fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Cara Membuat Subscribe di WordPress Termudah

Wiliam

Tak banyak pemilik website yang mengetahui bagaimana cara membuat subscribe di WordPress. Padahal cara membuat subscribe di dalam WordPress sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja meskipun pemula sekalipun. Adapun subscribe dalam cara ini akan membuat para pengunjung situs mendaftarkan email mereka ke untuk berlangganan ke website milik Bizzie .

Ada banyak alasan mengapa orang-orang tertarik untuk subscribe. Sebagai pemilik situs, Bizzie pun dapat menjalin hubungan yang lebih jauh terhadap para pengunjung website tersebut. Hal ini bisa mulai dari buletin yang mana membuat merek Bizzie selalu pengunjung ingat. Selain itu bisa juga di dalamnya berisi kampanye yang mempromosikan promosi terbaru dari Bizzie. Oleh sebab itulah cara membuat subscribe di dalam situs Bizzie sangatlah penting untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Membuat Subscribe di WordPress Paling Mudah?

Sebelum memahami bagaimana cara membuat subscribe di WordPress, ada baiknya Bizzie mengetahui pentingnya subscribe atau langganan tersebut. Pasalnya dengan penawaran berlangganan email di blog milik Bizzie, maka pemilik situs dapat membangun aliran pengunjung yang tetap dan teratur ke situs terkait. Bukan itu saja, berlangganan email juga membuat para pengunjung cara lain agar memakai konten milik Bizzie.

Pasalnya beberapa orang kemungkinan besar tak ada di sosial media. Akan tetapi kerap kali para pemula berpikir bahwa menambahkan langganan email merupakan proses yang cukup rumit. Padahal anggapan tersebut tidak benar sama sekali. Sebab pengaturan berlangganan RSS ke email WordPress sangatlah mudah bahkan hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit. Sesudah Bizzie mengaturnya, pembaca secara otomatis mendapat email harian berisi konten terbaru.

Lantas bagaimana cara membuat subscribe di WordPress milik Bizzie? Beruntung ada banyak plugin gratis yang akan memudahkan untuk menambahkan subscribe atau langganan email ke website. Meskipun ada banyak plugin, cara paling mudah untuk memulai hal tersebut adalah dengan memakai plugin WPForms. 

Plugin WPForms terintegrasi secara mulus dan dapat mengatur formulir optin menjadi lebih mudah. Jika Bizzie ingin menggunakan versi gratis dari plugin tersebut meskipun fiturnya terbatas akan dapat mengaktifkan plugin WPForms. Dengan demikian pemilik situs terbebas dari biaya layanan dan tetap bisa mengaktifkan subscribe untuk para pengunjung websitenya.

Untuk cara membuat subscribe di WordPress dengan WPForms, berikut adalah tutorial selengkapnya.

1. Pertama-tama Bizzie perlu menginstal serta mengaktifkan plugin bernama WPForms. 

2.  Sesudah berhasil aktivitas, pemilik website perlu mengunjungi halaman WPForms tersebut.

3. Setelah itu lanjutkan dengan tekan Tambah Baru lalu pilih template Formulir Pendaftaran Newsletter.

4.Di halaman selanjutnya, Bizzie nantinya mendapat permintaan agar mempersiapkan layanan pemasaran email di tab pemasaran.

5.   Dalam cara membuat subscribe di WordPress berikutnya, plugin WPForms kini akan memuat contoh pendaftaran buletin antarmuka pembuatan formulir. Ini mencakup beberapa bidang seperti nama belakang dan belakang, alamat email ke dalam formulir.

6.  Bizzie bisa merubah bidang formulir sesuai keinginan ataupun kebutuhan. Contohnya saja mengklik formulir untuk merubah judul ataupun memindahkannya dari atas ke bawah.

7.     Jika dirasa sudah sesuai dengan formulir pendaftaran tadi, tekan tombol simpan oranye besar yang berada di atas. 

8.     Kini saatnya Bizzie mengatur pesan konfirmasi. Inilah yang nantinya dilihat oleh pengunjung saat mereka mengirimkan formulir.

9.     Lanjutkan  dengan beralih ke tab Pengaturan lalu tekan di bagian Konfirmasi.

10.  Secara default, plugin WPForms menampilkan pesan konfirmasi yang bisa diubah menjadi apa saja maupun sesuai kebutuhan. Bahkan Bizzie bisa merubah jenis konfirmasi serta mengarahkan pengunjung ke URL maupun halaman mana pun.

11.  Setelah cara membuat subscribe di WordPress tersebut, kini formulir sudah siap dan Bizzie perlu menghubungkannya ke Kontak Konstan.

12.  Caranya adalah dengan memilih tab Pemasaran lalu tekan Kontak Konstan.

13.  Berikutnya tekan tombol Izinkan agar bisa melanjutkannya, dan akan ada kode otorisasi panjang agar bisa mendaftarkan formulir.

14.  Salin dan tempel kode otorisasi tersebut di dalam pengaturan WPForms, di sini pemilik situs dapat memberikan nama panggilan akun. Bizzie bisa menentukan nama panggilan akun dengan penyebutan apa saja.

15.  Terakhir klik tombol sambungkan agar bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. 

16.  Di layar berikutnya, Bizzie bisa memilih bidang yang ingin dilewati dari formulir ke Kontak Konstan.

17.  Pemilik situs dapat memilih email dan nama lengkap, namun pastikan kedua bidang sudah disertakan dalam formulir pendaftaran bulletin sebelumnya.

18.  Untuk cara membuat subscribe di WordPress berikutnya,tekan tombol oranye besar bertuliskan Simpan jika semua pengaturan dirasa sudah selesai.

19.  Setelah mempersiapkan formulir, Bizzie hanya perlu menempatkannya di situs WordPress milik sendiri. Misalnya saja pemilik situs hendak menempatkannya di sidebar, akan tetapi formulir bisa masuk ke bagian mana saja di dalam situs tersebut.

20.  Caranya adalah dengan membuka halaman Appearance kemudian Widgets dan silahkan tambahkan Widget W Form ke dalam sidebar situsnya.

21.  Kemudian berikan judul untuk widget tersebut kemudian pilih formulir untuk pendaftaran bulletin situs Bizzie.

22.  Jangan lupa untuk tekan tombol simpan agar dapat menyimpan pengaturan widget tersebut.

23.  Kini Bizzie pun bisa mengunjungi situs WordPress sendiri agar dapat melihat subscribe email secara langsung.

Itulah tata cara membuat subscribe di WordPress dengan plugin WPForms yang bisa Bizzie terapkan secara langsung. Sebagai informasi, ada banyak plugin untuk subscribe di WordPress termudah dalam pemasangannya. Bizzie dapat memilih plugin tersebut sesuai kebutuhan dan jika dirasa prosesnya paling mudah.

Baca Juga