fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Mendesain Blog Agar Menarik Pengunjung

Yanti puspita

Banyak orang yang bisa dengan mudah membuat blog, tapi hanya sebagian orang saja yang bisa mendesain blog yang bagus dan menarik. Sebagian blogger pun tidak cukup tahu harus mulai dari mana.

Nah artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mendesain blog yang menarik agar banyak pengunjung.

Beberapa Cara mendesain Blog Agar Menarik Pengunjung

Anda dapat dengan mudah mengikuti setiap tips dan segera mempraktekkannya di situs web Anda. Berikut kami berikan cara mendesain blog agar tampilan website Anda terlihat menarik dan banyak pengunjungnya berdasarkan jenis website yang Anda miliki.

Memperhatikan Struktur Blog

Langkah penting yang perlu Anda pahami adalah tentang struktur blog. Biasanya, ada header, sidebar, konten utama, dan footer. Setiap blogger bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan.

Pada bagian header, biasanya diisi dengan judul atau nama blog beserta deskripsi singkat tentang blog tersebut. Biasanya di bagian ini Anda juga akan menemukan menu navigasi dan kolom pencarian. Kemudian, di sidebar, Anda dapat mengisinya dengan profil media sosial, artikel populer, artikel yang direkomendasikan, arsip artikel, dan tambahan yang lainnya.

Bagian selanjutnya adalah konten utama. Isi utama tentu saja diisi dengan artikel yang Anda tulis. Terakhir adalah bagian footer, pada bagian footer Anda dapat mengisinya dengan disclaimer, privacy policy, about us, contact, dan juga menu share sosial media.

Navigasi yang Mudah dan Sederhana

Intinya adalah Anda perlu membuat navigasi menjadi sederhana mungkin dan mudah di pahami oleh semua orang. Ini memungkinkan pengunjung blog dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya agar saling berkaitan satu sama lain.

Jika pengunjung dapat membaca blog Anda dengan mudah, jelas mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu. Jadi jelas ini menguntungkan Anda sebagai pemilik blog. Jangan membuat navigasi yang rumit, apalagi jika tujuannya hanya untuk membuat tampilan websitenya menarik perhatian orang. Desain blog yang menarik sebenarnya terletak pada kemudahan pengunjung untuk menavigasi blog Anda.

Jaga Desain Blog

Hal terpenting dalam desain sebuah blog adalah menjaga tampilan di semua bagiannya. Di mulai dengan merubah warna, font, struktur konten, sidebar, footer, header blog, menu, hingga navigasi bar.

Warna tombol menu pada halaman beranda harus sama dengan warna tombol menu pada halaman lain. Begitu juga dengan font serta juga komponen desain blog. Tampilan desain blog Anda akan membuat pembaca merasa lebih mengenal blog Anda.

Tampilan Blog yang Mobile Friendly

Saat memilih template atau tema blog, selalu pilih template yang mobile-friendly. Karena kebanyakan orang mengakses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone. Saat membuat situs web di komputer desktop, ingatlah bahwa banyak pengunjung Anda akan mengunjungi situs Anda dari ponsel.

Pastikan situs Anda mobile-friendly, artinya dapat di muat dan ditampilkan dengan baik pada perangkat seluler, sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengalaman terbaik. Mobile-Friendly atau ramah seluler juga di kenal sebagai Responsif dan Adaptif. Blogger lebih familiar dengan istilah Responsive, karena banyaknya template blog responsive.

Menggunakan Heading dan Sub Heading

Struktur konten juga penting untuk desain blog agar lebih terlihat profesional. Dengan struktur yang baik dan konsisten upload artikel, pembaca akan lebih mudah membaca artikel Anda. Nah, salah satu cara untuk membuat struktur konten yang baik adalah dengan menggunakan Heading.

Sub Heading juga penting dan di gunakan untuk menjelaskan poin-poin penting dalam sebuah artikel. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menemukan fungsi Heading ini di menu editor. Anda dapat memilih antara Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan seterusnya.

