fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Membuat Google Ads dengan Mudah! Pemula Juga Bisa!

Dhian rama

Dewabiz – Siapa yang tidak tahu bahwa pengguna internet di dunia sekitar 96% menggunakan Google, untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan di internet. Dan karena Jangkauan pasar Google yang luas tersebut, menjadikan raksasa teknologi ini salah satu media periklanan paling efektif untuk bisnis. Namun meski begitu, masih ada banyak orang yang masih belum tahu cara membuat Google Ads.

Dan dengan menggunakan sistem periklanan Google Ads, maka Kamu dapat membuat iklan yang akan muncul di hasil pencarian Google. Sangat menarik bukan? Maka dari itu, pada artikel kali ini kita sengaja membahas tentang cara membuat Google Ads dengan mudah, dan bisa dilakukan bagi para pemula. Dan tanpa berlama-lama lagi, langsung intip pembuatannya di bawah ini.

Cara Membuat Google Ads dengan Mudah! Pemula Juga Bisa!

1. Buat akun Google Ads

Sebelum mulai membuat iklan di Google Ads, Kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika Kamu tidak memiliki akun Google Ads, buka situs web Google Ads di browser. Kemudian ikuti proses pembuatan akun untuk Google Ads. Kamu juga dapat masuk ke akun Google yang sudah Kamu miliki.

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman untuk memilih tujuan iklan. Jika Kamu baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google akan langsung meminta Kamu untuk membuat iklan Smart Campaign, di mana Google akan mengotomatiskan iklan tersebut menggunakan machine learning.

Namun, jika Kamu ingin kontrol penuh atas iklan yang akan dijalankan, Kamu harus beralih ke mode ahli dengan mengklik “Beralih ke mode ahli”.

2. Tentukan Tujuan Periklanan

Langkah kedua dalam membuat iklan di Google Ads adalah menentukan tujuan atau sasaran pengiklan. Iklan Kamu kemudian akan diatur dengan cara yang membantu mencapai tujuan yang Kamu pilih. Ada beberapa opsi penargetan di Google Ads, antara lain:

  • Sales: untuk penjualan produk secara online atau offline.
  • Leads: untuk mendapatkan leads dan konversi dengan mendorong pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.
  • Website traffic: untuk memperoleh trafik atau pengunjung ke website sebanyak-banyaknya.
  • Product and brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis atau produk yang kamu jual.
  • Brand awareness and reach: meraih audiens yang luas dan membangun awareness.
  • App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
  • Local store visits and promotion: meningkatkan kunjungan toko fisik.

3. Pilih Jenis Tampilan Iklan

Jenis kampanye yang sesuai dengan bentuk iklan bergambar akan dilakukan. Untuk setiap sasaran kampanye. Saat Kamu beriklan di Google. Pilih jenis kampanye yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Kemudian Kamu perlu mengisi data yang diperlukan Google seperti alamat situs web (jika Kamu memilih target lalu lintas situs web), nama aplikasi (jika Kamu memilih aplikasi target promosi), dll. Kemudian klik ‘Lanjutkan’

4. Selesaikan Setelan Iklan Dasar

Pada bagian ini Kamu harus mengisi parameter dasar dari kampanye yang akan dibuat. Kamu perlu mengatur parameter periklanan dasar seperti jenis iklan, nama iklan, dan preferensi jaringan untuk menampilkan iklan.

5. Tentukan Panjang Iklan

Kemudian, setalah memilih jenis iklan dan menyelesaikan pengaturan dasar, langkah selanjutnya dalam membuat iklan di Google adalah menentukan durasi iklan. Buka pengaturan dengan mengklik “Tampilkan lebih banyak pengaturan”.

Pada bagian ini, Kamu dapat menentukan berapa lama iklan yang Kamu buat akan ditayangkan oleh Google. Tentukan dengan memasukkan tanggal awal dan akhir pesan. Sebagai alternatif, Kamu juga dapat mengatur URL Kampanye, Iklan Penelusuran Dinamis, dan Jadwal Penayangan Iklan di kolom yang tersedia sebagai berikut.

