fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Membuat Undangan Digital Sendiri, Mudah Kok!

Wiliam

Saat membuat sebuah acara, terkadang kita membutuhkan undangan untuk mengundang para tamu. Misalnya acara syukuran, nikahan, ulang tahun atau acara lainnya. 

Saat menggunakan undangan cetak, artinya Anda perlu membawa undangan tersebut ke tangan para tamu secara langsung. Hal tersebut tentu saja akan memakan waktu dan tenaga yang banyak apalagi jika orang yang ingin diberi undangan jauh dari jangkauan. Oleh karena itu, saat ini banyak yang lebih memilih untuk membuat undangan digital, yaitu undangan yang tak perlu dicetak dan dikirimkan melalui internet. 

Membuat undangan digital di tenaga profesional tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini mungkin saja akan membuat Anda berpikir kembali untuk membuat undangan tersebut. Jika uang Anda pas-pasan, Anda bisa membuat sendiri undangan digital yang ingin diberikan kepada tamu, apalagi sudah banyak platform yang mendukung pembuatan undangan digital sendiri. 

Yap, anda tidak perlu lagi repot-repot membuat undangan cetak atau undangan digital melalui tenaga profesional, sebab Anda disebabkan sendiri undangan digital tersebut dengan mudah dan praktis anda pun bisa langsung mengirim undangan tersebut secara online misalnya melalui WhatsApp, Line, Messenger, atau platform pesan lainnya.  penasaran dengan cara pembuatannya? Simak Penjelasan yang berikut ini. 

Cara Membuat Undangan Digital Sendiri

Untuk membuat undangan digital, terdapat beberapa langkah yang perlu Anda tempuh, mulai dari membuat konsep hingga pada proses penyebaran undangan tersebut. Dalam proses pembuatan undangan digital ini, Ada beberapa platform yang bisa anda gunakan, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. 

Untuk lebih jelasnya mengenai langkah pembuatan undangan digital sendiri, berikut ini langkahnya:

1. Membuat konsep undangan digital

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat tempe digital yaitu membuat konsep undangan yang diinginkan. Konsep ini dibuat dengan mempertimbangkan jenis acara yang akan diselenggarakan sebab setiap acara tentu memiliki konsep yang berbeda.  Dengan mengetahui acara yang dilakukan, Anda bisa menyesuaikan dengan gambar, font tulisan, dan warna yang akan digunakan.

Beberapa contoh konsep undangan digital yang bisa anda pakai, yaitu:

  • Elegan 

Konsep undangan digital yang pertama yaitu elegan. Untuk undangan dengan konsep ini, anda bisa memadukan warna coklat, emas dan putih. Yang mana konsep elegan juga dapat ditunjukkan melalui kontur misalnya beserta ikon yang digunakan oleh. Konsep ini biasanya digunakan untuk membuat undangan pernikahan. 

  • Minimalis

Kunci kondangan selanjutnya yaitu dengan tema minimalis. Konsep ini biasanya memadukan dua hingga tiga warna, misalnya hitam, krem, dan putih. Ikon yang digunakan pun tidak terlalu banyak dan informasi di dalamnya singkat tetapi.  

  • Simpel

3D lihat sekilas, simple dan minimalis sekilas terlihat mirip. Bedanya konsep undangan yang simpel cara menggunakan ikon serta menggunakan font tulisan yang tegas. Biasanya konsep undangan ini juga digunakan untuk pernikahan.

  • Fairytale

Selanjutnya konsep undangan fairy tail yang memanfaatkan font dan warna pastel. Biasanya konsep bilangan ini digunakan untuk membuat undangan ulang tahun anak karena kesannya yang ceria. 

2. Menentukan platform yang akan digunakan

Setelah menentukan konsep yang akan dibuat, selanjutnya anda perlu menentukan platform apa yang akan digunakan untuk membuat konsep tersebut. Anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi dan website yang bisa anda manfaatkan untuk membuat undangan mulai dari menggunakan ponsel, laptop, hingga komputer.

Beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan yaitu Canva, Evite, dan Microsoft office:

  • Canva 

Peraturan pertama yang bisa anda gunakan untuk membuat undangan digital yaitu platform ini merupakan salah satu platform design yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, misalnya untuk membuat Instagram, dan benar tanda komas pondok, hingga mendesain TV. 

Anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa di download di Play store dan app store ataupun mengunjungi website resmi canva melalui mesin pencarian.

Dalam aplikasi ini, tersedia berbagai pilihan template yang bisa Anda gunakan mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar.

Cara menggunakan Canva cukup simpel, pertama kunjungi laman Canva.com pada mesin pencarian atau menginstalnya di ponsel Anda. 

Jika ingin menggunakan template, ketik jenis undangan di kolom pencarian. Setelah beberapa saat akan muncul berbagai pilihan template. Selanjutnya Anda bisa memilih desain yang ingin  digunakan lalu ubah keterangan dan informasi sesuai dengan acara yang akan Anda lakukan.

  • Evite

Platform selanjutnya adalah Evite. Platform ini merupakan salah satu situs yang menyediakan jasa membuat undangan digital secara online. 

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama kunjungi website resminya di Evite.com. selanjutnya pilih browse invitation lalu pilih salah satu kategori undangan yang Anda inginkan. Masukkan informasi sesuai dengan acara yang Anda buat di form yang disediakan. 

Klik tombol continue lalu buat akun atau masuk ke akun Evite jika sudah memilikinya. Selanjutnya, masukkan alamat email atau nomor genggam dari tamu yang ingin Anda undang pada kolom yang tersedia. Terakhir klik finish and send pada bagian pojok kanan atas untuk mengirim undangan.  

3. Membuat sketsa desain undangan

Setelah menentukan platform yang ingin digunakan, Anda bisa membuat sketsa desain undangan sesuai konsep dan menggunakan template di platform yang dipilih.

4. Cek kembali undangan

Setelah undangan selesai, Anda bisa mengecek kembali apakah masih ada yang dalam sesuai atau sudah sesuai. 

5. Mengirimnya kepada para tamu undangan

Dan terakhir, Anda bisa mengirim undangan tersebut ke seluruh tamu yang ingin anda undang melalui pesan singkat. 

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat undangan digital sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Baca Juga