fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Membuat UMKM Go Digital, Apa Saja Keuntungannya

Wiliam

Menghadapi era industrial dan digitalisasi, pemerintah berusaha mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam berbagai sektor untuk bisa mengikuti era ini. Sektor yang mendapat perhatian lebih adalah dari segi ekonomi dengan merancang UMKM Go Digital untuk menjalankan bisnis. Hal ini dilakukan untuk membantu usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan daya saing dan akses pasar yang lebih luas.

Keuntungan dari UMKM Go Digital

Sejak tahun 2021, Indonesia mengalami peningkatan pendapatan dari sektor ekonomi digital yang mencapai angka Rp 632 triliun. Angka ini cukup fantastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga pemerintah berusaha memaksimalkan sektor perekenomian digital.  Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pada sektor ekonomi, pemerintah memaksimalkan  peran usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Konsep yang kemudian di usung adalah Go Digital yang lebih mengikuti kemajuan zaman. Melalui penerapan konsep Go Digital, bisnis konvensional dapat lebih maju menjadi digital atau virtual.

Tidak melulu seputar pemasaran produk/jasa, Go Digital juga mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan dan mitra bisnis lainnya. Harapan utamanya adalah bisnis lebih fleksibel, efisien dan efektif seperti yang diinginkan. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari penerapan Go Digital pada UMKM.

• Terciptanya efisiensi kerja yang memudahkan pelaku bisnis UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Misalnya saja efisiensi dari segi biaya, di mana pelaku bisnis tidak lagi perlu mengeluarkan biaya promosi atau transportasi karena keduanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan social media.

• Meminimalisir kehilangan pasar yang dapat mengurangi pendapatan bisnis.

• Dapat memperluas jaringan pasar ke berbagai wilayah.

• Menekan biaya operasional.

• Pertumbuhan bisnis lebih cepat dengan bantuan platform digital.

• Dapat bersaing lebih sehat dan profesional dengan pemilik bisnis lain

Cara Membuat UMKM Menjadi Go Digital

Pemerintah sudah memberikan kesempatan besar kepada seluruh bisnis kecil dan menengah untuk mengembangkan bisnisnya dan di upgrade ke versi digital. Maka dari itu, pebisnis harus mengikuti perkembangan yang ada demi kelangsungan bisnisnya. Berikut ini cara membuat UMKM Go Digital yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

1. Membuat Website atau Toko Online

Langkah pertama tentu membuat website atau toko online sebagai media promosi bisnis yang dimiliki. Anda tentu perlu memilih platform yang sesuai dan banyak diketahui oleh target pasar seperti WordPress, WooCommerce, dan sebagainya. Pastikan pula website yang dibuat memiliki interface yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna internet.

Pemilihan platform juga harus memperhatikan kebutuhan bisnis. Selanjutnya, Anda bisa membeli nama domain dan hosting untuk kelengkapan website yang akan dibuat, Selain berbayar, ada juga beberapa domain dan hosting yang tersedia secara gratis, ada pula yang bisa dibeli secara terpisah.

2. Memanfaatkan Sosial Media

Tips paling penting dari UMKM Go Digital adalah pemanfaatan social media sebagai sarana promosi produk atau bisnis. Anda bisa menggunakan social media besar dan terkenal seperti Intagram, Facebook, Twitter, dan Linkedln sebagai media. Penggunaan social media sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis yang dimiliki ke khalayak umum.

Setelah memilih social media yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis, Anda bisa membuat konten yang bermanfaat juga menarik target pasar. Sering-seringlah berinteraksi dengan target pasar dengan tindakan responsive untuk membangun hubungan yang lebih baik. Selain itu, gunakan hashtag yang sesuai dan lakukan promosi secara teratur untuk memperluas jangkauan pasar.

3. Manfaatkan Platform E-Commerce untuk Penjualan

Selain social media, Anda juga bisa memanfaatkan platform E-Commerce untuk penjualan produk secara online. Setiap platform memilik ketentuan dan kebijakan untuk pengguna, maka pastikan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain toko online dengan menarik pada platform yang dipilih. Pastikan toko memiliki informasi yang lengkap tentang bisnis, mulai dari lokasi dan nomor yang bisa dihubungi. Selanjutnya masukkan gambar produk dengan deskripsi yang jelas untuk membantu target pasar mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda.

4. Beralih ke Aplikasi Pembayaran Online

Era digital sekarang ini masyarakat sudah beralih ke pembayaran digital. Ini yang juga Anda perlukan untuk UMKM Go Digital, yakni menawarkan pembayaran digital. Beberapa aplikasi yang bisa dipilih sepeti OVO, Dana, Gopay dan transfer Bank. Ini sangat mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi di rumah saja.

Anda perlu mendaftar pada aplikasi pembayaran online tersebut dan dikoneksikan dengan bisnis yang dikelola. Setiap aplikasi pembayaran online memiliki jenis pembayaran yang berbeda. Pilih yang cocok dan mudah digunakan seperti fitur transfer dana atau menggunakan kode QR.

5. Gunakan Sistem Manajemen Inventori dan Penjualan

Sulit untuk melakukan pengelolaan produk di platform digital jika tidak menggunakan system digital pula. Anda bisa memanfaatkan system manajemen inventori dan penjualan untuk mengelola semua aktivitas bisnis Sistem yang bisa Anda pilih seperti Xero dan QuickBooks dengan menginput data produk ke dalam system. Outputnya berupa laporan yang bisa digunakan untuk mengelola bisnis.

6. Belajar Digital Marketing

Terakhir, pelajari mengenai konsep digital marketing sebagai pondasi pemahaman bisnis digital. Anda bisa belajar melalui buku, internet, atau mengikuti workshop yang dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan tentang digital marketing. Ini akan sangat berguna untuk membuat Anda lebih memahami alur dan mengembangkan bisnis UMKM Go Digital.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat UMKM Go Digital dan keuntungan yang diperoleh dari penerapannya dalam bisnis. Dengan digitalisasi dalam bidang ini, tidak ada lagi tembok pemisah antara penjual dan pembeli serta transparansi harga yang lebih baik. Anda juga bisa menjangkau berbagai wilayah untuk memperkenalkan bisnis yang digeluti.

Baca Juga