Heading 1 biasanya di gunakan untuk bagian judul. Sedangkan Heading 2 biasanya di gunakan untuk menunjukkan poin-poin utama artikel. Kemudian Heading 3 di gunakan untuk menjelaskan poin-poin dari Heading 2.

Menambah Gambar

Setelah membuat struktur tulisan yang rapi dan artikel yang seo friendly, Anda perlu menambahkan gambar yang berhubungan dengan artikel tersebut. Kami sarankan Anda untuk menggunakan gambar dengan hak cipta.

Jika menggunakan gambar orang lain, jangan lupa sertakan sumbernya pada bawah gambar. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan gambar yang memiliki copyright. Sebab copyright adalah hal penting karena memberitahu pengunjung bahwa gambar tersebut milik Anda sendiri.

Menggunakan Background yang Sesuai

Jangan gunakan latar belakang Background yang gelap, karena Anda harus memilih warna yang kontras dari Background untuk font Anda. Pada akhirnya Anda harus memilih warna font yang terang jika Anda menggunakan Background yang gelap.

Dan warna font yang cerah bukanlah warna yang familiar bagi sebagian para pembaca, sehingga akan mengganggu pengalaman membaca mereka. Oleh karena itu, hindari warna gelap pada background atau lebih baik gunakan Mode gelap dan Mode terang pada website Anda.

Beberapa Situs untuk Inspirasi Desain Blog

Untuk lebih mempermudah Anda mendesain sebuah blog, kami berikan beberapa situs web sebagai inspirasi desain yang bagus dan bisa di coba untuk blog Anda.

FWA (Favourite Website Award)

FWA seniri merupakan sebuah situs web yang memberi peringkat situs web bagus di seluruh dunia. Dan memberikan penghargaan atau pujian kepada situs web tersebut dalam bentuk situs hari ini, situs bulan ini, dan sebagainya. Anda juga dapat mengirimkan URL situs web Anda jika menurut Anda situs web Anda bagus.

Awwwards

Awwwards adalah tempat kumpulan desain website terbaik untuk inspirasi Anda. Kemudian dapat di nilai dari voting para member sehingga bagus atau tidaknya sebuah desain web ditentukan oleh banyaknya orang yang menyukai desain tersebut.

Hal ini membuat penilaian desain lebih natural dan fair sehingga Anda dapat mengetahui konsep desain mana yang paling di sukai orang. Anda juga bisa mendaftarkan website Anda untuk menjadi salah satu inspirasi desain bagi orang lain. Sebelum di tampilkan, situs web Anda terlebih dahulu akan ditinjau kelayakannya.

Web Design Inspiration

Seperti namanya, Web Design Inspiration atau Inspirasi Desain Web adalah situs web yang di dedikasikan untuk situs dengan desain fantastis sekaligus unik yang dapat Anda jadikan inspirasi. Dengan tampilan yang unik dan sederhana, website ini membuat kita nyaman dan mudah untuk mengeksplorasi desain sesuai selera Anda.

Themeforest

Situs Themeforest bukanlah situs web yang di dedikasikan untuk memberikan inspirasi desain. Themeforest lebih ke pasar jual belitempat template situs web dari seluruh dunia diperdagangkan. Nah, banyak sekali template website dengan berbagai gaya dan platform mencapai puluhan ribu yang bisa Anda gunakan untuk mencari inspirasi desain web Anda.

Semua template di themeforest memiliki desain profesional dan berkualitas tinggi karena setiap item yang di jual di sana ditinjau terlebih dahulu. Cocok sekali untuk mencari template website responsive dan pas untuk jenis blog Anda.

Penutup

Merancang dan mendesain sebuah blog membutuhkan banyak waktu dan ketelitian. Anda harus dituntut mendesain blog bukan hanya berdasarkan selera saja, tetapi juga pada pengalaman pembaca dan dari sisi SEO juga.

Baca Juga