6. Pilih Rentang dan Bahasa Pelokalan

Langkah selanjutnya dalam membuat iklan di Google Ads adalah memilih rentang lokasi dan bahasa untuk menayangkan iklan. Kamu bisa membatasi jangkauan ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau lebih spesifik.

Setelah memilih tempat, tentukan bahasa yang digunakan audiens Kamu. Google akan memilih untuk menayangkan iklan kepada orang-orang dengan setelan bahasa ini. Misalnya, jika Kamu memilih bahasa Indonesia dan Inggris, maka iklan yang Kamu buat akan ditampilkan kepada audiens yang berbicara bahasa Indonesia atau Inggris.  

7. Identifikasi Audiens Target

Di bagian ini, Kamu dapat menentukan audiens Kamu sendiri berdasarkan target pasar Kamu sehingga iklan Kamu dapat ditampilkan secara lebih spesifik kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens Kamu, misalnya berdasarkan demografi, usia, minat, dll.

8. Tetapkan Anggaran Harian untuk Iklan

Untuk setiap kampanye, Kamu dapat menentukan jumlah yang dapat di belanjakan Google untuk penempatan iklan tersebut per hari. Untuk dapat menayangkan iklan di Google secara efektif, Kamu perlu menetapkan anggaran yang akan di gunakan untuk iklan tersebut.

9. Menawar Iklan

Tawaran adalah biaya yang Kamu bayarkan untuk setiap tujuan iklan atau harga klik iklan (jika Kamu memilih untuk fokus pada klik). Untuk tawaran, Kamu dapat menetapkannya ke konversi, klik, atau tayangan. Setelah selesai, klik “Simpan dan Lanjutkan”.

10. Tentukan kata kunci untuk iklan di grup iklan

Selanjutnya, atur parameter kata kunci di grup iklan. Kampanye dapat berisi beberapa grup iklan. Kamu dapat membuat satu atau beberapa grup iklan dalam setiap kampanye yang Kamu buat. Jika Kamu membuat beberapa grup iklan, beri nama setiap grup iklan di kolom yang tersedia. Dan hal itu nantinya akan memudahkan untuk melihat iklan mana yang berkinerja dengan baik.

Selanjutnya, Kamu perlu memasukkan kata kunci yang relevan dengan iklan yang Kamu buat. Tujuannya agar saat orang memasukkan kata kunci tersebut ke pencarian Google, iklan Kamu bisa muncul di hasil pencarian mereka.

11. Membuat iklan/Form publik

Setelah mengatur parameter di atas, cara membuat iklan di Google Ads selanjutnya adalah membuat form yang menampilkan iklan. Namun perlu di ketahii, untuk pencarian berbayar, Google biasanya membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh konten teks iklan di hasil pencarian.

Gunakan kalimat yang sederhana dan informatif untuk menarik audiens agar mengklik iklan Kamu. Kemudian simpan pengaturan dengan mengklik “Simpan dan Lanjutkan”.

12. Anggaran

Setelah Kamu menyelesaikan setelan iklan, Kamu akan di bawa ke halaman ulasan sebelum Kamu dapat menempatkan iklan Kamu di Google. Di sini, Kamu akan melihat detail tentang iklan yang telah Kamu buat sebelumnya dan anggaran yang di perlukan. Jika Kamu masih perlu meningkatkan, lakukan sebelum memposting iklan apa pun. 

13. Lengkapi Detail Pembayaran

Tahap terakhir dalam cara buat iklan di Google Ads adalah melengkapi detail pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, seperti billing country, timezone, customer info, pilih metode pembayaran, dan lainnya.

Pembayaran bisa di lakukan secara otomatis atau manual. Jika memilih opsi otomatis, kamu wajib memiliki kartu kredit. Tetapi jika kamu memilih manual, pembayaran bisa di lakukan dengan debit, transfer melalui mobile banking atau ATM, dan GoPay.

Setelah semua terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) dan klik tombol ‘Submit’. Kemudian kamu akan di arahkan pada detail penagihan. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang di tagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pasang iklan di Google akan selesai dan iklanmu akan tayang jika sudah di setujui.

Dan itulah 13 cara membuat Google Ads dengan mudah. Tambah pundi-pundi uangmu dari raksasa serch engine ini sekarang juga. Tertarik untuk mencoba!

Baca Juga