fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Petunjuk Tentang Cara Menambahkan User di cPanel

Yanti puspita

Apakah Anda ingin menambahkan user di cpanel? tetapi tidak tahu cara menambahkan user di cpanel? tenang Anda bisa menggunakan fitur User User Manager, di sini Anda bisa menambahkan user dan memberikan akses kepada user di cPanel.

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur User Manager untuk menambahkan user di cPanel, sebelum itu mari kita pahami dulu tentang apa itu cPanel berikut pembahasannya.

Apa Itu cPanel?

Jika Anda ingin membuat, mengatur, mengelola semua kebutuhan situs web Anda, Anda memerlukan tools yang akan memudahkan pengelolaan situs web. cPanel adalah panel kontrol situs web berbasis Linux paling populer hingga saat ini. Karena antarmukanya yang sederhana dan mudah di gunakan, sebagian besar pemilik situs web lebih suka menggunakan panel kontrol tunggal ini.

Selain interface yang sangat mudah di gunakan, terdapat berbagai macam fitur yang cukup lengkap untuk mendukung semua optimasi website Anda. Karena kemudahan dan popularitasnya, banyak penyedia hosting menawarkan cPanel sebagai teknologi gratis untuk pelanggan mereka.

Cara Kerja cPanel

Jadi bagaimana cPanel ini bekerja? Karena cPanel adalah tools untuk mempermudah segala aktivitas pengelolahan website. Dengan tools ini, Anda tidak perlu khawatir tentang pengkodean. Bayangkan jika tidak ada control panel, pengguna akan kesulitan untuk mengelola dan mengatur website karena harus melakukan tugas-tugas perintah yang rumit.

Hal ini berarti Anda tidak memerlukan keterampilan pemrograman yang mendalam saat membuat situs web. Dengan panel kontrol ini, pengguna cukup mengklik, menginstal, mengisi formulir, menyimpan. Tentu sangat mudah bukan.

Fungsi  Dasar Pada cPanel

Sebelum menambahkan user di cPanel, terlebih dahulu kita perlu memahami Fungsi Dasar cPanel, yaitu:

Navigation Bar

Di kanan atas cPanel, Anda akan menemukan “fitur pencarian”, manajemen akun, notifikasi, dan logout.

Search Bar

Di bagian paling atas di sebelah kiri, Anda dapat mencari suatu fungsi, Anda cukup mengetikkan fungsi apa yang ingin Anda cari.

  • Search Features: mirip dengan  search bar di kiri atas, perbedaannya adalah search features akan terus muncul ketika Anda membuka halaman apa pun di cPanel.
  • Account Management: Anda bisa dengan mudah menemukan pengaturan kunci, seperti mengubah kata sandi cPanel, mengubah bahasa, mengubah tema / tampilan cPanel, melihat informasi kontak (email yang di gunakan di cPanel) dan juga mengatur ulang semua pengaturan dengan satu klik.
  • Notifications: untuk memberi tahu Anda ketika ada pembaruan tertentu pada cPanel dan informasi lain yang terkait dengan cPanel.
  • Logout: setelah selesai menggunakan cPanel, untuk alasan keamanan, sebaiknya segera logout dari cPanel.

Left Sidebar

Di sudut kiri atas layar ada dua ikon. Di bagian atas adalah ikon “home” dan di bagian bawah adalah ikon “user manager”.

  • Home : untuk kembali ke homepage cPanel atau halaman utama.
  • User Manager: untuk menambah atau menghapus pengguna dari akun Anda. Administrator pengguna juga dapat melihat email apa yang telah di buat, dan pengguna mana yang memiliki akses ke FTP dan disk web, jika Anda berbagi akun hosting dengan pengguna atau admin lain.

Right Sidebar

Di sisi kanan cPanel terdapat dua features lainnya, yaitu  general information dan statistics.

  • General Information: Anda dapat melihat informasi umum yang ada di cPanel Anda, seperti pengguna saat ini, domain utama di cPanel, informasi login terakhir, serta tautan yang mengarah ke informasi server hosting Anda.
  • Statistics: informasi terkait resource yang telah di gunakan, seperti jumlah bandwidth yang di gunakan, jumlah penggunaan disk/storage, penggunaan CPU, RAM, dll.

