fbpx

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress

Cara membuat daftar isi otomatis di sangat mudah apalagi untuk pemula. Ini hanya membutuhkan sedikit pengetahuan dasar tentang kode HTML dan distribusi, karena membuat daftar isi tanpa plugin melibatkan penambahan tautan sekaligus ke setiap header dan memasukkannya ke dalam teks daftar isi.

Memiliki 4 keunggulan daftar isi di wordpress yaitu :

1. Halaman artikel terlihat lebih rapi

Sebenarnya masalah selera, menurut saya halaman terlihat lebih rapi dengan daftar isi manual dibandingkan dengan daftar isi otomatis. Dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya: membuat set TOC yang berbeda dari heading, memilih judul yang ingin kita buat TOCnya, dan sebagainya.

2. Dapat ditempatkan di beberapa tempat

Tidak harus di satu tempat, bisa menempatkan daftar isi di tempat yang berbeda. Anda bisa memberikan di awal atau akhir kalimat bahkan bisa membuat daftar isi di tengah kalimat, bahkan bisa membuat daftar isi di tengah kalimat.

3. Tidak menambah beban server

Semua pengguna wordpress perlu tahu bahwa semakin banyak plugin, semakin besar ukuran file kita, ini pasti akan mempengaruhi kinerja . Anda juga bisa membuat daftar isi di wordpress tanpa plugin.Berikut beberapa cara membuat daftar isi atau link “achor link” di postingan tanpa menggunakan plugin:

4. Membuat daftar isi manual di tampilan WordPress Klasik Editor

WordPress ditor sekarang memiliki tampilan terbaru (Gentenburg), tetapi banyak yang masih menggunakan tampilan lama. Bagi yang masih menggunakan editor wordpress klasik, Anda dapat membuat tautan jangkar secara manual dengan cara berikut:

Baca Juga :  Kegunaan Hosting Yang Perlu Diketahui

Baca Juga : 10 Tahapan Cara Membuat Blog yang Berhasil di Tahun 2022

5. Membuat daftar isi dengan ekstensi Chrome

Ada cara yang lebih nyaman untuk menggunakan ekstensi Anchor Links Chrome. Instal ekstensi Chrome terlebih dahulu dan kemudian Anda dapat menggunakannya. Caranya adalah block heading lalu klik link di pojok kanan atas setelah itu oke.

Blokir teks daftar isi terlebih dahulu, setelah itu klik kanan kolom untuk mengetik dan menempelkan tautan (CTRL + V) lalu terapkan.Menggunakan Anchor Links Chrome adalah cara termudah untuk membuat daftar isi secara manual menurut saya. Karena judul link yang kita buat otomatis membentuk yang tidak terpisahkan dan teks hashtag (#) daftar isi juga otomatis muncul saat link disisipkan.

6. Membuat daftar isi dalam tampilan Gutenberg

Membuat daftar isi secara manual sangat mudah bagi pengguna tampilan WordPress terbaru (Gutenberg). Karena tampilan WordPress Gutenberg memiliki fitur posting yang sangat lengkap, gunakan saja fitur anchor HTML di menu Advanced. Caranya: Salin judul ke HTML di bagian Advanced. Tanda hubung (-) ditambahkan secara otomatis.

Selanjutnya, salin dari HTML untuk mengisi hyperlink di teks daftar isi. Tambahkan tanda # di depan tautan lalu klik tanda enter.
Terlepas dari apakah Anda menggunakan plugin atau tidak, daftar isi harus ada di halaman, terutama di halaman dengan konten yang sangat panjang.Karena daftar isi dalam artikel memiliki banyak kelebihan, terutama untuk memudahkan pembaca blog dengan mudah menemukan setiap poin artikel.

Selain itu, memudahkan pengunjung untuk menemukan poin dalam artikel dengan mudah. Membuat daftar isi dalam posting blog dapat meningkatkan halaman yang Anda tulis.Menambahkan daftar isi pada artikel juga akan menjadi lebih lengkap. Banyak blogger setuju bahwa konten artikel lengkap akan menyenangkan semua mesin pencari, terutama Google. Itulah cara membuat daftar isi otomatis di wordpess.

Baca Juga :  WooCommerce Vs. Shopify: Siapa yang lebih baik untuk toko Anda?

Baca Juga : 3 Tips Membuat One Page Website yang Efektif untuk Bisnis