentu membuat jumlah uang yang perlu dikeluarkan semakin besar pula. 

Jika Anda merasa ongkos kirim di shopee terlalu mahal, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Olehnya itu simak artikel ini sampai selesai.

7 Cara Mengatasi Ongkir Mahal Di Shopee

Perlu diketahui bahwa besar tidaknya ongkos kirim saat pembelian secara online ditentukan oleh jarak tempuh serta berat barang yang dipesan. Jadi, semakin jauh jarak antara penjual dan pembeli maka semakin besar pula ongkos kirim yang dibebankan.

 Begitu pula pada berat barang, semakin berat barang yang ingin dikirim maka sebutkan besar pula ongkos kirim yang harus dibayar. 

Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ongkir yang mahal di shopee: 

1. Gunakan fitur gratis ongkir

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ongkir yang terlalu mahal di shopee yaitu dengan menerapkan gratis ongkir pada saat melakukan pembelian. Biasanya, shopee memberikan potongan ongkos kirim ketika memenuhi minimal belanja. 

Fitur gratis ongkir biasanya tersedia ketika ada event tertentu atau tanggal tertentu di setiap bulan. Berikut ini beberapa nilai potongan ongkos kirim yang diberikan oleh shopee pada tokoh dengan tanda gratis ongkir ekstra.

  • Saat berbelanja di Semua tokoh yang tanda gratis ongkir, layanan pengiriman hemat dan reguler, dengan minimal belanja Rp120.000 Anda dapat potongan ongkir sebesar Rp15.000.
  • Pengiriman pulau Jawa, saat Anda membeli produk dengan minimal pesanan Rp40.000, anda dapat menggunakan potongan ongkos kirim sebesar Rp15.000 dan saat minimal belanja anda mencapai Rp120.000, maka anda bisa menggunakan gratis ongkir sebesar Rp20.000
  • Pengiriman di luar pulau Jawa, dengan minimal belanja Rp40.000 Anda bisa menggunakan potongan ongkir sebesar Rp25.000. dan untuk minimal belanja Rp120.000 maka anda bisa mendapatkan potongan ongkir sebesar Rp40.000. 

2. Pilih online shop dengan cermat

Cara kedua untuk mengatasi ongkir yang mahal di aplikasi shopee yaitu dengan cermat memilih toko saat hendak berbelanja.

Jika anda perhatikan, banyak penjual di shopee yang menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda. Yang mana saat Anda memilih sebuah produk, maka shopee akan memberikan Anda rekomendasi produk yang sama di bawah. 

Anda bisa membandingkan setiap online shop dengan mempertimbangkan harga dan lokasi shop tersebut. Pilihlah penjual yang lokasinya paling dekat dan produk yang bagus. Sebab salah satu yang mempengaruhi besar kecilnya nominal ongkir yaitu jarak penjual dan pembeli. 

3. Menggunakan diskon yang diterapkan oleh toko

Untuk mengatasi krisis ongkir selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan diskon yang diberikan toko. Jadi sebelum anda melakukan check out atau menyelesaikan pembelian, perhatikan tokoh tersebut terlebih dahulu apakah dia memasang diskon atau tidak. Semakin banyak potongan yang diberikan semakin sedikit uang yang perlu Anda keluarkan. 

4. Pilih jasa ekspedisi yang murah

Cara selanjutnya untuk mengatasi gratis ongkir yaitu dengan memilih jasa ekspedisi yang murah. Dalam aplikasi shopee, terdapat berbagai ekspedisi yang bisa digunakan. Yang mana setiap ekspedisi memiliki harganya masing-masing. Pilihlah ekspedisi yang memberikan harga paling rendah untuk mendapatkan ongkir yang sedikit. 

5. Pilih metode pembayaran yang memberikan potongan harga

Di shopee, ada berbagai metode pembayaran yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembelian, misalnya melalui transfer bank, shopeepay, melalui mitra (Alfamart, Alfamidi, dll), dan metode pembayaran lainnya. 

Terkadang metode pembayaran tertentu memberikan diskon ongkir saat digunakan. Gratis ongkir di shopee biasanya memiliki syarat dan ketentuan, misalnya metode pembayaran tertentu, ekspedisi yang digunakan, minimum belanja, dll. 

Olehnya itu saat hendak melakukan pembayaran, perhatikan setiap metode yang bisa dilakukan.  

6. Melakukan pembelian di hari-hari spesial

Cara ke-6 untuk mengatasi gratis ongkir yang mahal yaitu melakukan pembelian di hari-hari spesial. Setiap bulan, di tanggal cantik seperti tanggal 1 Januari, 2 Februari, 3 Maret, dan seterusnya, shopee akan memberikan gratis ongkir yang besar kepada para pembelinya. Anda bisa memanfaatkan tanggal-tanggal tersebut ketika hendak melakukan pembelian di aplikasi tersebut. 

Tak hanya di tanggal cantik, pada peringatan-peringatan tertentu shopee juga akan memberikan ekstra gratis ongkir kepada para penggunanya bahkan tanpa minimum pembelian. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ongkos kirim yang terlalu mahal di shopee. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan saat melakukan pembelian di shopee. 

Baca Juga