fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

Cara Mendaftar Google Bisnisku, Mudah Kok!

Wiliam

Di era digital seperti sekarang ini, terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah memanfaatkan tool milik Google yakni Google Bisnisku. Dengan tool ini, para konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi lengkap tentang bisnis. Jika memang demikian, bagaimanakah cara mendaftar Google Bisnisku?

Mengingat, banyaknya pelaku usaha online saat ini, maka disarankan untuk memanfaatkan fitur Google Bisnisku bila ingin memasarkan usaha melalui online. Sebab, pengguna akan terbantu untuk menemukan lokasi usaha. Terlebih, pengguna juga dapat berinteraksi dengan konsumen melalui review dan bagian tanya jawab.

Menariknya, pengguna pun tidak mesti membayar biaya apapun untuk mendaftar Google Bisnisku ini. Bagi Anda yang berminat memanfaatkan tool ini, simaklah panduan pendaftarannya berikut ini.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Internet saat ini memang telah menjadi prioritas utama bagi para pemilik usaha. Sebab, terdapat beragam tool yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan performa internet dalam bisnis, salah satunya Google Bisnisku. Meski demikian, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui cara mendaftar di tool ini. 

Jika memang demikian, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini mengenai prosedur pendaftarannya. Namun, sebelum mendaftar Anda mesti memiliki akun Google terlebih dahulu. 

1. Buka Website Google Bisnisku

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mendaftar di tool ini adalah buka website resmi Google Bisnisku. Untuk mengaksesnya, Anda bisa memanfaatkan salah satu platform browser yang ada di perangkat laptop/Pc seperti Chrome. Kemudian, silahkan buka platform browser tersebut. 

Jika sudah terbuka, silahkan buka website resmi Google Bisnisku dengan mengunjungi tautan https://www.google.com/business/. Setelah itu, tekan tombol login yang terletak di bagian sudut kanan atas layar. Lalu, silahkan login menggunakan akun Google milik Anda. Jika sudah login, silahkan masukkan nama bisnis Anda. 

2. Masukkan Alamat Bisnis

Setelah website resmi Google Bisnisku sudah terbuka, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukkan alamat bisnis. Cara ini bertujuan agar bisnis yang Anda jalankan lebih mudah dikenali para pengguna internet sehingga website akan memiliki banyak pengunjung. 

Terlebih, dapat membantu kelancaran kegiatan operasional bisnis. Untuk itu, cara ini tidak boleh Anda lewatkan. Sementara bagi pengguna baru tool ini juga akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps. Agar konsumen bisa lebih mudah mengunjungi lokasi bisnis Anda. 

Akan tetapi, jika bisnis tidak memiliki lokasi fisik, namun tetap beroperasi di wilayah layanan. Maka alternatif yang bisa dilakukan adalah mencantumkan wilayah layanan tersebut sebagai lokasinya. Setelah itu, tekan tombol next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. 

3. Masukkan Kategori Bisnis

Jika Anda sudah memasukkan alamat bisnis, selanjutnya adalah memasukkan kategori bisnis. Namun, sebelum hal ini terjadi, pastikan memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Karena hal ini bertujuan untuk memudahkan Google dalam mengelompokkan bisnis yang sesuai kategori. 

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah masuk dalam kategori. Maka pada saat  internet ingin mencari bisnis Anda di platform Google, maka informasi terkait dengan bisnis tersebut akan secara langsung muncul di halaman pencarian. 

4. Masukkan Detail Kontak

Tidak kalah pentingnya yang harus dilakukan untuk mendaftar di Google Bisnisku adalah memasukkan detail kontak. Cara ini juga sama pentingnya dengan memasukkan alamat bisnis yang mana berfungsi sebagai identitas bisnis. Hanya saja, detail kontak ini ditujukan kepada pelanggan jika ingin menghubungi pemilik bisnis. 

Adapun data kontak yang biasanya digunakan pebisnis seperti nomor telepon atau ponsel yang mudah dihubungi. Tidak hanya itu, pengguna juga akan diminta memasukkan alamat website bisnis yang didaftarkan. 

Namun, jika pengguna tidak memiliki alamat website, bisa memilih opsi saya tidak butuh situs. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat situs gratis, maka platform Google telah menyajikan jasanya. 

5. Klik Opsi Verifikasi

Setelah Anda memasukkan detail kontak, tahap berikutnya yang mesti dijalankan adalah melakukan verifikasi. Cara ini tidak boleh anda lewatkan. Pasalnya, proses verifikasi memiliki peran penting yang mana untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan informasi bisnis Anda. 

Terlebih, bisnis yang sedang Anda jalankan dianggap sebagai bisnis yang terpercaya karena telah terverifikasi. Untuk verifikasi Google Bisnisku cenderung mudah yang mana pengguna hanya perlu mengisi seluruh informasi secara lengkap. Setelah itu, klik opsi verifikasi dengan mengisi nama penerima email.

 Kemudian, tekan tombol kirim kartu pos.

Jika sudah selesai, silahkan Anda tunggu hingga email dari Google sampai di alamat yang telah Anda masukkan. Hanya saja, proses verifikasi ini tidak bisa melakukan proses pengeditan informasi yang telah diisi sebelumnya. 

6. Verifikasi Google Bisnisku

Jika Anda telah menerima email dari Google, maka tahap berikutnya dapat dilanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi yang disertakan dalam email. Untuk memasukkan kode verifikasi, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Bisnisku. Kemudian, klik menu verifikasi lokasi. Setelah itu, silahkan masukkan kode verifikasi yang tertera dalam email. 

7. Edit Google Bisnisku

Langkah terakhir untuk mendaftar Google Bisnisku adalah melakukan editing Google Bisnisku. Hanya saja, cara ini baru bisa dijalankan apabila akun Anda telah terverifikasi. Untuk itu, pastikan akun sudah diverifikasi. 

Jika sudah terverifikasi, pengguna bisa melakukan proses editing dengan menambahkan informasi tambahan terkait bisnis seperti deskripsi bisnis, jam operasional, foto dan lainnya.

Itulah beberapa cara mendaftar Google Bisnisku yang perlu diketahui.

 Jadi bagi yang memiliki usaha online, alangkah baiknya jika mencoba menggunakan platform ini. Sebab layanan ini dapat memudahkan konsumen untuk menemukan bisnis Anda. 

Baca Juga