fbpx

Cara Membuat Proposal Bisnis Plan

Mampu membuat rencana bisnis merupakan salah satu keuntungan bagi Anda jika ingin sukses sebagai pengusaha. Bagi sobat yang bingung, ini akan membahas contoh business plan secara detail.Rencana bisnis, atau business plan itu sendiri secara umum, dapat diartikan sebagai informasi rinci yang berisi tahapan-tahapan dalam membangun bisnis/perusahaan dari awal hingga kurang lebih lima tahun ke depan.
Jadi, rencana bisnis adalah salah satu aset terpenting yang harus dimiliki agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Memang, seperti dalam ilmu ekonomi dan sosial, teknik dan metode yang digunakan untuk membuat proposal rencana bisnis tidak kaku dan sakral.
Saat ini tentunya harus banyak membaca dan mempelajari contoh-contoh business plan sederhana agar ilmunya bisa bertambah agar mampu membuat desain business plan yang dapat diterima oleh banyak orang. Misalnya, jika Anda ingin memulai bisnis kuliner, Anda harus memiliki contoh presentasi bisnis makanan.

Jika perlu, perhatikan detail sampul proposal bisnis makanan. Tentunya hal ini berfungsi untuk memastikan rencana bisnis makanan Anda diterima oleh banyak orang.

Apa itu rencana bisnis?
Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang contoh business plan, mungkin ada beberapa sahabat yang belum sepenuhnya memahami pentingnya business plan. Rencana bisnis adalah rencana bisnis tertulis, yang telah dibahas sebelumnya, tentang bagaimana melakukan kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan bersama.

Setiap rencana bisnis perusahaan tentunya berbeda satu sama lain. Lalu apa saja contoh proposal rencana bisnis yang bisa membangkitkan minat sekaligus meyakinkan calon investor?
Mari kita lihat contoh rencana bisnis kedai kopi sederhana berikut ini.
Contoh proposal rencana bisnis

Latar Belakang

Bagian paling awal yang perlu diperhatikan sebelum membuat business plan yang baik dan benar adalah komponen background atau ada yang menyebutnya dengan executive summary.

Pada titik ini Anda dapat menuliskan alasan mengapa Anda ingin menghadirkan kedai kopi, sejarah penemuan ide kedai kopi, pencapaian/manfaat, hingga potensi yang dapat dikembangkan di masa depan.
Contoh penulisan latar belakang rencana bisnis yang “elegan” untuk kedai kopi. Kedai kopi yang “elegan” merupakan bisnis potensial yang mengutamakan bahan baku kopi murni dari seluruh pelosok tanah air.

Kedai kopi yang terletak di Jalan Palagan, Yogyakarta ini juga hanya menjual menu kopi espresso yang terbuat dari biji kopi pilihan yang diolah oleh barista terpercaya………”
Agar lebih dapat dipercaya dan persuasif, bagian latar belakang juga dapat diisi dengan literature review atau kutipan dari penelitian tentang manfaat konsumsi kopi dari universitas yang bertanggung jawab.

Baca Juga :  Ingin Menggunakan Jasa Penulis Artikel, Pelajari Beberapa Hal Ini

Penjelasan visi dan misi perusahaan

Setelah Anda selesai menulis bagian latar belakang, langkah selanjutnya adalah mengembangkan visi dan misi bisnis.Bagian ini harus jelas dan ringkas untuk menghindari salah tafsir oleh calon investor.

Contoh penulisan misi visi bisnis dalam rencana bisnis
Penglihatan:
Menciptakan kafe lezat yang dapat diterima semua orang.
Misi:
Memberikan rasa kopi terbaik
Menyediakan dengan layanan terbaik

Ikhtisar Produk

Saat menyajikan contoh rencana bisnis kepada calon investor, Anda juga harus mendeskripsikan produk bisnis dengan jelas dan sederhana. Contoh penulisan deskripsi produk dalam rencana bisnis:
Kedai kopi “bergaya” menjual espresso sebagai hidangan utama. Selain itu, ada juga beberapa menu pelengkap seperti aneka cake dan pastry, untuk menemani makan berat seperti spaghetti.”

