fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Memulihkan Chat Whatsapp Secara Mudah

Wiliam

Whatsapp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting yang sekarang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat untuk melakukan komunikasi. Selain itu, di dalam aplikasi Whatsapp (WA) juga mempunyai beberapa fitur yang bisa membantu para penggunanya menjadi lebih mudah.

Salah satu fitur yang saat ini banyak digunakan untuk kalangan pengguna aplikasi Whatsapp (WA) adalah memulihkan chat. Ada beberapa cara memulihkan chat Whatsapp secara mudah yang bisa dilakukan. Simak lebih lengkap mengenai beberapa cara tersebut dibawah ini.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp

Bagi bizzie yang biasa melakukan komunikasi menggunakan Whatsapp (WA), tentu pernah mengalami chat terhapus. Sehingga, satu langkah yang harus dilakukan adalah memulihkan riwayat chat tersebut. Ada beberapa cara memulihkan chat Whatsapp di perangkat Android yang bisa bizzie lakukan :

●   Hal pertama yang harus bizzie lakukan adalah membuka aplikasi Whatsapp (WA) terlebih dahulu.

●   Setelah itu, memilih menu “opsi lainnya” – “setelan” – “chat” dan “cadangan chat”.

●   PIlih salah satu akun Google yang bizzie inginkan untuk melakukan pencadangan pesan atau chatting.

●   Bizzie juga bisa membuat cadangan lokal di smartphone yang memilih menu “cadangkan”.

●   Setelah cadangan sudah tersimpan, bizzie bisa menghapus aplikasi Whatsapp dari perangkat dan instal di smartphone Android yang baru.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp Pada Cadangan Google Drive

Bagi bizzie yang ingin menyimpan salinan riwayat chat di Google Drive, maka bisa mengaktifkan fitur cadangkan otomatis untuk chat dan memilih frekuensinya harian, mingguan atau bulanan. Supaya bisa berhasil melakukan pemulihan cadangan pada Google Drive, maka bizzie perlu menggunakan nomor telepon dan akun Google yang sama dengan membuat cadangan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk cara memulihkan chat Whatsapp di Google Drive :

●   Bizzie harus mematikan perangkat Android yang harus sudah ditautkan dengan akun Google dimana tempat cadangan sudah tersimpan.

●   Setelah itu, bizzie harus memasang dan membuka aplikasi Whatsapp dan verifikasi nomor telepon.

●   Berikutnya, pilih menu “pulihkan” ketika diminta untuk melakukan pemulihan chat dan media dari Google Drive.

●   Apabila proses pemulihan sudah selesai, bizzie bisa langsung saja mengetikkan “lanjut”. Chat bizzie juga akan ditampilkan setelah proses instalasi sudah selesai.

●    Aplikasi Whatsapp akan melanjutkan dengan melakukan pemulihan file media, setelah chat berhasil dipulihkan.

Apabila bizzie memasang aplikasi Whatsapp tanpa melakukan cadangan sebelumnya dari Google Driver. Maka, Whatsapp akan secara otomatis memulihkan data dari file cadangan yang lokal.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp Menggunakan Cadangan Lokal

Apabila bizzie akan menggunakan cadangan lokal, maka perlu melakukan transfer file ke telepon menggunakan komputer, file explorer atau kartu SD. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di saat menggunakan cara memulihkan chat Whatsapp satu ini, yaitu:

●   Bizzie bisa memulai dengan cara mengunduh aplikasi manajer file.

●   Setelah itu, bizzie bisa membuka “aplikasi manajer file” – “database” ketika data tidak disimpan di dalam kartu SD. Bizzie mungkin bisa menemukannya di menu “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”. Salin juga file cadangan terbaru ke folder database di penyimpanan lokal perangkat baru bizzie.

●   Selanjutnya dengan memasang dan membuka aplikasi Whatsapp, maka bizzie diminta lakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu.

●    Terakhir, bizzie bisa langsung mengetuk “pulihkan” ketika diminta untuk melakukan pemulihan chat dan media dari cadangan lokal.

Pada saat menggunakan cara memulihkan chat Whatsapp yang satu ini ada beberapa catatan penting harus diperhatikan, sebagai berikut :

●   Telepon bizzie akan otomatis menyimpan file cadangan lokal yang dibuat di dalam tujuh akhir berakhir.

●   Cadangan lokal ini akan dibuat secara otomatis di setiap hari jam 02.00 dan disimpan di dalam file telepon.

●   Apabila semua data tidak tersimpan di dalam folder, maka bizzie bisa menemukan di dalam folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

Cara Memulihkan Chat Whatsapp dari Cadangan Lokal yang Lebih Lama

Apabila ingin melakukan cadangan chatting Whatsapp (WA) di cadangan lokal, ada juga beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut :

●   Pertama, bizzie harus download aplikasi manajer file terlebih dahulu.

●   Di dalam aplikasi “manajer file” bizzie bisa membuka penyimpanan lokal atau membuka “kartu sd” – “Whatsapp” – “Database” . ketika tidak disimpan di dalam kartu SD, maka bizzie bisa menemukan file tersebut di dalam “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

●   Ubah nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore yyyy-mm-dd. Kemungkinan besar cadangan ini bisa lebih lama menggunakan protokol, seperti crypt 8 atau crypt 10. Satu hal perlu diingat, bizzie tidak boleh mengubah nomor ekstensi crypt.

●   Copot dan pasang lagi aplikasi Whatsapp.

●    Ketuk menu “pulihkan” ketika diminta.

Cara memulihkan chat Whatsapp adalah satu hal yang harus bizzie ketahui karena bisa membantu di saat tidak sengaja ada chat penting dihapus. Apalagi, untuk bizzie yang sering melakukan pergantian smartphone pasti tidak mau kehilangan beberapa chat penting.

Maka dari itu, untuk bizzie bisa memilih salah satu cara memulihkan chat Whatsapp yang paling mudah dilakukan. Pada saat melakukan memulihkan chat Whatsapp satu hal yang harus diingat adalah masalah jaringan internet.

Artinya, jaringan internet yang bizzie gunakan harus stabil dan jangan sampai putus di tengah-tengah proses memulihkan chat sedang berlangsung. Tidak ada salahnya, untuk bizie menggunakan jaringan wifi dengan kecepatan tinggi agar tetap bisa berjalan lancar.

Sekian penjelasan lengkap dan jelas mengenai beberapa cara memulihkan chat Whatsapp. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin melakukan cadangan chatting Whatsapp.

Baca Juga