fbpx

Cara Memilih Hosting Terbaik 2022

Seperti yang sudah di ketahui, website tidak pernah lepas dari hosting. Dua hal ini merupakan paket lengkap yang dapat menopang kinerja website agar lebih baik lagi dan bisa mencapai goals yang ingin di raih. Maka dari itu, jika Anda hendak ingin membangun sebuah website maka di perlukan memilih hosting terbaik agar website yang Anda bangun nantinya bisa berkembang.

Selain itu, hosting merupakan suatu komponen yang penting di dalam membangun sebuah website. Oleh karena itu, di luar sana, ada banyak sekali pilihan hosting. Mulai dari Shared Hosting, WordPress Hosting, Cloud Hosting sampai VPS Hosting. semua layanan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Lalu bagaimana cara memilih hosting terbaik untuk website Anda? Berikut ini kami sudah merangkum penjelasannya dan juga tips untuk memilih hosting terbaik untuk website Anda. Namun sebelum lanjut, ada baiknya Anda jelas terlebih dahulu apa itu hosting.

Apa itu Hosting?

Hosting merupakan suatu tempat di mana semua data website tersimpan. Data yang tersimpan ini dapat di kelola oleh pemilik website dengan internet. Yang termasuk data yaitu bisa berupa gambar, video, email, script, aplikasi sampai database penting.

Setiap hosting mempunyai kapasitas penyimpanan masing-masing. Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna atau pemilik website. Karena pada dasarnya, web di gunakan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada yang untuk kebutuhan pribadi yang bisa di jadikan portfolio atau blog, website organisasi atau perusahaan sampai toko online atau e-commerce bagi para pebisnis online. Semua jenis website ini pasti saja tidak menggunakan hosting dengan kapasitas yang sama besarnya. Tetapi fungsionalitasnya tetap sama, untuk menyimpan data website Anda.

1. Tentukan Sistem yang Ingin Digunakan

Sistem yang di gunakan untuk membuat website merupakan salah satu faktor yang perlu di pertimbangkan ketika memilih webhosting. Di Indonesia sendiri, mayoritas website dibuat menggunakan sistem WordPress yang terkenal lebih mudah di gunakan dan SEO Friendly.

Selain WordPress, ada pula sistem lain yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti Blogger, Wix, Joomla, dan sebagainya. Meski berbagai jenis sistem itu bisa berjalan di layanan web hosting paket apapun, tetapi Anda sangat di sarankan untuk memilih paket hosting yang sudah dibuat berdasarkan kebutuhan.

Contohnya seperti paket Hosting WordPress yang bisa Anda dapatkan di Dewabiz. WordPress hosting adalah jenis paket hosting yang sudah di optimalkan secara khusus untuk dapat menjalankan WordPress agar mendapatkan performa maksimal. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih produktif di dalam memproduksi konten-konten blog lewat WordPress Anda.

2. Menyimak jenis Website

Faktor pertimbangan berikutnya di dalam memilih hosting adalah jenis website. Sebagai informasi, layanan website hosting sendiri hadir di dalam bermacam paket pilihan, dan salah satunya adalah untuk mengantisipasi hal ini.

Pasalnya, setiap website memiliki kharekteristik yang berbeda-beda berdasarkan jenis dan fungsinya. Misalnya, jika Anda ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, maka cukup menggunakan paket hosting murah (Shared hosting) yang kisaran harganya hanya belasan ribu rupiah per bulan.

Tapi, jika Anda ingin membuat website berjenis toko online dengan banyak product dan kegiatan kunjungan yang besar, Anda bisa memilih paket hosting virtual private server (Vps) yang tentunya memiliki performa yang jauh lebih baik.

Perlu Anda ketahui, hosting VPS memang di peruntukkan bagi para pemilik website yang berskala besar, karena sumber daya milik hosting jenis ini hanya di gunakan oleh pemiliknya. Berbeda dengan shared hosting yang sumber daya pada satu server di gunakan oleh beberapa pengguna sekaligus.

Ketika salah satu pengguna shared hosting menggunakan sumber daya secara hiperbola, Anda pun juga akan terdampak.

3. Lokasi Sasaran Pengunjung

Memilih hosting terbaik pasti tidak lepas dari kenyamanan dan keamanan data sasaran pengunjung Anda. Bila Anda punya sasaran pembaca dari Indonesia, maka sudah seharusnya menggunakan provider web hosting terbaik yang mempunyai data center di Indonesia.

Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading, menggunakan hosting dari penyedia di dalam negeri juga lebih mudah di dalam menjalin komunikasi ketika terjadi masalah. Terlepas dari semua itu, dari segi keamanan dan teknologi, data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir berkaitan hal ini. Berbicara terkait data center, Dewabiz sebagai penyedia hosting murah terbaik juga mempunyai data center di Indonesia. Dengan demikian, Anda tidak perlu meragukan kualitas hosting yang di tawarkan oleh Anda

4. Jenis Konten yang Disajikan

jenis konten pada website akan sangat berpengaruh di dalam menentukan paket hosting. Pasalnya, kebutuhan website yang mayoritas memuat artikel tulisan pasti akan jauh berbeda di bandingkan web video streaming atau website gambar atau wallpaper.

Jadi, sebagai pemilik website, Anda harus mengetahui tujuan pembuatan website, apakah kedepannya hanya akan memuat tulisan, gambar, atau akan menampilkan video yang bisa di tonton oleh pengunjung secara langsung.

Contohnya adalah bila website nantinya hanya akan memuat artikel biasa, menggunakan paket yang paling murah pun sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan Anda. Tetapi, bila ingin membuat situs untuk streaming video misalnya, tentunya menggunakan dedicated server akan lebih di sarankan.

5. Harga

Harga terkadang menjadi hal yang dapat membatalkan ketentuan pengguna ketika memilih hosting terbaik. Memang, beragam product apa saja yang mengklaim dirinya terbaik pastinya sudah memiliki nilai yang tinggi, maka tak heran bila harganya cukup tinggi dibanding yang lain.

Apalagi, konsumen juga enggan berpaling meski harganya tinggi karena memang mereka merasa mendapatkan apa yang diinginkan. Tapi, bila Anda lebih jeli mencari informasi tentang harga hosting terbaik dengan harga yang lebih terjangkau, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah mulai banyak hosting murah dengan kualitas terbaik.

Contohnya adalah hosting murah dari Dewabiz yang harganya mulai dari Rp14.500 saja. Untuk kualitasnya, hosting ini sudah menggunakan Hybrid SSD yang bisa membantu performa website dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan layanan dukungan 24/7. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung beralih menggunakan hosting terbaik dari kami!

6. Jumlah Domain

Dalam pembelian hosting, biasanya terdapat ketentuan yang menyebutkan jumlah maksimal penambahan domain atau addon domain. Nah, hal ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan di dalam memilih hosting disesuaikan kebutuhan.

Sebagai informasi, untuk paket hosting murah (Shared hosting), Anda biasanya hanya diberikan slot untuk dua hingga tiga domain saja. Kala itu, untuk paket yang lebih tinggi seperti VPS atau dedicated server, Anda bisa lebih leluasa di dalam menaikkan domain lebih-lebih sampai tak terbatas.

Nah, itulah ulasan menarik dari artikel kami yang membahas tentang cara memilih hosting terbaik terbaik 2022 alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu untuk memilih hosting terbaik agar website yang Anda bangun lebih berkembang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!