fbpx

Cara Mendapatkan VPS Windows Gratis dari Microsoft Azure

Jika Anda mencari dengan banyak fleksibilitas dan mudah dikontrol, maka cara mendapatkan Windows gratis berikut perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, VPS (Virtual Private ) dapat menjadi solusi Anda karena lebih terjangkau dan memiliki resource yang mumpuni.

Salah satu kelebihan dari Windows VPS free maupun yang berbayar adalah memudahkan pengguna mengelola dan mengatur resource mereka. Namun, untuk dapat melakukannya maka Anda wajib memiliki kemampuan teknis dalam mengelola server.

Ada banyak provider tepercaya yang menawarkan Free VPS trial sehingga layak untuk Anda coba, salah satunya adalah Microsoft Azure. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini.

Cara Mendapatkan VPS Windows Gratis dari Microsoft Azure

Cara Mendapatkan VPS Windows Gratis

Nama besar Microsoft pastinya membuat Anda tidak ragu untuk memilih provider ini karena sudah tepercaya. Walaupun Azure bukan penyedia VPS gratis tanpa kartu kredit, tetapi layak untuk Anda pertimbangkan karena Anda akan mendapatkan deposit sebesar $200.

Jadi, dana tersebut dapat Anda maksimalkan selama masa free trial berlangsung agar proyek Anda berhasil.

Cara Mendapatkan VPS Gratis di Azure

  1. Buka resmi Microsoft Azure atau klik pada link ini. Setelah masuk kemudian klik tombol Start Free 
Cara Mendapatkan VPS Windows Gratis
  1. Jika Anda memiliki akun Microsoft, maka gunakan nomor telepon, alamat atau akun Skype yang terdaftar untuk Sign in. Namun jika Anda belum memiliki akun, maka klik tombol Create One!
  2. Setelah Anda masuk ke halaman Create Account, tuliskan alamat email lalu klik tombol Next. Jika tidak ingin memakai alamat email maka Anda dapat menggunakan nomor telepon Anda.
  1. Setelah menekan tombol Next maka Anda harus membuat untuk akun baru tersebut. Pastikan bahwa password yang Anda buat kuat agar akun Anda aman dan tidak mudah terkena hack.
  2. Cek email Anda karena pihak Microsoft mengirimkan kode untuk memverifikasi Anda. Pastikan bahwa kode yang Anda masukkan benar agar Anda dapat melangkah ke proses selanjutnya. Masukkan kode kemudian klik tombol Next.
Baca Juga :  SEO Kunci Bisnis Online
  1. Ikuti perintah selanjutnya agar sistem yakin bahwa Anda bukan robot kemudian klik tombol Next.
  2. Setelah selesai maka akan muncul halaman Your Profile seperti berikut:
  1. Lengkapi kolom yang ada dengan benar kemudian klik tombol biru di bawah. Klik tombol Next setelah Anda mendapat kode verifikasi melalui pesan singkat atau telepon. 

Anda juga dapat menggunakan nomor telepon lain untuk proses verifikasi tersebut baik melalui pesan singkat maupun panggilan telepon.

  1. Masukkan data kartu kredit Anda pada halaman Identity Verification by Card lalu klik tombol Sign Up. Tunggu beberapa saat maka Anda siap untuk memulai project Anda.
cara mendapatkan VPS gratis di Azure
  1. Klik tombol Go to Azure Portal kemudian tunggu hingga masuk ke laman Deploy a Virtual Machine. Pilih box di sebelah kiri yaitu Create a Windows virtual machine lalu lengkapi kolom-kolom yang ada.
  1. Pastikan Anda mengecek kembali semua data, kemudian klik tombol Review+Create. Jika project Anda tervalidasi maka di bagian kiri atas akan muncul tanda centang hijau dan data mengenai detail produk.
  1. Lengkapi data berupa nama, alamat email dan nomor telepon di bagian Terms kemudian klik Create di kiri bawah layar. Tunggu hingga proses selesai lalu klik tombol Go to Resource.
  2. Pada dasarnya, sekarang VPS Anda sudah siap digunakan, namun Anda memerlukan bernama putty, agar Anda dapat mengakses VPS tersebut. Cara menggunakan putty akan dibahas secara terpisah.

Layanan gratis VPS memang tidak selengkap layanan berbayar, namun Anda masih dapat memaksimalkan fitur yang ada. Microsoft Azure adalah salah satu provider ternama sehingga layak untuk Anda pilih, Semoga informasi dan cara mendapatkan VPS gratis di atas bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Langkah-Langkah Membuat Website Company Profile