fbpx

Cara Mencari Expired Domain yang Berkualitas

Daripada membuat domain baru, beberapa orang memilih untuk menggunakan domain lama yang sudah expired atau expired domain. Karena, domain lama ini biasanya sudah memiliki domain authority dan yang tinggi sehingga lebih lebih mudah terbaca pencarian .  Jadi, Anda perlu tahu cara mencari expired domain yang baik.

Expired domain adalah domain yang tidak diperpanjang penggunaannya sebelum waktunya kadaluarsa. Nah, Anda bisa membeli expired domain ini. 

Namun, menggunakan expired domain tidak bisa sembarangan. ini akan menjelaskan bagaimana cara mencari expired domain yang aman dan menguntungkan.

Membeli expired domain harus dengan banyak pertimbangan. Karena, apabila tidak berhati-hati, ini justru bisa mengakibatkan kerugian dan masalah hukum.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Expired Domain

cara mencari expired domain

Meskipun expired domain telah memiliki reputasi, namun tidak semuanya punya sejarah yang baik. Maka dari itu, cek dulu hal-hal ini agar Anda bisa mendapatkan expired domain yang berkualitas:

1. Spam Domain

Hal pertama yang harus dilihat adalah history dari tersebut, digunakan untuk tujuan apa oleh pemilik sebelumnya. Apabila ternyata pemilik lama menggunakannya untuk spam, Anda sebagai pemilik baru akan terkena dampak buruknya juga.

Untuk mengecek sejarah konten domain ini, Anda bisa memakai Wayback Machine. Di sana, akan muncul snapshot tampilan tiap halaman yang lama pada domain tersebut. 

Anda bisa melihat apa domain tersebut digunakan untuk spam misalnya penggunaan keyword yang terlalu berlebihan (keyword stuffing) atau bahkan konten pornografi.

Baca Juga :  3 Cara Restart VPS Windows Berbasis KVM, Mudah!

2. Cek Penggunaan Backlink

Meskipun backlink bermanfaat untuk membuat suatu website lebih sering dikunjungi, namun periksa dulu apakah backlink domain tersebut berkualitas atau justru untuk spam. Terdapat beberapa tools untuk mengecek riwayat backlink suatu domain, salah satunya dengan Ahrefs.

Ahrefs merupakan tools yang memuat database backlink dari seluruh di dunia. Di sini, Anda bisa tahu profil backlink domain tersebut dan potensi keuntungan SEO yang bisa Anda dapatkan.

Anda juga bisa menggunakan tools Majestic SEO, di mana akan ada dua pilihan yakni Fresh Index dan Historical Index. Pilih Historical Index dan masukkan dari expired domain tersebut. Hasilnya, akan ditampilkan seluruh backlink yang menuju domain yang Anda cari.

3. Lihat Google Index

Anda perlu mencari tahu apakah domain yang ingin Anda beli, masih diindeks di Google. Karena, domain yang sudah expired dalam waktu sangat lama, bisa saja sudah dilarang atau tidak bisa diindeks di Google. Jika demikian, Anda lebih baik membeli domain yang baru saja daripada expired domain.

4. Cek Google Adsense

Biasanya, Google tidak menerima dari domain yang tidak patuh pada syarat dan ketentuan dari Google. Anda cukup mengeceknya melalui AdSense Sandbox. 

Di sana, memuat semua riwayat iklan yang pernah ditampilkan pada suatu domain. Apabila ketika Anda memasukkan satu expired domain dan iklannya tidak muncul, maka bisa dipastikan melarang iklan dari domain tersebut.

5. Cek Facebook

Selain Google Adsense, Facebook juga memberlakukan pemblokiran pada tautan yang dinilai spam. Anda bisa mengeceknya dengan mengirimkan expired domain tersebut, untuk melihat apakah link tersebut dilarang oleh Facebook atau tidak.

Baca Juga :  Solusi Mengatasi Lupa Password Gmail

Sekarang, setelah hal-hal di atas sudah Anda cek dan ternyata hasilnya sesuai keinginan Anda, Anda sudah aman untuk membeli expired domain tersebut. Namun, apabila ada salah satu masalah pada domainnya, sebaiknya tunda dulu pembelian sembari mencari opsi domain yang lainnya.

Itulah cara-cara mencari expired domain yang berkualitas agar Anda tidak salah beli dan malah merugikan. Semoga artikel ini membantu Anda untuk menemukan expired domain yang aman.