fbpx

Cara Membuat Website dengan Design Menarik

tentu bukan hal yang asing lagi saat ini. Perkembangan yang semakin modern membuat semua industri mulai memperluas jangkauannya melalui situs website. Hal ini tentu membuat mereka harus berpikir dan membuat desain web yg dimiliki menarik dan unik. 

Desain Website merupakan hal penting dalam sebuah web sebab desain tersebut dapat mencerminkan seperti apa bisnis yang dijalankan atau apa saja yang disajikan dalam web tersebut. Desain ini sendiri berupa unsur estetika pada sebuah website, yaitu terdiri dari pemilihan warna, kesesuaian tata letak, dan lainnya yang berkaitan dengan keindahan visual. 

Untuk menghasilkan sebuah desain, dibutuhkan berbagai program tertentu dalam prosesnya, misalnya Photoshop. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai mendesain web yang dimiliki adalah tujuan web, seperti apa gambaran yang akan ditampilkan dalam web tersebut dan apa keunikan yang dimiliki. Desain yang bagus turut berkontribusi terhadap banyak tidaknya viewer web tersebut.  

Apa itu Web Desain? 

Secara garis besar, web desain ini merupakan sebuah proses membuat tampilan visual dalam sebuah website baik itu untuk web e-commerce, web pribadi maupun web lembaga tertentu. Terdapat 2 hal yang perlu dipahami dalam sebuah web desain, yaitu Hypertext Markup Language dan Cascading Style Sheets (CSC). 

Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang menggunakan tag tertentu untuk menyatakan sebuah kode yang mesti diterjemahkan oleh browser agar suatu halaman dapat ditampilkan dengan benar.  Secara umum HTML berfungsi untuk membuat tata letak halaman web, mengolah berbagai data dan informasi agar bisa ditampilkan melalui pencarian , dll. 

Baca Juga :  Cara Order Backlink di DewaBiz

Cascading Style Sheets (CSS)   adalah sebuah kode yang digunakan untuk membantu HTML dalam melakukan desain web. Biasnya, CSC ini digunakan untuk mengatur berbagai tampilan elemen yang ditulis dalam bahasa markup. Dalam membuat desain web, HTML dan CSC harus selalu digunakan beriringan, sebab HTML sebagai bahasa markup dan CSC yang memperbaiki tampilan websitenya. 

Cara Mendesain Website Agar Terlihat Menarik

Dalam mendesain sebuah website, Anda perlu memperhatikan berbagai hal agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah sebagai berikut. 

1. Hosting Yang Tepat Dan Dapat Diandalkan

ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai data yang ada pada situs website. Dengan adanya hosting memungkinkan Anda untuk mengembangkan berbagai web, melindungi situs dengan dan membuat profesional. 

Memilih layanan hosting yang Andal harus dilakukan, sebab hosting menjadi tempat yang meungkinkan website Anda dapat menyimpan data. Terkadang banyak yang tergiur dengan harga hosting  yang rendah dan tidak memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan. Padahal layanan hosting adalah hal yang fundamental yang perlu dimiliki. 

Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah layanan hosting, Anda perlu mengecek apakah layanan bantuan yang ditawarkan cepat tanggap atau tidak, performa yang dimiliki tinggi, fitur-fitur tambahan yang dimiliki, serta apakah layanan tersebut kompatibel dengan platform yang akan Anda gunakan saat membuat website. 

2. Memilih Platform Untuk Membuat Website

Setelah Anda memutuskan akan menggunakan layanan hosting yang mana, selanjutnya adalah memilih platform yang akan Anda gunakan untuk membuat website.Dalam dunia website, ada yang disebut sebagai Sistem Manajemen Konten (CMS) yang digunakan sebagai platform untuk membuat website, Misalnya wordPress, Joomla ataukah Website builder. 

3. Install Tools Yang Diperlukan

Untuk mendesain sebuah website, perlu adanya tools tambahan untuk memperlancar proses pendesainan website. Biasanya, CMC yang digunakan akan menawarkan tema-tema bawaan yang dimiliki. Anda dapat menyesuaikan tawaran tema tersebut dengan style  atau rancangan website yang Anda inginkan. 

Baca Juga :  Apa Perbedaan Hosting dan Domain? Baca Selengkapnya

Hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menambahkan tools tersebut adalah rangkaian fitur, opsi kostumisasi, kemampuan respons, SEO, rating dan ulasan, kompatibilitas ekstensi dan browser serta update terakhir. 

4. Buat Mockup Untuk Desain Web Anda

Setelah Anda memiliki tools pendukung, selanjutnya Anda perlu membuat sketsa yang akan Anda tampilkan pada website Anda. Bisa menggunakan pulpen dan kertas atau bisa juga dengan bantuan alat . Anda hanya perlu menambahkan elemen-elemen yang ingin ditampilkan dan susun tata letaknya agar enak dipAndang mata. 

5. Membuat Dan Memperjelas Prototipe Desain

Setelah Anda sudah memiliki gambaran dan sketsa yang jelas, selanjutnya adalah memindahkan desain tersebut dalam bentuk digital dan  mempertajam sketsanya agar menjadi tampilan yang menarik. Proses ini didukung oleh apa saja yang Anda miliki. Misalnya pemilihan font dan ukuranya. 

Dalam proses pemindahan dari sktsa ke bentuk digital (final) tak jarang hasilnya sedikit berbeda dari rancangan awal.  Namun ini hal yang wajar saja, sebab biasanya terdapat faktor lain yang mempengaruhi selama pengerjaannya. Waktu yang diperlukan dalam mendesain nya pun berbeda-beda, tergantung seberapa perfeksionis Anda dalam suatu hal.

6. Mengecek Desain Yang Dibuat Melalui Perangkat Mobile

Setelah semua langkah di atas telah Anda lakukan, selanjutnya Anda perlu mengecek desain yang telah Anda buat di perangkat mobile. Anda bisa menilai apakah desain yang Anda buat sudah bagus atau masih perlu dilakukan revisi untuk memperindah visual website Anda. Anda perlu memastikan bahwa desain yang Anda  buat bagus bahkan dengan resolusi yang rendah sekalipun. 

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat sebuah desain website yang menarik dan juga unik agar mampu menghasilkan traffic yang tinggi. Yang penting juga dalam mendesain website adalah tampilan visualnya sesuai dengan tujuan yang dimiliki.