Rencana Bisnis

Bagian terakhir ini memberikan informasi teknis yang cukup mendetail tentang bisnis yang Anda coba kelola, termasuk:
persiapan
Seperti halnya menjalankan pada umumnya, persiapan di sini mencakup informasi penjelas tentang proses pencarian bahan baku, pengolahannya sehingga dapat mencapai target pasar.

Contoh:
“Dalam bisnis kedai kopi, bahan baku berupa biji kopi dibeli dari tengkulak setiap tiga hari sekali. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 23.00.”

Anda dapat mengisi bagian ini dengan berbagai metode pemasaran digital dan tradisional untuk menarik calon pelanggan. Jangan lupa juga untuk menjabarkan strategi pemasaran yang terdiri dari segmen pasar, target pasar dan positioning produk agar lebih bersaing dengan perusahaan sejenis.

Contoh:
“Agar kafe “elegan” lebih dikenal, akan ada kampanye oleh buzzer dan influencer . Selain itu, ada juga akun media sosial khusus untuk menjalankan , termasuk dengan informasi promosi dan konten viral untuk menarik calon pelanggan.”Anda tidak perlu khawatir dengan biaya iklan yang berlebihan, anggap saja kegiatan ini sebagai wahana investasi.

rencana anggaran Biaya

Pada bagian ini, Anda harus menuliskan harga dan bahan baku yang digunakan secara menyeluruh dan rinci.
Contoh:
“Sewa Ruko: Rp 1.000.000
Pembelian Biji Kopi Arabika: @Rp110.000 x3 = Rp330.000
Gelas kertas: @Rp250 x 100 = Rp25.000
Dll……………”

Baca Juga :  Apa itu Kegunaan Vmware

sumber anggaran

Sumber anggaran bisa berasal dari dana pribadi, investasi atau pinjaman.
struktur organisasi
Dalam menjalankan bisnis, kita juga perlu memiliki struktur organisasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk ukuran perusahaan rintisan seperti kedai kopi yang “mewah” tidak harus memiliki struktur perusahaan hingga level direktur, yang penting ada batasan yang jelas antara manajemen dan keseharian. -administrasi hari.

Contoh:

“Direktur Utama: Budi

Bendahara : Ani

Pemasaran: Deni

Dll…….”
Ini adalah contoh kerangka rencana bisnis sederhana yang baik dan benar untuk meyakinkan investor. di atas tidak perlu diikuti persis seperti yang tertulis, namun tetap bisa dikembangkan menjadi kerangka rencana bisnis yang lebih menarik untuk disajikan.

Perlu diketahui bahwa setiap area bisnis tentunya akan memiliki standar tersendiri untuk poin-poin penting yang perlu dicantumkan dalam dokumen rencana bisnis. Jadi, seperti yang sudah disebutkan di paragraf pertama, jangan terlalu kaku dan kaku jika ingin mendapatkan bauran bisnis plan yang bisa diterima banyak orang.

Anda bisa memulainya dengan meniru contoh rencana bisnis kedai kopi di atas. Selain itu, jika bisnis Anda ingin lebih maju dan dikenal banyak orang, gunakan juga metode periklanan digital melalui website dan media sosial.

Ketika Anda berbisnis pasti ada produk yang akan Anda promosikan, baik itu produk berupa barang atau jasa atau bahkan keduanya. Di bagian ini, Anda harus menjelaskan dengan jelas alasan mengapa Anda memilih produk bisnis ini.
Ada baiknya juga mencantumkan manfaat apa saja yang bisa didapat dari produk bisnis tersebut.Manfaat produk ini mungkin khusus untuk Anda sebagai pemimpin bisnis dan untuk masyarakat umum atau .

Jelaskan juga dengan jelas manfaat dari produk atau ide bisnis yang Anda tawarkan. Di bagian Analisis Pasar dan Pemasaran, Anda dapat menjelaskan secara rinci strategi pemasaran apa yang Anda kejar.

Tujuannya untuk mengetahui langkah-langkah apa yang efektif dalam menarik konsumen dan mengalahkan pesaing bisnis Anda. Contoh strategi periklanan untuk pemasaran produk bisnis, seperti: Diskon ganda, giveaway, cashback khusus member dan lain-lain.

1 komentar untuk “Cara Membuat Proposal Bisnis Plan”

Komentar ditutup.