fbpx

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding, Cek Disini!

Membuat website mungkin terdengar mustahil bagi mereka yang tak memiliki pengetahuan tentang internet dan . Padahal sebenarnya, ada cara membuat website tanpa coding yang bisa Anda coba. Lalu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk membuat website secara lengkap? Simak penjelasan berikut ya:

Tentukan Jenis Website yang Akan Dibangun

Hampir semua aktivitas membutuhkan tujuan yang jelas agar bisa berjalan dengan baik. Sama halnya dalam membangun sebuah website, penting sekali untuk menentukan jenis website yang akan dibuat dan digunakan untuk kepentingan apa nantinya.

Dengan mengetahui jenis, tentu Anda bisa membayangkan bagaimana konsep dan pemilihan domain, web nantinya. Ada banyak jenis website yang bisa dipilih, meliputi:

Toko Online

Banyak digunakan untuk memperjualbelikan barang serta produk secara online.seperti yang diketahui jika perkembangan bisnis online saat ini sangat melejit, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang.

Website Pribadi

Jenis website satu ini lebih ke sharing informasi, namun, meskipun sifatnya pribadi, jenis website satu masih bisa digunakan untuk kepentingan bisnis.

Portofolio

Banyak digunakan untuk memabntun identitas pribadi maupun instansi pemerintahan dengan lebih profesional. Memasang secara online membuka peluang agar lebih banyak orang yang mengetahui profil Anda.

Situs Berita

Berisikan update berita terbaru yang mampu menjangkau pembaca lebih luas. Kunci dari membuat website berita yang memiliki trafik tinggi adalah dengan membuat informasi yang kredibel dan actual.

Pilihlah Platform Website

Langkah berikutnya yang harus dilakukan dalam membuat website adalah memilih platform yang akan digunakan. Ingin membuat website tanpa coding? adalah solusi tepat untuk Anda. Dengan memanfaatkan platform ini, Anda bisa membuat website tanpa harus menguasai .

Keuntungan, Anda bisa membuat website tanpa coding secara gratis menggunakan WordPress. Meskipun gratis, fitur yang bisa dimanfaatkan tetap banyak sehingga cocok untuk pemula seperti Anda yang masih awam tentang coding.

Baca Juga :  Memperbaiki Permalink di WordPress [Mudah dan Lengkap]

Pilih Hosting yang Tepat

Untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu harus ada biaya yang dikeluarkan. Meski membuat website dengan WordPress gratis, Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli hosting agar website bekerja lebih baik.

Saat ini ada banyak sekali penyedia layanan hosting dan nama domain yang bisa memfasilitasi Anda. Hosting berguna untuk menyimpan segala data website Anda nantinya. Termasuk didalamnya plugin, tema, media, teks, hingga draft konten yang telah dibuat sebelumnya.

Adapun jenis layanan hosting beberapa diantaranya meliputi shared hosting, cloud hosting, dan VPS.  Setiap layanan ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini spesifikasi layanan tersebut:

·         Shared hosting: mudah diinstal, segi performa bisa diandalkan, unlimited bandwidth, gratis domain dan . Cocok untuk Anda yang ingin membuat website portfolio, website pribadi, hingga toko online bisnis.

·         Cloud hosting: keamanan dan perlindungan tergolong baik. Mudah dalam hal pengelolaan, sumber daya nya besar, serta fully managed. Cocok untuk website toko online dengan jumlah pengunjung yang membludak.

·         VPS hosting: performanya lebih optimal, reputasi baik, lebih mudah di backup, bebas dalam pengelolaanya. Baik dimanfaatkan untuk membuat website layanan streaming.

Pilih Nama Domain Semenarik Mungkin

Tak hanya hosting yang penting dimaksimalkan dalam membangun sebuah website, nama domain pun sama pentingnya. Secara sederhana, baik hosting dan domain nantinya akan menjadi alamat untuk website Anda. Ini akan mempermudah pengunjung untuk mengakses situs di mesin pencari Google.

Domain tidak harus ekstensi .COM, sebab masih banyak pilihan lain yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya meliputi: .CO.ID, >WEB.ID, .NET, .ONLINE, dan banyak lagi jenis lainnya. Agar optimal menentukan nama domain yang tepat, berikut tip memilih yang bisa Anda coba:

·         Jangan menggunakan tanda hubung ataupun angka

·         Gunakan kata yang muda diingat

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Instagram Ketika Lupa Password

·         Buat domain yang singkat dan jelas

·         Sesuaikan dengan kepentingan bisnis Anda.

Install WordPress

Langkah selanjutnya membuat website tanpa coding adalah menginstall WordPress.  Setelah menginstall, selanjutnya Anda melangkah ke tahap selanjutnya:

–          Login

–          Buka Softaculous Installer, lalu klik logo WordPress

–          Klik Install Now

–          Pilih domain

–          Lengkapi detail website Anda

–          Lengkapi serta username

Setelah semua langkah dilakukan, Anda sudah bisa login ke dashboard WordPress  Anda. Pengaturannya tentu masih default, jadi aturlah dan lengkapi dengan tema menarik dan mulailah untuk mengoptimasi website dari segi kinerja juga konten yang dibuat.

Amankan Website dengan Memperkuat Keamanan

WordPress yang baru saja diinstal tentu masih menggunakan keamanan dasar sehingga Anda harus memperkuat lapisan keamanan  website.  Beberapa cara memperkuat keamanan ini bisa dilakukan dengan menginstall plugin keamanan, mengubah login, hingga menggunakan password yang rumit.

Jangan lupa untuk rutin melakukan backup agar bisa meminimalisir kehilangan file atau dokumen penting. Perkuat keamanan ini tentu bisa menghindarkan website Anda dari serangan hacker, malware atau virus.

Monitor Performa Website Menggunakan Google Analytics

Terakhir langkah membuat website tanpa coding adalah menginstall Google Analytics sebagai alat untuk menilai performa website. Jika sudah mengoptimasi situs dengan menerapkan dan lainnya, maka kemungkinan trafik website meningkat sangatlah besar.

Nah, untuk memantau semua itu tentu Anda membutuhkan tools. Salah satu yang bisa digunakan adalah Google Analytics ini. Tool ini juga mampu membantu Anda memahami pengunjung website. Informasi tentang apa yang mereka butuhkan, konten mana yang paling banyak peminatnya, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang cara membuat website tanpa coding. Jika mengikuti langkah di atas, maka Anda sudah menciptakan website sendiri dengan mudah. Sekian dan semoga informasi di atas bermanfaat.