fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Mempercepat Website WordPress, Perhatikan 3 Faktor Ini

Muhammad Rizqy

Cara mempercepat website WordPress dapat dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Content Delivery Network atau Gzip Compression. Namun cara tersebut bukan satu-satunya yang bisa Anda lakukan.

Meningkatkan kecepatan loading page website merupakan salah satu penilaian penting yang tidak bisa Anda abaikan. Pembaca akan tertarik pada website Anda ketika kecepatan loading page tidak lebih dari tiga detik.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai bagaimana cara mempercepat website di WordPress. 

Faktor yang Menentukan Kecepatan Loading Website

Google akan menilai jelek sebuah website ketika loading page-nya lebih dari tiga detik. Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah traffic dan ranking website karena pembaca tidak tertarik pada situs dengan loading page lama. 

Sehingga mempercepat loading page merupakan hal mendasar dalam ilmu SEO bagi  pengelola website. Saat ini Google telah mengatur regulasi bahwa website dengan loading lambat akan mendapatkan hukuman.

Terdapat 3 faktor yang menentukan keberhasilan dalam cara mempercepat loading page website: 

  1. Tema dan Iklan di Website

Hati-hati dalam memilih tema atau background untuk website. Gunakanlah tema yang tidak terlalu mewah namun tetap menarik perhatian. Tujuannya untuk meningkatkan loading page website agar tidak lebih dari tiga detik terutama saat dibuka di smartphone.

Tidak hanya tema, iklan yang terlalu banyak terpasang dapat menurunkan kecepatan loading website. Server akan kewalahan apabila terlalu banyak iklan dalam website kita. Jadi tetaplah bijak dalam menempatkan iklan agar pembaca merasa nyaman dengan website Anda. 

  1. Plugin yang Terpasang

Meski bermanfaat, penggunaan plugin yang terlalu banyak juga dapat memakan bandwidth server sehingga dapat membuat berat proses loading web. Selain itu, pastikan plugin yang terpasang selalu update dan kompatibel dengan CMS WordPress Anda.

Mulailah menonaktifkan plugin yang tidak terpakai karena dapat memberatkan loading website.

  1. Server Web Hosting yang Anda Pakai

Performa server web hosting turut menentukan kecepatan sebuah website. Selain itu, cek kapasitas hosting jangan sampai disk usage penuh baru Anda bertindak. Lakukan maintenance server secara rutin agar kecepatan website beroperasi secara baik.

Cara Mempercepat Website WordPress secara Gratis

Cara Mempercepat Website WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading page website di WordPress. Berikut ini adalah 3 cara untuk mengoptimasi kecepatan website WordPress:

  1. Install Plugin Caching

Salah satu plugin yang bisa dipakai untuk mempercepat loading website adalah caching. Caching dapat membantu Anda sebagai ruang penyimpanan sementara untuk menyimpan data halaman website. Dengan plugin Caching, browser pembaca  tidak perlu berulang kali meminta data dari halaman yang diakses.

Terdapat beberapa plugin yang bisa Anda pakai untuk menyimpan cache pada website WordPress seperti LiteSpeed Cache, W3 Total Cache, WP Super Cache, atau WP Fastest Cache.

Cara Mempercepat Website WordPress
  1. Mengoptimasi Gambar dan Tidak Menggunakan Embed Video

Anda bisa mengompres gambar untuk background website maupun setiap foto yang akan masuk ke dalam halaman artikel. Hal ini penting agar website Anda tidak berat nantinya saat dibuka. Salah satu situs yang bisa dipakai untuk mengompres atau me-resize gambar adalah tinyjpg.com atau melalui Adobe Photoshop.

Hindari juga penggunaan embed gambar atau video karena dapat memperberat halaman artikel.

  1. Mengaktifkan CDN dan Gzip Compression

Cara lainnya adalah mengaktifkan CDN atau Content Delivery Network. CDN membantu pembaca dari berbagai belahan dunia dapat mengakses website Anda lebih cepat karena aplikasi ini akan mengirimkan konten dari server terdekat.

Tidak hanya CDN, Anda juga bisa menggunakan Gzip Compression di cPanel untuk mengecilkan ukuran file di website termasuk CSS, HTML, JavaScript, dan CML Hal ini untuk mengurangi resource server untuk website

  1. Update WordPress Secara Berkala

Hal yang paling penting untuk meningkatkan kecepatan website adalah menggunakan WordPress terbaru atau yang rutin di-update secara berkala.

Itulah cara mempercepat website WordPress agar loading page tidak lebih dari tiga detik.

Baca Juga