Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di cPanel

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di cPanel

Dalam artikel tutorial ini, DewaBiz akan share cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Perlu Bizzie ketahui, proses pembuatan email di cPanel sangat cepat dan mudah. Hanya dalam waktu beberapa menit saja, Anda sudah bisa mendapatkan email kustom sesuai domain Anda. Memang kelebihan membuat website dengan cPanel yaitu bisa membuat email kostum sesuai domain. Jadi Anda bisa membuat email yang jauh lebih profesional, dibanding misalnya menggunakan ekstensi gmail.com atau yahoo.com.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Display Error di cPanel

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri di cPanel – Mudah dan Cepat!

Untuk membuat email biasanya kita menggunakan gmail atau yahoo. Namun pada dasarnya kita juga bisa membuat alamat email dengan menggunakan domain kita sendiri seperti [email protected] Lantas bagaimana caranya ? Kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Yuk langsung cek di bawah ini!

  • Login cPanel

Jika kamu belum tahu caranya kamu bisa ketik alamat seperti ini : http://namadomain/cpanel. Kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi anda dan tekan enter atau klik masuk.

login cpanel
  • Pilih Menu Email Accounts

Cari tab email di cPanel, biasanya dibagian tengah. Kemudian klik email accounts yang ada di tab email tersebut. Lihat gambar di bawah ini :

  • Membuat Alamat Email

Disini kamu bisa menentukan nama yang akan dipakai sebagai alamat emailnya nanti, seperti cs, admin, kontak dan lainnya yang diikuti dengan alamat domain kita. Pilih domain yang akan digunakan dalam membuat email ini dan juga isikan password yang akan digunakan. Tentukan juga jumlah akun email yang akan dibuat kemudian klik create accounts. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

  • Mengakses Webmail

Setelah kita berhasil membuat akun email dengan nama domain kita sendiri, maka langkah selanjutnya adalah mengaksesnya. Kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan alamat namadomainanda.com/webmail. Masukkan email yang telah dibuat dan password yang telah ditentukan pada proses pembuatan, kemudian klik masuk atau login.

  • Mengelola Email

Untuk dapat mengelola email kita, kita harus menggunakan aplikasi webmail, biasanya sudah disediakan, kita tinggal memilihnya saja. Aplikasi webmail ini antara lain horde, rouncube dan squirremail. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kenyamanan masing-masing, karena tampilannya berbeda-beda dan masing-masing punya kelebihan tersendiri.

 

Nah itulah cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel. Cukup mudah bukan? Untuk mengetahui email yang masuk kita harus selalu akses webmail. Tapi jika ingin lebih mudah kita bisa melakukan forward email yang masuk ke email Gmail kita. Tetapi itu hanyalah optional, silahkan lakukan forwarding jika Anda menginginkannya. Untuk forward email ke Gmail kita bisa menggunakan menu forwaders di tab menu email. Silahkan bagikan tutorial tentang membuat email dengan domain sendiri di cPanel ini di akun media sosial Anda!

 

Related Posts