fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Mencegah Malware pada Website

Yodik Prastya

Malware menjadi salah satu hal yang wajib diwaspadai dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan pada website. Memahami cara mencegah malware pada website tentu akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan. Websitemu aman, perangkat yang kamu gunakan juga akan aman.

Malware itu sendiri merupakan suatu perangkat lunak yang memang segaja dibuat untuk tujuan masuk bahkan merusak suatu sistem jaringan, server, dan bahkan perangkat yang kamu gunakan. Biasanya, proses ini tidak akan lekas disadari oleh penggunanya karena memang tidak bisa terlihat secara langsung.

Pada umumnya, malware ini akan disusupkan pada suatu jaringan internet. Pasalnya, memasukkan malware secara langsung pada suatu perangkat akan sangat sulit dilakukan. Maka dari itu, kebanyakan peretas akan memanfaatkan koneksi atau jaringan internet untuk melancarkan aksinya.

Cara Mencegah Malware pada Website

Sebelum website yang kamu miliki terlanjut kena serangan malware, baiknya melakukan langkah preventif agar risiko yang lebih besar tidak terjadi.

Meskipun layanan hosting yang digunakan sudah punya standar keamanan tinggi, tidak ada salahnya melakukan langkah pencegahan ini:

1. Update Komponen Secara Berkala

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan mengupdate komponen yang digunakan secara berkala. Kamu wajib melakukan pengecekan demi melihat adanya pemberitahuan update komponen ke versi yang paling barunya.

Update komponen ke versi terbaru akan membuat website yang kamu miliki bisa terhindar dari serangan malware. Malware itu sendiri, biasanya akan disisipkan lebih mudah jika komponen yang kamu gunakan masih belum diperbaharui.

2. Melakukan Scan Virus

Tips lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan scanning atas website yang saat ini sedang kamu kembangkan. Kamu bisa mendaftarkan website lewat Google Webmasters.

Webmasters itu sendiri sudah punya cukup banyak fitur yang mumpuni. Misalnya saja fitur yang memungkinkan kamu melakukan proses pengecekan keamanan secara komprehensif.

Tidak hanya itu saja. Di dalamnya juga sudah ada fitur seperti Malware Diagnostic yang bisa dipakai saat website yang kamu punya terblokir. Kamu pun bisa melakukan scan virus dengan program antivirus bawaan atau mendownloadnya agar lebih aman.

3. Backup Data

Cara mencegah malware pada website lainnya bisa dilakukan dengan melakukan backup seluruh data penting yang ada di dalam website. Kamu bisa pakai penyimpanan tambahan atau bisa juga memanfaatkan fitur backup data yang bisa dilakukan secara online.

Dengan adanya backup data, maka bisa dipastikan semua data yang kamu miliki bisa diselamatkan terlebih dahulu sebelum terjadinya serangan malware pada website.

4. Menggunakan Firewall

Selanjutnya ada juga tips lain agar website yang dimiliki terhindar dari malware. Keberadaan suatu firewall di beberapa perangkat komputer maupun jaringan akan sangat berguna untuk mencegah serangannya.

Meskipun kamu merasa kalau dengan adanya firewall malah terbatas ketika surfing, firewall masih sangat efektif jika dipakai untuk menghindari adanya serangan dari malware yang sangat merugikanmu.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika mulai saat ini kamu mulai mengaktifkan fitur firewall yang ada pada website.

5. Tidak Menggunakan WiFi Sembarangan

Di awal sudah kami sebutkan kalau serangan malware kebanyakan menggunakan jaringan internet. Ini tentu menjadi poin penting agar kamu tidak menggunakan koneksi internet sembarangan.

Cara yang cukup efektif untuk mencegahnya adalah dengan tidak sembarangan menggunakan WiFi publik. Pasalnya, WiFi publik memang lebih rentan terkena serangan dari malware yang bisa saja berpengaruh terhadap situs milikmu.

Penutup

Itu adalah sejumlah cara mencegah malware pada website yang saat ini sedang kamu kembangkan. Ikutilah beberapa cara di atas secara benar agar website-mu bisa aman dari serangan yang merugikan.

Baca Juga