fbpx

Cara Memilih Dedicated Server yang Tepat untuk Website Anda

memiliki sistem operasi mandiri sehingga memungkinkan pengguna dapat mengelola dengan fleksibilitas tinggi. Karena pentingnya peran web ini, pastikan Anda tahu bagaimana cara memilih dedicated server yang tepat.

Cara Memilih Dedicated Server

cara memilih dedicated server

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih dedicated server yang tepat untuk mendukung keberhasilan website yang Anda kelola.

1. Spesifikasi Server

Cara pertama memilih dedicated server adalah dengan memperhatikan spesifikasi server. Hal ini penting menjadi pertimbangan karena akan berpengaruh terhadap performa Anda.

Pastikan pula bahwa spesifikasi server yang akan Anda pilih merupakan jenis dan eksklusif. Artinya, berbeda dengan layanan shared hosting pada umumnya.  

Layanan Dedicated Server dari DewaBiz merupakan spesifikasi server terbaik yang didukung teknologi tinggi dan terbaru. Anda bisa memanfaatkannya untuk akses internet yang super cepat.

2. Server Prioritas

Pastikan Anda mendapatkan server prioritas agar Anda bisa mengendalikan atau memiliki hak penuh untuk mengakses server Anda.

Semua klien yang menggunakan layanan dedicated server juga mendapatkan bantuan teknis seperti penanganan hardware dan untuk memastikan internet Anda berjalan maksimal.

Jika diperlukan, Anda juga bisa meminta customer service untuk melakukan instalasi Operating System dan konfigurasi awal. Pastikan Anda mendapatkan hak tersebut.

3. Teknisi Berpengalaman

Tidak ada keberhasilan dalam pengelolaan web hosting tanpa kehadiran teknisi yang profesional dan berpengalaman.

Keberadaan mereka sangat dibutuhkan untuk menangani berbagai permasalahan teknis yang mungkin timbul, yang berpotensi mengganggu performa internet Anda.

Baca Juga :  Tips Memilih Domain Untuk Bisnis

Jadi, pastikan layanan web hosting yang Anda pilih menyediakan teknisi berpengalaman untuk keperluan maintenance rutin agar dedicated server bisa terus running well.

4. Kapasitas Memori

Tidak kalah penting sebagai cara cerdas memilih dedicate server adalah dengan memahami kapasitas memori yang disediakan. Kapasitas memori yang cukup dibutuhkan untuk mendukung website Anda berjalan dengan baik.  

Tidak ada web yang memiliki akses yang cepat tanpa dukungan kapasitas RAM yang tinggi. Oleh karena itu, ini adalah masalah krusial saat Anda harus memilih dedicated server terbaik.

Bila perlu, tanyakan pada penyedia web hosting tentang kapasitas memori ini dan pastikan mendapatkan yang terbaik agar Anda tidak kecewa di kemudian hari.

5. Faktor Keamanan

Faktor keamanan juga harus menjadi bagian dari pertimbangan memilih dedicated server terbaik untuk mendukung kinerja situs internet Anda.

Untuk itu, menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk menggunakan layanan web hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Yang lebih penting, semua penting yang Anda miliki terjamin keamanannya. Jika Anda seorang pelaku , Anda wajib punya high security hosting.

6. Kualitas Jaringan

Jangan harap Anda memiliki akses internet super cepat tanpa didukung jaringan terbaik. Untuk itu, tips memilih Dedicated Server selanjutnya adalah memperhatikan kualitas jaringan internet.

Untuk mendapatkan jaringan dengan kualitas terbaik, Anda harus mencari penyedia layanan web hosting yang menawarkan banyak pilihan lokasi fisik dedicated server.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan Anda untuk mendapatkan kualitas jaringan terbaik serta meminimalisir risiko munculnya gangguan teknis, dsb.

7. Menyesuaikan Budget

Anda wajib mempertimbangkan budget yang Anda miliki untuk membeli/menyewa dedicated server. Hindari istilah “besar pasak daripada tiang”.

Baca Juga :  Cara Jitu Belajar Web Design Untuk Pemula

Meskipun tipe web hosting ini menjadi pilihan banyak orang, namun mengingat harganya cukup mahal, Anda yang punya anggaran pas-pasan disarankan agar tidak memaksakan diri memilikinya.

Jadi, yang paling bijak adalah menghitung budget dengan cermat sebelum memutuskan membeli/menyewanya. Hitung semua kebutuhan, misalnya berapa biaya setup, lisensi software, dll.

Itulah 7 cara memilih dedicated Server yang bisa Anda coba terapkan sebelum membeli/menyewa salah satu jenis web hosting paling populer ini.