Petunjuk Tentang Cara Menambahkan User di cPanel

Di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur User Manager untuk menambahkan user di cPanel, berikut caranya.

Langkah 1 Login ke cPanel  

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah login ke halaman cPanel untuk mengakses fitur User Manager.

Langkah 2 menu cPanel

Selanjutnya kita akan masuk ke halaman cPanel, maka kita akan mencari fitur User Manager dengan mengetikkan “Users” pada kolom pencarian di cPanel.

Langkah 3 User Manager

Setelah selesai maka Anda akan masuk ke halaman fitur User Manager, di sini Anda bisa melihat user/email yang ada di cPanel, jika Anda ingin menambahkan user Anda bisa klik Add User.

Kemudian Anda akan pergi ke halaman yang berisi Form untuk menambahkan user.

Di sini Anda bisa mengisi data seperti Nama dari User , Username , domain yang ingin Anda pakai, dan jika Anda ingin user sendiri mensetup password , Anda bisa memasukkan email dari User , jika Anda ingin juga mensetup password sendiri untuk user Anda bisa centang “Set the user’s password”

Jika Anda dapat memberikan akses/layanan seperti Email, FTP, dan Web Disk, di sini saya akan memberikan Akses/Service Web Disk saja, Anda bisa mengklik Aktifkan untuk mengaktifkan Service untuk user , dan Anda juga bisa memberikan akses Baca Saja atau Baca Tulis ( Baca dan Edit).

Jika sudah, Anda bisa mengklik Create untuk melanjutkan, dan Anda akan di bawa ke halaman utama Fitur User Manager, yang terlihat seperti user yang Anda buat di sini.

Apa itu Preferences Menu di cPanel?

Opsi menu Preferences cPanel adalah tools yang digunakan untuk melakukan pengaturan dasar. Di dalamnya terdapat beberapa menu yang nantinya bisa digunakan untuk mengatur password, security, mengubah bahasa, mengubah tema tampilan di cPanel, membuat kontak (contact people) di website, dan juga mengatur user mana saja yang bisa mengakses cPanel.  Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya sebagai berikut :

Menu Preferences Password & Security

Pada menu Password & Security, Anda bisa mengatur password akun web hosting Anda sehingga Anda bisa login ke cPanel dan FTP. Menu “Ubah Kata Sandi” digunakan untuk mengubah kata sandi cPanel Anda. Untuk mengganti password disarankan untuk membuatnya sekuat mungkin dengan kombinasi yang baik.

Hal ini dilakukan karena jika Anda tidak hati-hati, semua file dari situs web Anda bisa dimanipulasi, dihapus, dan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab jika Anda tidak mengoptimalkan kata sandi akun Anda.

Menu Preferences Change Language

Fungsi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengubah bahasa yang ditampilkan di antarmuka cPanel Anda. Jika Anda memerlukan bahasa baru, hubungi penyedia cPanel Anda untuk menginstalnya.

Menu Preferences Change Style

Fungsi menu Change Style adalah untuk mengubah tampilan tema di cPanel Anda. Dengan antarmuka ini, pengguna dapat memilih dari gaya tema yang tersedia dan menyesuaikan tampilan antarmuka cPanel sesuai keinginan mereka. Ada beberapa theme yang bisa anda gunakan selain theme default cPanel.

 Menu Preferences User Manager

Fitur User Manager memungkinkan Anda untuk mengelola akun pengguna dari cPanel. Dengan menu ini Anda dapat menambah atau menghapus pengguna yang dapat mengakses website, email, FTP, dan Web Disk. Sistem juga dapat menyinkronkan kata sandi dari layanan sub-akun yang diizinkan.

Menu Preferences Contact Information

Fungsi Contact Information adalah untuk memberikan informasi kontak untuk situs web Anda. Dengan menuliskan informasi tentang diri Anda maka akan lebih mudah bagi orang yang ingin menghubungi Anda.

Baca Juga